Flow Meter SHM Terbaik, Spesifikasi dan Harga Terbaru

Diposting pada 23 July 2020


Secara umum Flow Meter SHM adalah alat yang berguna untuk menghitung volume air dalam flow meter. Prinsip kerja dari meter sendiri adalah dengan menggunakan paddle wheel sebagai komponen utamanya.

 Alat ukur ini bekerja dengan adanya arus aliran yang berada di dalam tabung dari flow meter. Arus inilah yang kemudian membuat paddle wheel dapat berputar sesuai dengan porosnya. 

 Meter ini juga sering disebut dengan flow meter analog karena ia tidak berjalan menggunakan listrik. Flow meter SHM sendiri memiliki tiga bagian utama yang menjadi poros utama dari alat pengukur volume arus air ini.

Bagian utama

Meter inipun sendiri memiliki tiga bagian penting. Ketiga bagian tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Tabung flow meter

Tabung flow meter SHM  biasanya terbuat dari bahan cast iron yang dikoneksikan dengan flange dan sesuai dengan ukuran diameter dari DN50 sampai Hdn200.

  1. Paddle wheel

Paddle wheel menjadi komponen paling penting pada meter tipe ini. Ia biasanya dibuat dari material polypropylene. Selain itu, As yang digunakan berbahan dasar metal sehingga tidak menimbulkan gesekan serta korosif.

  1. Register mekanikal

Ketiga ada register mekanikal yang juga berbahan dasar cast iron plus system transmisi gear namun memakai system magnetic. System tersebut digunakan lantaran terdapat perbedaan dari arah medan magnet.

Perbedaan ini yang kemudian dapat mengakibatkan komponen lain dapat menggerakkan sistem mekanikal. Bergeraknya sistem mekanikal ini ditandai oleh angka-angka yang memiliki fungsi sebagai penafsiran volume arus air. 

Flow meter SHM biasa digunakan pada air yang tergolong bersih tanpa limbah padat atau sampah. Ini dikarenakan ada komponen dari flow meter SHM yaitu paddle wheel yang rawan tersangkut sampah.

Jika paddle wheel tersangkut sampah, maka akan mengakibatkan kemacetan dan tidak dapat berjalan sesuai fungsinya. Karena rawan kerak dan tersangkut kotoran, paddle wheel juga harus dibersihkan secara berkala.

Jenis-jenis flow meter SHM  

Flow meter SHM sendiri terbagi menjadi berbagai macam jenis. Masing-masing dari mereka hampir memiliki tipe atau spesifikasi yang sama. Berikut beberapa jenisnya.  

  1. SHM Woltman Flow Meters

Jenis water meter ini sangat umum digunakan dalam berbagai jenis industri, perumahan maupun irigasi. Ia juga sering disebut meter air karena digunakan untuk pengukuran fluida aliran air untuk industri maupun rumah tangga.

System pembacaan dari  SHM Woltman Flow Meters sendiri memakai mekanikal register atau sering disebut flow meter analog. Dimana ia dapat dioperasikan secara analog tanpa menggunakan aliran listrik.

Jenis flow meter SHM yang satu ini sangat fleksibel dimana ia dapat diinstall secara vertikal maupun horizontal. Sedangkan pada materialnya tergantung pada request dari customer. 

Kekurangan dari woltman flow meter ini adalah ia tidak cocok dioperasikan pada jenis air yang kotor maupun berlumpur. Karena ini akan membuat paddle wheel menjadi macet sehingga system pembacaan menjadi error.

Dalam perawatannya, SHM Woltman Flow meter harus selalu dibersihkan secara berkala, terutama pada bagian baling-baling. Selain itu, Anda juga harus melakukan kalibrasi karena pada bagian pedal wheel sering mengalami aus.

  1. SHM Roots Flow Meters

SHM Roots Flow Meters memiliki body yang terbuat dari material epoksi, penutup dari besi dan stainless steel. SHM Roots Flow ini memiliki akurasi tinggi, ringan, awet dan mudah untuk diinstall.

Jenis ini biasa digunakan pada industri perminyakan, tenaga listrik, transportasi, makanan, perdagangan dan bahan kimia. Registernya juga dapat diatur ulang serta di totalizer sehingga sangat mudah untuk digunakan.  

  1. SHM-Sewage/Waste Water Flow

SHM-Sewage Water Flow jenis flow meter yang berfungsi untuk mengukur debit air dengan teknologi paddle wheel. Sama seperti water meter pada umumnya, materialnya telah dilapisi dengan bahan anti karat dan juga lapisan epoxy.

Ia juga dapat digunakan tanpa harus ada aliran listrik. Bagusnya lagi, SHM-Sewage Water Flow ini memiliki kaca anti fogging dan haze. Sehingga tampilannya tetap jernih dalam berbagai macam kondisi.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh SHM-Sewage/Waste Water Flow adalah ia sangat fleksibel pada ruang tertutup maupun terbuka. Ia juga dilengkapi dengan sistem drive mekanis dengan proses pemasangan yang mudah.  

  1. SHM Electromagnetic Flow Meter

Selanjutnya ada tipe electromagnetic flow meter biasa digunakan pada industri makanan, farmasi hingga pertanian. Flow meter yang satu ini terbuat dari tabung liquid kondusif dengan lapisan anti karat.

SHM Electromagnetic Flow Meter merupakan alat ukur yang dapat diandalkan. Strukturnya sederhana, hemat daya serta akurasi yang tidak dipengaruhi oleh suatu tekanan.

  1. SHM Multi Jet Brass Flow Meters

Terbuat dari bahan kuningan dengan sistem pengukuran analog atau digital. Komponen pada pengukur internalnya dibuat dari material termoplastik yang modern. Jenis  flow meter SHM ini biasa digunakan pada irigasi, filtrasi dan pemantauan debit air.

  1. SHM HI-FLOW METERS

Ini sangat recommended untuk digunakan pada kondisi air bersih maupun air kotor. Meskipun secara umum ia digunakan khusus untuk air kotor. 

SHM HI-Flo sendiri sangat mudah digunakan dan juga mudah dalam pemasangannya. Alat pengukur air ini umumnya digunakan untuk industri rumah sakit, mall, hotel, perkantoran dan lain sebagainya.

Beragam merk dan harga merk Flow Meter SHM

Berikut ini berbagai macam merk ini yang umum diproduksi dan dipasarkan di seluruh wilayah di Indonesia. Dimulai dari   Flow Meter SHM 2 inch. 

  1. Flow Meter SHM 2 inch

Sangat fleksibel untuk digunakan pada kondisi air kotor maupun air bersih. Ia juga sangat mudah dalam penginstalan dan tanpa memperdulikan kondisi lingkungan di sekitarnya.

 System perputarannya juga tidak mudah terganggu atau error oleh sebab limbah, tanah maupun lumpur. Jenis ini kerap digunakan pada industri yang bergerak pada textile, mall maupun kelapa sawit.

Spesifikasi produk: 

Ukuran: 2 inch (DN50)

Kapasitas: 0.45 - 30 M3/h

Max Pressure: 16 Bar 

Temperature Range:

0.1ºC - 50ºC (untuk  temperatur air biasa)

0.1ºC - 90ºC (untuk  temperatur air panas)

0.1ºC - 130ºC (untuk  temperatur air sangat panas)

Fitur unggulan: 

  • Dapat  digunakan pada pengukuran suhu air pana
  • Dapat membaca mulai dari flow paling kecil hingga yang paling besar
  • Dapat digunakan untuk mengukur berbagai kondisi air baik kotor maupun bersih 
  • Telah tersedia di berbagai wilayah di Indonesia

Keunggulan produk: 

  • Memiliki lapisan body anti karat
  • Memiliki garansi produk hingga 12 bulan
  • Kemungkinan terjadi kerusakan hanya 2%
  • Telah dibekali dengan system drive mekanis dan paddle whee
  • Dilengkapi dengan vacuum-sealed

Harga flow meter air limbah tipe 2 inch berada pada kisaran angka Rp. 4.500.000,- . 

  1.     Flow Meter SHM 3 inch

Tak jauh beda dengan versi sebelumnya, flow meter SHM 3 inch ini juga dapat digunakan pada air dengan jenis apapun. Selain itu, ia juga dapat diinstall dengan mudah tanpa harus memperdulikan kondisi lingkungan tertentu.

Perputarannya juga tidak terganggu oleh limbah kotor baik limbah tanah maupun sungai. Flow meter SHM biasa digunakan pada perkebunan kelapa sawit, perkantoran maupun mall.

Spesifikasi produk

Ukuran: 3 inch (DN80)

Kapasitas: 1.2 - 80 M3/h

Max Pressure: 16 Bar

Temperature Range: 

0.1ºC - 50ºC (untuk  temperatur air biasa)

0.1ºC - 90ºC (untuk  temperatur air panas)

0.1ºC - 130ºC (untuk  temperatur air sangat panas)

Fitur unggulan: 

  • Fleksibel untuk digunakan menghitung di aliran sungai baik bersih maupun kotor 
  • Dapat digunakan untuk temperatur air panas hingga 130 derajat 
  • Baik flow besar maupun kecil dapat terdeteksi 

Keunggulan produk: 

  • Dibekali dengan body full anti karat
  • Kemungkinan terjadi error system hanya 2%
  • Dibekali dengan vacuum-sealed
  • Dibekali dengan garansi produk hingga 12 bulan
  • Dibekali system drive mekanis untuk mempermudah dalam hal membaca counter

Harga flow meter SHM 3 inch berkisar di harga sekitar Rp 4.800.000.

  1.     Flow Meter SHM 4 inch

Hampir semua produk flow meter SHM dapat digunakan untuk mengukur debit air dalam kondisi kotor maupun bersih. Tak terkecuali dengan flow meter SHM 4 inch ini. Ia juga dapat di install pada kondisi lingkungan seperti apapun dengan perputaran yang normal. 

Spesifikasi produk:

Ukuran: 4 inch (DN100)

Kapasitas: 1.8 - 120 M3/h

Maximal Pressure: 16 Bar

Temperature Range:

0.1ºC - 50ºC (untuk  temperatur air biasa)

0.1ºC - 90ºC (untuk  temperatur air panas)

0.1ºC - 130ºC (untuk  temperatur air sangat panas)

Fitur unggulan: 

  • Dapat digunakan untuk menghitung di aliran sungai baik bersih maupun kotor 
  • Dapat digunakan untuk temperatur air panas hingga 130 derajat 
  • Baik flow besar maupun kecil dapat terdeteksi 

Keunggulan produk: 

  • Seluruh bagian flow meter air limbah 4 inch ini sudah dilapisi bahan anti karat 
  • Dibekali system drive mekanis untuk mempermudah penafsiran counter
  • Dilengkapi paddle wheel agar air kotor dapat mengalir dengan baik 
  • Dengan vacuum-sealed guna mencegah terbentuknya embun di bagian counter reader

Harga Flow meter air limbah 4 inch saat ini sekitar Rp. 6.000.000,-. Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang spesifikasi dan harga dari produk ini Anda dapat berkunjung ke ferindo.id. 

  1.     Flow Meter Air Limbah 6 Inch SHM

Diurutan pertama ada flow meter air limbah 6 inch dimana ia dapat digunakan untuk mengukur aliran air kotor maupun bersih. Selain itu, alat ini juga dapat digunakan dalam lingkungan dengan kondisi apapun. 

Spesifikasi produk:

Size: 6 inch (DN150)

MaxImal Pressure: 16 Bar

Kapasitas: 4.5 - 300 M3/h

Temperature Range: 

  • 0.1ºC - 50ºC (meteran temperatur air normal)
  • 0.1ºC - 90ºC (meteran temperatur air panas)
  • 0.1ºC - 130ºC (meteran temperatur air yang sangat panas)

Fitur unggulan: 

  • Dapat digunakan untuk mengukur berbagai kondisi air baik kotor maupun bersih 
  • Dapat membaca flow kecil maupun flow besar 
  • Telah terpasang di berbagai seluruh wilayah di Indonesia 
  • Dapat digunakan pada air panas hingga 130 derajat celcius

Keunggulan produk:

  • Flow meter air limbah 6 inch dilengkapi paddle wheel serta dibuat dengan menggunakan sistem drive mekanis. 
  • Selain itu, produk ini juga terbuat dari bahan anti karat dengan counter berpendukung stainless steel. 
  • Terdapat Vacuum-sealed pada bagian counter flow meter SHM 6 inch yang dapat mencegah kotoran. 
  • Telah dibekali dengan Dry type (menangkal air kotor) yang menyulitkan penafsiran counter Vacuum-Sealed Register
  • Telah dibekali dengan system Paddle Wheel. Garansi produk satu tahun dengan maximum error hanya sekitar 2%. 

Harga flow meter air limbah 6 inch biasanya berkisar antara Rp.10.000.000,- hingga Rp. 15.000.000,-. Harga ini tergantung pada jenis dan spesifikasi bawaannya.

  1.   SHM Vortex Flow Meter

SHM Vortex Flow Meter sangat cocok digunakan untuk berbagai macam industri pembuatan kertas, kimia, batu bara dll. Jenis ini memiliki keunggulan dalam hal pengaplikasian serta instalasinya yang sangat mudah.

Keunggulan dari Meteran Air SHM :

  • Harga lebih murah dibandingkan tipe lainnya
  • Dibekali dengan spesifikasi handal
  •  Garansi hingga 12 bulan
  • Pengaplikasian lebih mudah
  • Tidak membutuhkan aliran listrik
  • Perawatan lebih mudah
  • Pemasangan lebih mudah
  • Body full epoxy anti karat
  • Awet dan tahan hingga 10 tahun

SHM Vortex FLow Meter dijual dengan harga sekitar Rp.22.000.000,-. Memang tergolong cukup mahal namun masalah kualitas tak bisa diragukan lagi. 

  1. Water Meter Air Panas SHM DN25

Water Meter Air Panas SHM DN25  merupakan flow meter air panas dengan temperatur mencapai  90ºC. meteran air ini umum digunakan pada industri farmasi, makanan, minuman dan AMDK.

Keunggulan dari flow meter air panas SHM DN25:

  • Harga murah
  • Kualitas terbaik
  • Sistem pengaplikasian dan penginstalan lebih mudah
  • Perawatan mudah dan sederhana
  • System paddle aman tanpa hambatan 
  • Awet hingga 10 tahun
  • Tidak membutuhkan aliran listrik
  • Garansi 1 tahun

Kesimpulan

Flow meter SHM adalah sebuah alat untuk mengukur volume air. Alat ini umum digunakan untuk berbagai macam industri. Untuk sistem kerjanya, flow meter SHM menggunakan komponen berupa paddle wheel.

Flow meter SHM sendiri dibagi menjadi tiga macam bagian yaitu tabung flow meter, mekanikal register serta paddle wheel. Untuk tabung flow meter sendiri terbuat dari bahan cast iron dan anti karat.

Sementara untuk bagian paddle wheel terbuat dari polypropylene dimana pada bagian as terbuat dari material anti korosif. 

Untuk bagian sistem registrasinya sudah tidak memakai sistem transmisi gear. Namun walau begitu, ia sudah menggunakan system magnetic.

 Flow meter SHM memiliki keunggulan yaitu tidak menggunakan aliran listrik sehingga lebih hemat. Selain itu, jenis water meter yang satu ini juga mudah dalam perawatan serta pemasangan.

 Flow meter SHM umumnya tidak dapat digunakan pada media air kotor seperti lumpur atau parit. Karena ini dapat memungkinkan paddle wheel tersumbat kotoran padat hingga ia tidak dapat berfungsi maksimal.

Bagaimana cara mendapat produk flow meter SHM berkualitas? Saat ini banyak distributor flow meter SHM yang menjual berbagai macam produk yang berkualitas baik offline maupun online. 

 Selain itu, anda juga dapat mengunjungi ferindo.id untuk mendapatkan penawaran produk flow meter terbaik. Anda akan menemukan banyak merek dan tipe flow meter dengan kualitas terbaik di sini. 

Itulah tadi pembahasan seputar flow meter SHM lengkap dengan jenis, harga dan spesifikasinya. Pastikan Anda memilih Flow meter sesuai kebutuhan Anda. Perhatikan spesifikasinya sebelum memutuskan untuk membeli.