Cara Kerja Oval Gear Flow Meter dan Keunggulannya

Diposting pada 19 November 2021


Dalam pengukuran media cari seperti solar atau minyak, penggunaan
Oval Gear Flow Meter memberikan tingkat akurasi yang tinggi. Sehingga seringkali penggunaannya untuk pengukuran media dengan nilai tinggi seperti sektor industri bahan kimia, minyak bumi, energi, dan , farmasi.

Flow meter ini memiliki kelebihan yang unik untuk pengukuran pada media minyak bumi. karena efek dari pelumasan berasal dari cairan dalam minyak bumi itu sendiri mempermudah proses pengukuran. Sehingga waktu penggunaan instrumen pengukuran aliran bisa memiliki jangka waktu operasional relatif panjang dan bersifat stabil.

Selain itu, keakuratan dalam pengukuran secara berulang dan daya tahan dalam jangka panjang, menjamin banyak bidang pengukuran tidak tergantikan oleh instrumen lain. 

Oleh sebab itu berbagai sektor menggunakan alat ini, seperti pengeboran gas minyak dengan kondisi cair di berbagai negara. Bahkan pada perusahaan pengeboran level startup juga sering menggunakan flow meter solar.

Prinsip Kerja


Flow meter tipe roda gigi oval bekerja dengan mekanisme sederhana, seperti cairan yang mendorong roda atau gear. Penerapan prinsip ini pertama kali pada penggunaan roda air saat menggiling gandum.

Prinsip dasarnya dua roda gigi oval dengan gigi yang terkait. Salah satunya berisikan magnet yang ada di dalam rumah yang kokoh. Setelah itu cairan meteran memasuki ruang dan mendorong putaran roda gigi untuk keluar dari ruang. Roda gigi ini secara presisi berputar pada bantalan dan magnetnya tahan dengan kerusakan kimia.

Selanjutnya cairan mengisi ruang antara gigi dan dinding luar casing. Kinerja kapiler memberikan label cairan yang mengartikan bahwa volume cairan yang tepat di dalam ruang akurat dan konsisten. Pada setiap ruang diisi dan dikosongkan pada siklus konstan - perpindahan positif.

Sebenarnya putaran roda gigi mengukur volume cairan yang sama. Adanya sensor di bagian luar bilik bertugas untuk mendeteksi denyut magnet yang bergerak melewatinya, menghitung jumlah rotasi. Sehingga jumlah rotasi mengukur volume cairan yang melewati meter aliran gigi oval.

Keunggulan Oval Gear Flow Meter

Berikut ini merupakan beberapa keunggulan flow meter gigi oval;

  1. Memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Oval gear flow meter memiliki kesalahan umum di kurang lebih 0,5 persen, hingga kurang lebih 0,2 persen ataupun lebih tinggi. Alat ini biasanya hanya untuk media tertentu atau tempat terjadinya pengukuran yang diperlukan.
  2. Pengukuran pada flow meter gigi oval tidak bergantung dengan aliran fluida. Akibatnya oval meter tidak mempengaruhi akurasi pengukuran pada aliran rotasi maupun jalur aliran choke pada pipa yang terdistorsi.

Hal ini karena pengukuran aliran pada oval gear menggunakan rotasi gigi oval dan tekanan pada pengukuran media. Poin ini merupakan hal penting untuk penggunaan saat di lapangan, karena akan berpengaruh pada operasional alat.

  1. Meter aliran oval berguna untuk mengukur cairan yang memiliki viskositas cukup tinggi. Semakin tinggi medium viskositas, semakin rendah jumlah kebocoran pada roda gigi juga jarak pengukuran.
  2. Oval gear flow meter mempunyai turn down ratio cukup besar, biasanya ada pada perbandingan 10:1 sampai 5:1. Namun apabila pengukuran khusus ada pada 30:1 ataupun lebih besar.
  3. Alat ini menggunakan instrumen aliran yang menunjukkan secara langsung. Flow meter ini mendapatkan total aliran secara langsung tanpa pengaruh atau memiliki sumber daya eksternal, selain itu juga lebih pasti dan gampang untuk dioperasikan

Bagaimana, sudah kenal dengan oval gear flow meter, prinsip kerja, dan keunggulannya? Saat ini Anda bisa langsung dapat memesannya di PT. Ferindo Energi Instrumen.

Tentunya kami menawarkan produk flow meter digital maupun analog kualitas terbaik, bergaransi, dan tentunya harga terjangkau. Langsung klik website kita di sini.