Flow Meter Tokico vs FC

Diposting pada 27 January 2020
Flow Meter Solar FC adalah salah satu merk yang paling sering dipakai di Indonesia. Menghadirkan berbagai macam meteran di harga dan spesifikasi berbeda, kedua merk ini memiliki perbedaan yang signifikan dari satu sama lain.

PERBANDINGAN KEDUA FLOW METER

1. Tokico



Merk yang berasal dari Jepang yang menggunakan prinsip positive displacement (menggunakan baling-baling sebagai metode pengukuran total flow). Pembacaan/ Counter reading flow meter tokico ini juga menggunakan jarum jam, sehingga memungkinkan pembacaan yang lebih akurat dan lebih compact. 

Dengan standard 0.5%,  sudah mengadopsi titik akurasi yang lumayan akurat untuk pengukuran bahan bakar solar, kerosene dan lain-lainnya. Dengan bentuk yang ergonomis dan instalasi yang mudah, tidak heran mengapa ini adalah merk yang paling sering dicari di Indonesia. Dengan sejarah dan salah satu pelopor merk meteran pertama di Indonesia, seperti Aqua, Tokico sudah di asosiasikan menjadi merk pertama yang terpikirkan ketika sedang ada kebutuhan.

Merk ini tersedia dari size 1/2 Inch sampai 8 Inch (sudah jarang ada tapinya size ini). Tersedianya banyak size dikarenakan kebutuh setiap proyek/fueling system beda-beda tergantung flow yang dibutuhkan. 

Tokico juga sangat awet, bisa tahan bertahun-tahun dan tetap menjaga akurasi di 0.5% dengan baik. Jika disambungkan dengan air vane/ air eliminator dan saringan, merk ini dijamin tahan lama. Dibanderol dengan harga yang lumayan premium, kualitas memang tidak dipungkiri, apalagi kalau disambungkan dengan accuracy adjuster yang memungkinkan merk ini mencapai tingkat akurasi yang lebih baik lagi yakni 0.2%, tapi tentunya dengan biaya tambahan yang lumayan signifikan. Tipe ini juga bisa mengukur cairan mulai dari kekentalan  0.9 mPas sampai 500 mPas.

Alat ini juga bisa disambungkan dengan kabel pulse yang memungkinkan reading dari digital counter. Selain itu ada dua variant dari Tokico yakni resettable counter dan non-resettable counter. Resettable berarti pembacaan totalizer juga bisa dikembalikan ke 0, lain hal-nya tipe yang non-resettable tidak bisa mengembalikan totalizer ke angka 0. Kedua tipe ini juga dibanderol dengan harga yang sangat berbeda (Lebih mahal yang resettable)

Untuk mengecek info lebih lanjut dan tipe-tipe yang kami sediakan silahkan cek di sini FLOW METER TOKICO

2. Flow Controls



Walaupun banyak tipe yang dihadirkan dari merk Flow Controls, kami akan menghighlight merk dengan tipe yang sama yakni PD Meter. 
Sudah kami patenkan dengan merk FC pada tahun 2019. Kami menghadirkan merk ini untuk menyaingi merk lainnya dengan harga yang tidak terjangkau.

Flow meter ini dimanufacture di China dengan pabrikan yang sudah bersertifikasi CE, ISO dan lain-lain. Lengkap dengan hasil surat kaliberasi yang menyatakan akurasi 0.1%, tidak heran mengapa banyak client kami beralih ke merk ini dikarenakan harganya yang jauh lebih murah dari merk lain dan akurasi yang sangati baik yakni 0.1-0.2%. Hanya perlu disambungkan flange to flange maupun drat, kami siap menyediakan connection sesuai dengan kebutuhan anda. Dibandingkan dengan Tokico yang membutuhkan accuracy adjuster untuk mencapai akurasi 0.2%, Meteran ini bisa mencapai akurasi 0.1% dari bawaannya sendiri sehingga, biaya yang harus dikeluarkan juga tidak akan mahal.

Kami percaya bahwa alat ukur berkualitas tinggi adalah investasi yang baik untuk perusahaan yang berurusan dengan kebutuhan flow reading. Dibandingkan dengan tokico yang memiliki akurasi 0.5% (setiap pengisian 1000 Liter bisa miskalkulasi 5 liter), FC bisa mencapai titik error hanya 1 liter sampai 2 liter. Kalau dibandingkan seperti ini memang tidak kedengaran signifikan, tetapi untuk perusahaan yang operasional pengisian bahan bakar mencapai 10 ataupun 20 kali per hari, tentunya perbedaan angkanya mulai sangat terlihat.

Untuk mengecek berbagai tipe fm yang dihadirkan oleh merk FC, silahkan di cek di link berikut FLOW METER SOLAR FLOW CONTROLS. Kami adalah sole distributor dan pemilik nama merk Flow Controls, maka dari itu harga spesial juga akan diberikan kepada client kami.