Berbagai Tipe Flow Meter Tokico 2 Inch dan Perbedaannya

Diposting pada 10 February 2021

Flow Meter Tokico adalah merk yang sudah sangat lama beredar di Indonesia. Merk dari Jepang ini mulai di perkenalkan pada tahun 1937. Perusahaan ini fokus di bidang produksi alat ukur bahan bakar selama 80 tahun terakhir jadi tidak perlu khawatir lagi mengenai kualitas meter ini.

Dibubuhi dengan standard akurasi 0.5% , meter ini sangat cocok untuk dipakai sebagai keperluan internal. Dengan tingkat akurasi diatas, meter ini lebih cocok untuk dipakai sebagai alat ukur acuan guna me-monitor pemakaian bahan bakar per batch. Sebagai contoh, untuk instalasi genset, biasa flow meter akan dipakai sebelum bahan bakar lewat melalui genset untuk mengukur bahan bakar yang mengalir sebelum masuk ke genset. Lalu, satu meter lagi akan dipasang setelah genset untuk mengukur bahan bakar yang tersisa setelah terjadinya pembakaran di genset. Pada intinya, meter dengan tingkat akurasi ini sudah sangat baik untuk digunakan sebagai acuan pemindahan bahan bakar dari point A ke B.

Flow Meter Tokico 2 Inch adalah ukuran yang paling sering dipakai karena bisa mengukur cairan dari flow yang cukup kecil sampai cukup besar dari 0.25 M3/jam sampai 15 M3/h. Meter ini pun hadir dalam beberapa tipe dengan tingkat akurasi, bentuk display dan fungsi yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan anda. Yuk kita bahas berbagai tipe flow meter Tokico 2 Inch ini:

  1. FRO Series



Tipe ini adalah tipe yang paling sering dipakai di Indonesia karena ini adalah generasi pertama / tipe pertama yang hadir di Indonesia. Tipe ini pun hadir dalam dua tipe yakni dengan resettable counter dan non-resettable counter. Fungsi utama dari resettable counter adalah angka totalizer counter (Total bahan bakar yang terukur) bisa di reset lagi ke angka 0. Sementara versi yang non-resettable counter tidak bisa di reset ke angka 0.

Kedua tipe ini pun hadir di harga yang berbeda. Tentunya tipe dengan resettable counter lebih mahal dari pada yang non-resettable counter.

Selebihnya lagi, ada juga opsi untuk menambahkan kabel pulser supaya data bisa di baca melalui counter digital ataupun di konek ke batching system untuk automated system.

  1. FRP Series

Tipe kedua dari Flow Meter Tokico 2 Inch ini adalah tipe FRP yang baru diperkenalkan di Indonesia. Perbedaan dari FRP dan FRO hanya berletak di counternya, yang FRO dengan tampilan kepala bulat dan FRP dengan kepala kotak. Secara spesifikasi tidak ada yang berbeda sama sekali antara tipe FRO dan FRP, keduanya dibubuhi dengan tingkat akurasi yang sama, flow rate yang sama dan koneksi yang sama.

Sama seperti tipe FRO, Flow Meter Tokico 2 Inch ini hadir dalam dua tipe yakni resettable counter dan non-resettable counter. Tipe ini pun bisa ditambahkan pulser supaya data bisa di baca melalui counter digital.

Salah satu perbedaan terbesar dari tipe FRO dan FRP adalah tipe FRP bisa ditambahkan accuracy adjuster tanpa harus menggunakan adapter/modifikasi, sementara untuk tipe FRO harus menggunakan adapter supaya bisa ditambahkan accuracy adjuster sementara FRP tinggal plug and play.

Nah untuk kalian yang belum paham fungsi dari accuracy adjuster sebenarnya sangat simple. Accuracy adjuster digunakan supaya meter bisa mencapai tingkat akurasi 0.2%. Nah, dengan tingkat akurasi 0.2%, meter ini sudah bisa dipakai sebagai acuan alat ukur untuk transaksi bahan bakar, karena standard legal meter untuk transaksi adalah akurasi harus 0.2% kebawah baru boleh dipakai sebagai acuan.

Jika dibubuhi dengan accuracy adjuster, Flow Meter Tokico 2 Inch bisa menyaingi merk meter standard jual beli pada umumnya seperti merk Satam dan Flow Meter LC. Tentunya ada biaya tambahan jika anda mau menambahkan accuracy adjuster, tapi sifatnya opsional.

Nah itulah berbagai macam tipe Flow Meter Tokico 2 Inch, sebenarnya tidak ada perbedaan yang sangat signifikan dari kedua tipe diatas. Perbedaan yang paling berdampak adalah jika anda memilih untuk menggunakan accuracy adjuster. Tentunya dengan tingkat akurasi yang lebih baik, anda akan bisa menikmati beberapa macam keuntungan seperti:

  1. Anda tidak perlu khawatir akan kesalahan pembacaan pada meter karena errornya sudah sangat di minimalisir ke 0.2%
  2. Dalam setiap transaksi anda, akan hanya ada kemungkinan error sebanyak 0.2%. Jadi misalnya anda membeli 1000 Liter, mungkin yang sudah masuk ke tangki anda antara 998 Liter ataupun 1002 Liter.

PT Ferindo Energi Instrumen menjual flow meter dengan harga termurah dan kualitas terjamin. Kami juga memberikan garansi 1 tahun sparepart dan service, free kalibrasi dan free delivery seJabodetabek untuk setiap Flow Meter Tokico 2 Inch yang anda beli