Berbagai Tipe dan Harga Flow Meter 6 Inch

Diposting pada 2 September 2020

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi harga suatu flow meter. Mulai dari tipe meter itu sendiri, size, tingkat keakuratan dan, tempat produksi dan tentunya merk meter itu sendiri.

Tipe flow meter beragam mulai dari water meter, positive displacement, electromagnetic, meter air limbah dan lain-lain. Water meter, tentunya, digunakan untuk mengukur penggunaan air per hari, minggu bulan maupun tahun. Sementara, positive displacement lebih cocok untuk mengukur cairan yang harus diukur secara sangat akurat seperti bahan bakar, solvent, kimia dan lain-lain. Electromagnetic digunakan untuk mengukur cairan kuantitas besar yang bersifat konduktif dan air limbah seperti nama tipe barangnya sendiri digunakan untuk mengukur air limbah.

Nah berapa sih harga untuk masing-masing tipe meter? Mari kita bahas satu per satu secara detil berikut dengan spesifikasi setiap meter dan harganya.

1. Water Meter BR

Nah mari kita mulai bahas dari tipe yang paling sering dipakai sehari-hari yakni meteran air. Namun size yang paling sering dipakai untuk perumahan adalah size ½ Inch sampai 1 Inch karena tentunya kebanyakan rumah tidak akan menggunakan lebih dari 7000 liter per jam untuk penggunaan hari sehari-harinya. 7000 Liter adalah acuan untuk alir kecepatan maksimum yang bisa diukur oleh meteran air size 1 inch.

 Yang akan kita bahas kali ini adalah merk Water Meter BR Size 6 inch yang biasa dipakai untuk water treatment ataupun master meter untuk proyek seperti apartment, hotel maupun pabrik. Meteran air dengan size sebesar ini biasa digunakan untuk mengukur debit air dengan flow besar karena kapasitasnya sendiri mampu mengukur 150.000 Liter per jam.

 Merk BR berasal dari Jerman tetapi produksi massal berasal dari pabriknya yang ada di China. Kualitas meter ini pun tidak perlu lagi diragukan karena sudah sangat terkenal seIndonesia. Tidak hanya size 6 inch, water meter BR tersedia mulai dari ½ Inch sampai 8 inch sekaligus. Meter ini pun diproduksi sesuai standard ISO4064 Class B jadi dari segi akurasi tidak perlu dikhawatirkan lagi.

 Untuk Harga Flow Meter 6 Inch ini adalah Rp 4.600.000

2. Flow Meter LC M-60-1

Tipe kedua yang kita bahas adalah positive displacement meter. Pada umumnya meter ini digunakan untuk mengukur cairan yang mahal dan perlu diukur dengan sangat akurat seperti kimia dan bahan bakar.

Flow Meter LC berasal dari Amerika dan biasa dipergunakan untuk mengukur bahan bakar seperti solar, bensin dan lain-lain. Tentunya dengan size sebesar ini, meter ini biasa digunakan sebagai meter induk untuk pengukuran kuantitas yang sangat besar. Meter ini mampu membaca aliran sampai 2270 Liter per menit !

 Dibubuhi dengan tingkat akurasi 0.2%, meter ini sudah layak untuk dipakai sebagai acuan basis transaksi bahan bakar. Meter ini pun bisa mengukur temperature sedingin -41 derajat sampai sepanas 70 derajat Celsius. Kekentalan cairan yang bisa dukur juga beragam mulai dari 30 SSU – 1.500.000 SSU

 Untuk Harga Flow Meter 6 Inch ini adalah Rp 295.000.000 untuk meter dan counter only tanpa saringan dan air eliminator (Opsional).

 Sebenarnya harga dari Flow Meter LC beragam karena banyaknya aksesoris opsional yang bisa anda pilih seperti counter digital, preset valve (Untuk menutup buka setelah mencapai angka pengisian yang ditujukan, strainer untuk menyaring kotoran maupun air eliminator untuk membuang angin fals.

3. Flow Meter Solar FCM-150

Selain dari Flow Meter LC , kami juga menyediakan alternatif merk dengan harga yang lebih murah namun tingkat akurasi yang lebih baik yakni 0.1%.

Flow meter solar FCM-150 mampu mengukur cairan sampai tingkat aliran 1700 LPM dan 3000 LPM dan sangat cocok untuk dipergunakan sebagai meter untuk karena sizenya yang besar dan akurasinya yang sangat memadai.

 Meter ini pun bisa mengukur temperature sedingin -41 derajat sampai 70 derajat Celsius dengan kekentalan 30 – 1.500.000 SSU. Harga meter ini beragam karena banyaknya aksesoris opsional yang bisa di pasangkan Bersama meter seperti saringan , air eliminator, preset counter, preset valve maupun counter digital.

 Untuk Harga Flow Meter 6 Inch ini adalah Rp 105.000.000 untuk meter dan counter only.

 4. Electromagnetic Meter SHM 150

Flow meter digital buatan China ini biasa digunakan untuk mengukur cairan yang bersifat konduktif seperti air. Tingkat aliran yang bisa diukur juga sangat besar, sampai 900.000 Liter per jam.

Flow Meter SHM ini bisa mengukur cairan dengan tingkat konduktifitas 0.01-15m/s, connection yang bisa direquest juga beragam dari PN16 sampai ANSI150. Meter ini juga dibuat dengan material elektroda Titanium dan Hastelloy dengan lining PTFE yang sudah sangat cocok untuk mengukur kimia.

 Pengoperasian meteran ini juga sangat simple, hanya tinggal pasang flange to flange dan sediakan power supply AC220V/DC24V dan meter akan mulai beroperasi. Datanya pun bisa diexport via 4-20mA dan meter ini juga sudah dibubuhi dengan connection RS485/MODBUS.

 Untuk Harga Flow Meter 6 Inch ini adalah Rp 35.000.000

5. Flow Meter Air Limbah SHM DN150

Seperti namanya tipe meter ini sendiri, meter ini digunakan khusus untuk air limbah dan air bersih. Tidak seperti meter air pada umumnya, meter ini tidak menggunakan rotor sebagai media pengukur cairannya melainkan menggunakan sensor, maka dari itu meter ini tidak akan macet walaupun kotoran masuk melaluinya.

 Pengoperasian dan instalasi Flow Meter Air Limbah ini sangat simple, hanya tinggal pasang flange to flange dan meter akan berfungsi dengan baik. Bahannya pun sudah dibuat dari cat epoxy anti karat, dengan counter antimagnetic (tidak bisa diputar dari luar), kepala cap stainless steel untuk mencegah karat. Meter ini sudah terpasang di banyak sekali site water treatment plant di seluruh Indonesia karena harganya yang tergolong ekonomis dan kinerjanya yang baik. Meter ini mampu mengukur sampai tingkat aliran 300.000 Liter per jamnya. Jadi cocok untuk mengukur air yang keluar dari waduk maupun dekat sungai.

 PT Ferindo Energi Instrumen siap menyediakan semua meter diatas sesuai kebutuhan anda. Tidak hanya bergerak sebagai penjual, kami pun siap membantu instalasi, reparasi maupun kalibrasi flow meter anda. Selaku salah satu distributor beberapa merk diatas, pastinya harga yang anda dapatkan adalah harga yang paling kompetitif.

Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami di 0812-1222-0999 atau kunjungi website kami di ferindo.id untuk info lebih lanjut mengenai banyaknya spesifikasi flow meter solar yang kami sediakan.