Flow Meter LC M10 Dilengkapi Strainer dan Air Eliminator

Diposting pada 14 April 2021

Flow Meter LC M10 adalah seri Flow Meter Liquid Control (LC) yang banyak dimanfaatkan dunia industri untuk menghitung aliran solar yang telah dikeluarkan. Dengan dilengkapi strainer dan air eliminator, Flow Meter LC M10 dapat bekerja lebih maksimal.

Flow Meter LC M10


Selain dua fitur strainer dan air eliminator, apa saja kelebihan yang dimiliki Flow Meter LC M10 ini? Berikut ulasan singkatnya untuk Anda.

  • Serbaguna

Setiap flow meter yang diproduksi PT. Ferindo Energi Instrumen memiliki manfaat yang serbaguna, termasuk Flow Meter untuk tipe LC M10 ini.

Misalnya, flow meter ini bisa dipakai untuk mengukur berbagai cairan yang mengalir, mulai minyak, bensin, oli, dan bahan bakar lainnya.

Dari dunia industri, pengguna alat ini juga tidak terbatas pada industri minyak dan gas bumi. Berbagai industri telah memanfaatkan flow meter ini, mulai industri pertambangan, transportasi (darat, laut, udara), farmasi, tekstil, dsb.

Kelebihan yang lain mesin tipe ini bisa digunakan untuk mengukur flow kecil ke sedang. Cocok juga untuk mengukur pengisian bahan bakar tangki mobil atau digunakan untuk mengukur pemindahan bahan bakar, misalnya dari titik A ke titik B.

  • Harga Terjangkau

Meskipun bisa dipakai untuk berbagai bidang, harga mesin meteran ini termasuk relatif terjangkau. Di pasar online, misalnya, harga per unit mesin flow meter LC M10 hanya dibanderol Rp45 juta hingga Rp65 juta.

  • Akurasi Tinggi

Meski sudah keluar seri terbaru, generasi flow meter LC M10 tetap memiliki daya tarik sendiri bagi kalangan konsumen industri. Salah satu alasannya karena meteran ini memiliki akurasi yang tinggi.

LC M10 memiliki tingkat akurasi yang sangat baik dengan error hanya 0,2% - 0,3% atau 0,05% saat dilakukan pengulangan. Untuk pengukuran 1.000 liter minyak, misalnya, kemungkinan yang tidak terbaca hanya 3 liter saja.

Error diatas juga bukan karena masalah mesin melainkan akibat faktor eksternal, misalnya cuaca angin, masalah instalasi, pengisian tidak stabil, dsb.

  • Mudah Digunakan

Pertimbangan lain dari kalangan industri menggunakan mesin ini karena lebih mudah dioperasikan. Flow meter jenis LC M10 juga sudah bisa beroperasi secara mandiri karena dilengkapi register mekanik, printer, dan preset.

Mesin ini juga tidak memerlukan persyaratan pipa khusus, tetapi tetap bisa bekerja secara efisien. Salah satu contohnya adalah bisa mengukur cairan dengan suhu antara -40 C – 70 C.

Selain mudah digunakan, mesin ini juga tidak memerlukan perawatan khusus. Termasuk jangka waktu servis rutin yang lama (hanya perlu servis 1 tahun sekali).

Maintenance yang tidak terlalu sering membuat pressure loss mesin tetap rendah. Namun, meskipun jangka waktu servis lama, tidak akan merubah tingkat akurasi yang tinggi.

  • Jaminan Kualitas

NIST Metrology America telah memberikan sertifikasi mutu untuk merk ini. Hal ini menandakan mesin ini diproduksi sesuai standar akurasi yang dipersyaratkan NIST. LC M10 tidak hanya berkualitas dari sisi komponen/mesin namun juga dari sisi desain. Dengan desain flange khusus, hal itu memberikan fleksibilitas pemasangan yang efisien. Sekaligus akan mempermudah instalasi segala jenis pipa sesuai keperluan Anda.


Spesifikasi Flow Meter LC M10

  • Ukuran: 2 inci
  • Akurasi: ± 0,2%
  • Pengulangan: ≤ 0,05%
  • Pengukuran Standar: Unit Liter / US Gallon / imperial Gallon
  • Suhu: - 40 hingga 71º C
  • Bahan material: Aluminium, Besi cor, Baja, Stainless
  • Koneksi: ANSI Flanged, NPT, BSPT, Slip Woled 
  • Kapasitas: 550 L / Min (150 GPM)
  • Tekanan max: 10.5 Bar / 150 PSI

Hingga kini, flow meter LC masih menjadi andalan industri sebagai alat ukur bahan cair mengalir yang memiliki tingkat akurasi tinggi. Tak terkecuali flow meter LC M10 ini. Generasi meteran produksi Ferindo ini juga makin diminati di pasar flow meter saat ini.