Cara Menentukan Flow Meter Air yang Tepat

Diposting pada 26 April 2021

Untuk mengukur aliran cairan, Anda dapat menggunakan alat yang bernama flow meter air. Namun, tidak semua jenis flow meter dapat digunakan untuk segala jenis air. Maka dari itu, ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya agar dapat menentukan meteran air yang tepat.

Jenis-Jenis Flow Meter Air


Ketika Anda hendak membeli water flow meter, maka sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya. Sebab, setiap jenis water flow meter memiliki cara kerja yang berbeda dan diaplikasikan pada jenis air yang berbeda pula. 

Contoh sederhananya flow meter air digital untuk air bersih yang dikonsumsi dan air kotor hasil pembuangan limbah akan berbeda. Berikut ini jenis-jenis flow meter untuk air yang umum dijual di pasaran.

  • Ultrasonic Flow Meter

Salah satu jenis dari water flow yang saat ini banyak digunakan adalah Ultrasonic Flow Meter. Sebab, jenis ini lebih praktis dibandingkan dengan jenis flow meter lainnya. 

Pemasangan Ultrasonic Flow Meter bisa dilakukan tanpa harus membongkar pipa. Bahkan, sekarang sudah ada yang berbentuk portable sehingga bisa dipindahkan dengan mudah sesuai kebutuhan. 

Cara kerja dari tipe water flow meter ini adalah dengan memanfaatkan gelombang ultrasonic untuk mendeteksi air yang lewat. Untuk datanya pun sudah bisa dihubungkan dengan komputer atau smartphone melalui jaringan internet. 

Biasanya,  Ultrasonic Flow Meter digunakan untuk flow meter air bersih, air dengan konduktivitas kurang maupun lebih dari 20 siemens. 

Kelebihan jenis meteran air ini adalah sebagai berikut. 

  • Jenis water flow meter ini memanfaatkan gelombang dengan sensor suhu dan gerak sehingga hasil perhitungan debit airnya lebih akurat. 
  • Pemasangannya tidak perlu membongkar pipa dan tidak harus dilalui air yang akan dihitung. Jadi, tidak akan ada sumbatan pada pipa yang dipasangi water flow meter ini. 
  • Data hasil pengukuran debit air bisa langsung dilihat secara real time karena dapat dihubungkan dengan smartphone maupun PC. 
  • Dapat digunakan untuk berbagai jenis air karena pemasangannya di luar dan dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan.
  • Electromagnetic Flow Meter

Apabila Anda mencari flow meter air kotor, maka jenis yang tepat salah satunya adalah Electromagnetic Flow Meter. Sebab, untuk air kotor cenderung mengandung partikel-partikel lain selain cairan.

Oleh karena itu, dibutuhkan water flow meter yang tidak mengenai cairan langsung. Dengan demikian, resiko air tersumbat pun dapat diminimalisir. 

Untuk mendapatkan data debit air pada saluran, terdapat elektroda yang terpasang di permukaan water flow meter. Akan tetapi, pemilihan flow meter pun harus kembali dipertimbangkan materialnya. 

Maka dari itu, harus diketahui terlebih dahulu jenis cairan di lapangan, apakah mengandung asam, basa, dan pertimbangan lainnya. Sebab, jika tidak berdasarkan jenis cairannya maka efektivitasnya akan berkurang.

Selain itu, lifetime-nya pun menjadi berkurang karena alat cepat rusak ketika pemilihan materialnya tidak sesuai. 

Apalagi untuk cairan pada makanan atau minuman misalnya untuk saus, beer, susu, dan lainnya. Dibutuhkan flow meter yang terbuat dari material food grade agar tetap aman dikonsumsi. 

Jadi, ketika memilih water flow meter bukan hanya dari jenis cairannya saja tapi juga sifat cairannya. Sebelum membeli pastikan untuk membaca spesifikasi produk secara keseluruhan terutama material yang digunakan. 

Apabila Anda sedang mencari flow meter air yang berkualitas dan bergaransi, bisa didapatkan di PT Ferindo Energi Instrumen. Sebelum membeli sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu flow meter yang dibutuhkan. Sehingga produk yang dibeli sesuai kebutuhan.