Apa Itu Flowmeter? dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Diposting pada 18 November 2021


Para
engineering atau pekerja di bidang konstruksi bangunan, mungkin sudah tidak asing lagi dengan flow meter. Salah satu alat yang biasanya akan selalu ada, khususnya pada pengolahan fluida. Tapi sudah tahukah Anda, apa itu flowmeter?

Flow meter menjadi sangat penting, karena membantu banyak hal dalam proses konstruksi. Misalnya, berguna untuk menentukan kebutuhan material, biaya, dan lain sebagainya. Berikut penjelasan lengkap tentang flow meter.

Apa Itu Flow Meter?

Flow meter adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk mengukur jumlah/ volume aliran fluida. Di mana fluida tersebut bisa berupa cairan, gas, atau uap. Pada praktiknya, flow meter membantu mengkalkulasikan jumlah aliran fluida yang melewatinya.

Ada beberapa aspek yang diukur oleh flow meter. Misalnya, kecepatan aliran (flow rate) dan volume/ total massa cairan yang melewatinya di periode tertentu. Oleh karena itu, flow meter seringkali kami sebut sebagai alat pengukur aliran.

Ada banyak bidang yang menggunakan flow meter. Di lingkungan terdekat, flow meter ada pada speedometer, regulator gas, pressure gauge untuk pompa manual, dan lain-lain.

Fungsi dan Kegunaan Flow Meter

 

Umumnya, flow meter berguna sebagai alat untuk mengukur kecepatan aliran (flow rate), velocity, dan total volume. Demikian pula pada jenis flow meter lain, juga dapat digunakan untuk menghitung total massa dan aliran massa cairan yang mengalir.

Lebih daripada itu, cara kerja flow meter sebenarnya memiliki tingkat akurasi yang relatif bervariasi. Di mana sangat bergantung pada jenis dari flow meter. Tingkat akurasi flow meter biasanya ada pada kisaran 0.2%, 0.5%, 1%, 2%, hingga 5%.

Sebelum membeli flow meter, sebaiknya Anda menentukan manfaat, tujuan, dan spesifikasi dari fluidanya terlebih dulu. Sehingga kegunaan flow meter pun dapat terpenuhi, mulai dari biaya operasional, budget, dan maintenance-nya.

Hasilnya, penggunaan flow meter pun dapat memberikan hasil yang optimal, serta dapat memberikan manfaat yang maksimal.

Cara Kerja Utama Flow Meter

Pada dasarnya, cara kerja utama flow meter sangat bergantung pada tipe atau jenisnya. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, antara lain:

    • Jenis fluida
    • Temperatur
    • Tingkat kepekatan fluida
    • Tingkat keasaman cairan
  • Working pressure
  • Lingkungan yang explosion proof
  • Kebersihan fluida

Jadi, dapat Anda simpulkan bahwa semua jenis flow meter memang memiliki cara kerja utama yang sama. Sedangkan untuk perbedaan mendasarnya adalah sebagai berikut:

  • Magnetic Flow Meter

Menggunakan hukum Faraday. Alasannya, flow meter jenis ini hanya dapat dioperasikan pada cairan yang memiliki konduktivitas tertentu.

  • Coriolis Mass Flow Meter

Menggunakan perhitungan Coriolis.

  • Ultrasonic Flow Meter

Menggunakan kecepatan suara di tingkatan ultra (ultrasound), yang mampu menghitung velocity dari aliran fluida.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sistem pemasangan flow meter yang baik dan benar. Beberapa cara yang bisa Anda pilih, misalnya:

  •  inline (memotong saluran pipa)
  •  insert-in (melubangi saluran pipa)
  •  clamp-on (menempelkan flow meter di sisi luar pipa)

Mengetahui dan memahami kebutuhan akan flow meter memang sangat penting untuk dilakukan. Agar Anda dapat memilih flow meter yang tepat, baik dari segi cara kerja maupun sistem pemasangannya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, seperti tujuan menggunakan flow meter, cara pemasangan, kondisi lapangan, dan biaya yang harus dikeluarkan. Hasilnya, Anda bisa mendapatkan perhitungan yang ideal.

Namun, jika Anda masih kesulitan dalam menentukannya, sebaiknya segera hubungi jasa konsultasi dan instalasi yang ada. Misalnya, Ferindo. Pelopor flow meter dan meteran air merk Flow Controls di Indonesia.

Beli Flow Meter Lengkap di Ferindo

Ferindo telah memiliki pengalaman selama 16 tahun, dalam membantu dan men-support pelanggan. Tentunya dalam hal pengadaan serta instalasi alat flow meter solar dan meteran air, bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Pada praktiknya, Ferindo tidak hanya menjadi supplier, tetapi juga ikut membantu dan mendampingi para pelanggan. Mulai dari konsultasi, instalasi, jasa kalibrasi flow meter, hingga after-sales service.

Jadi, mengenal apa itu flowmeter memang perlu Anda lakukan, sebelum mulai menggunakannya. Tertarik dengan jasa Ferindo? Klik website kami di sini.