Flow Meter LC vs FC, Mana yang Lebih Baik?

Diposting pada 29 February 2020

DETAIL PERBANDINGAN FLOW METER SOLAR

Tipe yang paling sering dipakai di Indonesia. Walaupun bobotnya yang berat, akurasinya sangat terjamin di angka 0.1-0.5%. Untuk proses jual beli bahan bakar di Indonesia, dengan angka akurasi yang harus dicapai adalah 0.2%, jadi kalau lebih dari 0.2% dicap tidak sah menjadi pacuan alat ukur untuk bahan bakar seperti solar, minyak, heavy oil dan lain lain.

Salah satu merk yang paling terkenal adalah merk LC. Alat ukur dari Amerika ini adalah pilihan utama beberapa site tambang dan perusahaan yang membutuhkan meteran sebagai alat pacu ukur dikarenakan kualitasnya yang cukup baik dan angka akurasi yang mencapai 0.2-0.3% (tergantung instalasi). Sebagai pemasok merk yang pertama di Indonesia, nama Liquid Controls sudah terkenal di Indonesia dan dibanderol dengan harga yang lumayan premium.

Maka dari itu PT Ferindo Energi Instrumen juga menghadirkan merk lain dengan harga yang lebih ekonomis, tapi kualitas tetap terjamin. Di angka akurasi 0.1% , tidak heran mengapa banyak client kami memilih merk alternatif ini ketimbang flow meter LC. 

Inilah beberapa alasan mengapa merk FC tidak kalah banding dengan flow meter LC :



1. Akurasi lebih baik
Di label dengan akurasi 0.2-0.3%, LC telah mendapat sertifikasi dari NIST Amerika. Namun, setelah beberapa hasil test dari Badan Metrologi, ternyata flow meter solar FC kami mendapat hasil kalibrasi 0.1%. Dalam arti jika dipakai sebagai pacuan alat ukur di fueling site atau dimanapun, tingkat error yang didapat hanyalah 0.1%, sebagai contoh dari 1000 liter yang di ingin dipindahkan, hanya 1 liter yang di miss atau di overcalculate.

Dalam hal metering system, 0.1% adalah angka yang sangat baik jika ingin juga dibandingkan dengan merk lain yang dilabel dengan akurasi 0.5% dan 1%. Dikarenakan banyak faktor yang bisa mengubah tingkat akurasi , seperti apakah dipasang dengan air eliminator (pembuang udara/angin dalam fluida), apakah dipasangkan dengan strainer (saringan untuk menyaring kotoran supaya tidak masuk kedalam sistem perputaran), apakah dikoneksikan secara baik di Pipa (apakah tekanan cukup untuk memutarkan meteran supaya bisa bekerja dengan maksimal?), apakah pompa sesuai dengan flow minimum dan maksimum yang bisa di toleransi oleh flow meter solar?

Banyak sekali faktor yang bisa mempengaruhi faktor error pada alat ukur ini. Tapi jika diinstall dengan baik, semua sesuai prosedur instalasi sesuai manual, akan mencapai tingkat akurasi yang sangat baik.

Tingkat akurasi yang lebih baik berarti less cost untuk sebuah perusahaan. Misalnya setiap kali pengisian, meteran lebih cepat 10 liter atau lebih lambat 10 liter dari minyak yang sebenarnya didapatkan, berarti perusahaan akan membayar 10 liter lebih setiap pengisian, yang bila dijumlahkan untuk beberapa kali pengisian akan menambahkan biaya ekstra yang lumayan banyak jika operasi yang sama dilanjutkan selama bertahun-tahun.

2. Garansi sparepart dan service lebih lama

Kita memberikan full garansi sparepart dan service untuk LC (exclude user’s failure / error) selama 1 tahun. Tapi untuk FC, sebagai pemegang brand kami akan memberikan full garansi 2 tahun sparepart dan service (exclude user’s failure or error), dalam syarat meter harus diinstalasi beserta dengan saringan.

Flow meter solar menggunakan sistem rotor yang sangat akurat, jikalah rotor tersebut kemasukan kotoran/partikel, ada kemungkinan rotor akan termakan ataupun rusak. Kerusakan rotor sangat fatal untuk alat ini karena itu adalah prinsip sistem kerjanya. Tapi jika memakai strainer yang cocok, segala macam kotoran yang ada di bahan bakar akan tersaring semua.

3. Harga lebih murah

Dibanding harga flow meter LC yang lumayan premium, harga FC dibanderol jauh lebih murah dari pesaing lainnya dengan tingkat akurasi yang lebih baik. Dengan 1/3 dan 1/2 harga dari LC, client kami bisa mendapatkan barang dengan kualitas yang lebih baik dan masa garansi yang lebih lama.

Nah inilah beberapa alasan mengapa FC lebih diminati ketimbang  LC oleh beberapa client kami. Dari segi brand memang Liquid Controls sudah lebih established dan lebih lama berada di Indonesia, namun dari segi kualitas dan harga, masih bisa tersaingi oleh Flow Controls. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang spesifikasi atau kebutuhan anda, silahkan di cek di link berikut FLOW METER LC , FLOW METER SOLAR FLOW CONTROLS atau kontak kami di 0882-1077-5661 untuk info lebih lanjut mengenai kebutuhan anda.