Flow Meter Digital, Untuk Hasil yang Akurat Lebih Mudah Dibaca

Diposting pada 14 February 2020

Alat pengukur flow meter digital banyak digunakan di dunia industri. Alat ini dipakai oleh banyak perusahaan untuk menghitung kebutuhan udara, air, chemical, dan material lainnya

========

 Alat pengukur flow meter digital tentu sudah tidak asing lagi di dunia industri. Alat ini sering digunakan oleh banyak perusahaan industri untuk menghitung kebutuhan udara, air, chemical, dan material lainnya. Tujuannya agar efektifitas dan efisiensi biaya produksi dapat tercapai.

Flow meter memiliki berbagai jenis dan tipe tergantung model, ukuran, dan jenis fluid atau material yang akan digunakan. Pemilihan jenis flow meter harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri. Kegunaan flow meter yang dapat berdampak luas pada suatu proses produksi membuat produk ini menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki.

Pengertian Flow Meter Digital dan Cara Kerjanya

Hasil pengukuran flow meter dapat dilihat pada sebuah nilai yang tertera pada alat tersebut. Nilai tersebut berdasarkan hasil konversi dari sinyal berbentuk jumlah putaran per satuan detik yang dihasilkan oleh pergerakan pada kincir yang ditekan di antara jalur aliran. Dilihat dari cara membaca data atau nilai flow meter, alat ini dibagi ke dalam jenis analog dan digital.

Baik analog maupun digital keduanya tetap digunakan di industri sesuai dengan kebutuhannya. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang flow meter digital, yaitu:

  • Flow meter digital merupakan pengembangan dari flow meter analog yang lebih menghemat ruang pemasangan. Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk menampilkan nilai pada flow meter digital karena hanya membutuhkan satu buah panel kendali.
  • Membutuhkan daya listrik untuk dapat menampilkan pembacaan flow meter.
  • Flow meter digital bisa dipasang bersama-sama dengan flow meter analog, jika Anda membutuhkan kalibrasi akurat.
  • Penggunaan flow meter digital lebih banyak pada industri manufaktur.

Parameter Memilih Jenis Flow Meter

Selain memilih flow meter berdasarkan jenis analog atau digital, Anda juga harus memilih flow meter berdasarkan beberapa parameter lainnya. Berikut ini panduan dasar yang harus Anda perhatikan untuk menentukan model dan tipe flow meter yang akan digunakan, yaitu:

Jenis fluida, yang terdiri dari air, minyak, udara, bensin, bahan kimia, dan lain sebagainya

  • Ukuran pipa mulai dari DN8 – DN3000
  • Maksimum dan minimum working pressure
  • Temperatur maksimum
  • Besaran tingkat akurasi yang diinginkan
  • Jenis material flow meter apakah CS, PVC, SUS, dan lainnya
  • Tujuan dari pemasangan flow meter itu sendiri

Selain memilih jenis flow meter berdasarkan parameter di atas, memilih distributor flow meter digital juga sangat penting agar mendapatkan pelayanan dan harga terbaik. PT Ferindo bisa menjadi pilihan untuk Anda yang menginginkan kualitas terbaik dari berbagai jenis produk yang dijual.

Produk Flow Meter Digital yang Tersedia dan Spesifikasinya


Ferindo menyediakan berbagai pilihan flow meter digital dengan fitur-fitur dan spesifikasi sebagai berikut:

1. Flow Meter Digital Food Grade, Full Sanitized, Pharmaceutical SS316 Flow Controls

Produk ini memiliki ukuran mulai dari 3/8-inch hingga 4-inch, flow rate 0.1 – 283 M3/h, temperatur maksimum 180 derajat Celcius, dan nominal pressure 1.6 Mpa. Beberapa keunggulan yang dimiliki flow meter digital di antaranya adalah:

  • Sangat cocok untuk mengukur cairan high-grade quality yang tidak kotor sama sedikitpun dan sudah fully sanitized, chemical, dan food grade items
  • Mudah melakukan pembersihan pada flange/clamp setelah penghitungan flow rate

2. Flow Meter Digital Chemical Flow Controls

Produk ini memiliki ukuran 3/8 – 78 inch, DN10 – DN2000, dan kapasitas maksimum 100.000 M3/h. Tingkat temperaturnya berkisar Keunggulan flow meter digital jenis ini, di antaranya adalah:

  • Memiliki tingkat akurasi hingga 0.5% - 0.2% sehingga cocok untuk mengukur cairan konduktif seperti lumpur, air, air kotor, sulfur, zat asam, air laut, dan lain sebagainya.
  • Memiliki communication support seperti HART, RS485, dan MODBUS protocol.
  • Tingkat akurasi yang tinggi membuat alat ini tidak terganggu oleh tekanan, kepadatan, dan kekentalan selama cairannya bersifat kondusif

3. Coriolis Flow Meter Digital Flow Controls

Ukuran produk ini tersedia mulai dari DN1 – DN150 dengan kapasitas maksimum 550T/h dan temperatur 40 – 200 derajat Celcius. Keunggulan yang dimiliki alat ini di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki akurasi terbaik mulai dari +- 0.1% - 0.05% error yang sangat minim
  • Dapat digunakan untuk melakukan berbagai fungsi seperti mengukur flow rate, mass flow, kepadatan, temperatur, dan lain sebagainya
  • Sudah mendapatkan rating Anti Explosion sehingga cocok digunakan di lingkungan manapun
  • Bisa digunakan untuk mengukur cairan dari minyak dan kimia

Alat flow control ini dapat membantu Anda untuk melakukan pengukuran dan penghitungan mulai dari proses pembangunan hingga industri siap dioperasikan. Beragam pilihan flow control dari PT Ferindo ini bisa menjadi referensi untuk mencari produk terbaik sesuai kebutuhan.

Flow meter digital bisa menjadi solusi untuk instalasi alat pengukur cairan pada industri besar. Anda bisa membagikan informasi ini lebih luas melalui media sosial agar lebih banyak yang tahu apa fungsi dan jenis-jenis flow meter yang beredar di pasaran.