Flow Meter Water : Pengertian, Jenis, Tips Memilih dan Contoh Produk

Diposting pada 20 September 2022


Flow meter water
atau flow meter untuk air kini biasa dipakai pada lokasi dan bangunan komersial serta perumahan. Untuk Anda yang ingin mengetahui lebih banyak tentang flow meter water, kali ini kami akan menjelaskan beberapa hal mengenai flow meter water.

Pada artikel ini Anda akan mendapatkan beberapa informasi terkait flow meter water, yaitu:

  • Pengertian flow meter water
  • Fungsi dari alat tersebut
  • Jenis-jenis flow meter serta cara memilihnya sesuai dengan kebutuhan Anda
  • Tempat membeli flow meter

Apa yang Dimaksud dengan Flow Meter Water?


Secara bahasa, flow meter water berarti pengukur aliran air. Yaitu sebuah alat yang dapat Anda gunakan untuk mengukur jumlah atau volume air yang melewati pipa. Selain untuk air, alat ini juga dapat Anda gunakan untuk mengukur aliran gas atau cairan lainnya.

Ketika Anda membuka kran air selama 10 detik, akan terkumpul air sejumlah 10 gelas. Itu berarti, setiap detik dari aliran air, akan terkumpul 1 gelas air sekitar 200ml. Dengan begitu, volume air pada keran tersebut yaitu sekitar 200 ml/detik.

Hasil ukuran inilah yang nantinya akan ditampilkan pada flow meter tanpa perlu menampung atau menghitungnya secara manual.

Fungsi dari Flow Meter

Seperti penjelasan di atas, bahwa alat ini berfungsi untuk mengukur volume air atau cairan yang melintasi pipa. Ini juga dapat berfungsi secara luas, terutama pada industri.

Contoh fungsi flow meter yang umum digunakan adalah pada perusahaan air bersih, untuk mengetahui sebanyak apa air yang terpakai. Nantinya ini dapat Anda gunakan untuk melihat sebanyak apa debit air yang telah terpakai oleh pelanggan.

Macam- Macam Flow Meter

Berdasarkan cara kerjanya, berikut adalah empat macam jenis flow meter:

1. Mekanik Flow Meter 


Mechanical flow meter water merupakan salah satu tipe pengukur aliran air paling ekonomis, karena memanfaatkan gerakan mekanik dari aliran air. Aliran air yang kencang akan membuat putaran turbin yang telah didesain dengan desain baling-baling atau roda dayung. 

Pengukur aliran ini akan mengukur debit air berdasarkan putaran turbin yang dihasilkan dari aliran air tersebut. Salah satu kelemahan dari pengukur mekanik ini adalah lebih mudah tersumbat ketika air yang mengalir merupakan air yang kotor atau terdapat partikel kotoran yang besar. 

Selain itu, pada aliran air yang rendah, pengukur aliran ini tidak dapat berfungsi dengan baik, karena tidak mampu memutar turbin. Juga tidak cocok untuk cairan kimia yang sifatnya korosif, karena dapat merusak turbin.

2. Vortex Flow Meter


Merupakan pengukur aliran air yang menciptakan vortex atau pusaran air dalam aliran air tersebut. Di dalam alat ukur ini terdapat penghalang yang menghalangi aliran air. Inilah yang kemudian menyebabkan terbentuknya vortex atau pusaran. 

Pusaran inilah yang kemudian membentuk pola khusus, sehingga volume atau debit air dapat terukur. Flow meter jenis ini cocok  untuk berbagai jenis cairan, gas dan uap. Selain itu Anda dapat menempatkannya pada berbagai sudut dengan perawatan yang lebih mudah.

Namun kekurangannya tidak cocok dipakai pada cairan dengan aliran rendah serta cairan yang kental seperti bubur.

3. Ultrasonik Flow Meter


Sesuai dengan namanya, flow meter water ultrasonic ini menggunakan gelombang ultrasonik untuk mengukur kecepatan aliran air di dalam pipa. Sehingga diketahui volume cairan tersebut. 

Pengukur ini juga menggunakan beberapa prinsip dasar fisika, mekanik, dan listrik yang memungkinkan alat ini mengukur laju aliran secara akurat. 

Pada berbagai kondisi aliran, ketika cairan mengalir melalui pipa, ia mengalir dalam satu arah dengan kecepatan yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Seperti suhu, tekanan, viskositas cairan, dan ukuran pipa. 

Semakin tinggi perbedaan tekanan hulu dan hilir dari suatu titik dalam pipa, semakin tinggi kecepatan alirannya. Selain itu, peningkatan suhu biasanya juga menyebabkan peningkatan aliran, dengan semua faktor lainnya yang tetap sama.

Gelombang suara bergerak melalui fluida berdasarkan transmisi getaran melalui molekul-molekul fluida yang mengalir dilewatkan ke molekul yang berdekatan, sehingga mentransfer gelombang ke molekul yang berdekatan.

Kita dapat mendengar suara karena frekuensi getaran berada pada rentang suara sekitar 20 - 20.000 hz. Alat ini beroperasi pada frekuensi getaran yang berada di luar jangkauan yang dapat didengar yaitu lebih dari 25.000 khz. 

Frekuensi yang lebih tinggi ini memungkinkan pengukuran yang lebih akurat serta tidak menghasilkan suara dalam rentang yang dapat Anda dengar. 

Kelebihan dari jenis pengukur ini adalah bisa untuk mengukur dua arah, serta baik untuk cairan kimia yang agresif atau korosif. Namun kurang cocok untuk tipe cairan dengan kontaminasi tinggi.

4. Magnetic Flow Meter


Jenis pengukur ini menggunakan medan magnet untuk mengukur kecepatan cairan yang mengalir di dalam pipa. Berdasarkan teori Induksi Elektromagnetik pada Hukum Faraday, ketika cairan mengalir melalui medan magnet akan menghasilkan tegangan. 

Semakin cepat aliran air, maka semakin banyak tegangan yang akan dihasilkan. Tegangan ini sebanding dengan pergerakan air di dalam pipa. Lalu elektronik akan memproses sinyal tegangan tersebut menjadi volume debit cairan yang ada di dalam pipa.

Jenis yang satu ini tidak dapat bekerja pada air murni karena tidak ada ion untuk diukur.

Flow Meter water Digital dan Analog

Selain empat macam jenis flow meter di atas, Anda juga dapat membedakan flow meter berdasarkan cara pembacaan, yaitu digital dan analog.  Untuk tipe digital, pembacaan langsung otomatis ditampilkan pada layar LCD. Sedangkan pada tipe analog flow meter water, pembacaan ditampilkan pada penunjuk angka.

Tips Memilih Flow Meter


Agar Anda tidak bingung memilih flow meter yang tepat, berikut tips memilih flow meter:

1. Sesuaikan Peruntukkan Flow Meter dengan Kebutuhan Anda

Pastikan tipe flow meter yang Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan. Mulai dari jenis cairan, sifat cairan, apakah korosif atau tidak dan lainnya.

2. Ukuran Pipa

Pastikan ukuran pipa yang akan Anda gunakan cocok dengan flow meter yang Anda pilih.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Keuangan Anda

Setelah menentukan peruntukan dan ukuran pipa, tips berikutnya yaitu memperhitungkan harga flow meter yang sesuai kantong Anda. Untuk harga flow meter water sendiri bervariasi, tergantung ukuran, kapasitas, tekanan, dan jenis cairan yang diukur. 

Untuk ukuran dua inci, harga flow meter mulai dari Rp900.000. Pilihlah merek yang awet dengan maintenance yang minim, meskipun sedikit lebih mahal.

4. Beli di Distributor yang Terpercaya dan Berani Memberikan Garansi

Toko yang bagus biasanya juga menjual barang yang bagus dan berkualitas. Jangan mau hanya diiming-imingi harga miring, kemudian Anda asal dalam membeli sehingga merepotkan di masa mendatang.

Toko yang baik biasanya berani memberikan garansi karena tahu produk yang mereka pasarkan bagus dan terjamin kualitasnya.

PT Ferindo Energi Instrumen, Distributor Flow Meter Berkualitas dan Terpercaya

PT FEI (Ferindo Energi Instrumen) adalah salah satu distributor yang memasarkan flow meter. Berikut beberapa alasan yang dapat Anda pertimbangkan untuk membeli flow meter pada PT FEI:

1. Telah Beroperasi Lebih dari 15 Tahun

Sejak tahun 2005 hingga sekarang, PT FEI terus berkomitmen membantu dan mendukung customer dalam rangka pengadaan flow meter.

2. Melayani Jasa Konsultasi Spesifikasi, Instalasi, Kalibrasi, dan Troubleshooting

Tidak hanya memasarkan, Kami juga membantu konsumen dalam rangka konsultasi spesifikasi, instalasi, kalibrasi, hingga membantu jika ada permasalahan dengan alat ukur setelah pembelian. 

Jadi Anda tidak perlu khawatir dan bingung jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu dengan flow meter yang Anda beli dari PT FEI.

3. Menyediakan Aneka Merek dan Jenis Flow Meter

Kami menyediakan aneka merek flow meter berkualitas dengan berbagai spesifikasi. Mulai dari flow meter digital, Tokico, Water Meter Amico, hingga Flow Controls. Kami akan menjawab semua kebutuhan Anda terkait flow meter

4. Memiliki Teknisi yang Handal dan Berpengalaman

Dengan berbagai pengalaman terkait flow meter, kami juga menyediakan teknisi yang handal dan terlatih di bidangnya. Yang akan selalu siap untuk membantu inspeksi dan instalasi flow meter yang Anda beli.

Beberapa Contoh Produk Flow Meter dan Spesifikasinya

Berikut adalah beberapa contoh produk flow meter dengan spesifikasinya:

1. Flow Meter Tokico 8 Inch (DN200) FFN-2057-BAA-04X3X

Ini merupakan produk buatan Jepang yang pabriknya telah beroperasi puluhan tahun lamanya. Tersedia dengan ukuran kecil mulai dari 15mm hingga 500 mm. Jenis ini dapat diaplikasikan sebagai flow meter solar, bensin, minyak encer, minyak kental, dan oli.

Kelebihan merek ini antara lain:

  • Tahan terhadap flow yang tinggi maupun tidak stabil
  • Memudahkan dalam Instalasi, karena strukturnya yang vertikal
  • Memudahkan dalam pembacaan, karena counter berdiri tegak

2. Flow Meter LC M80 6 Inches

Anda dapat mengaplikasikan jenis ini sebagai  flow meter minyak, kerosene, oli, dan solar. Beberapa kelebihan dari merek ini yaitu:

  • Perawatannya relatif mudah, karena akurasi pada alat ini dapat bertahan hingga beberapa tahun ke depan
  • Tahan terhadap cairan dengan temperatur mulai dari -40⁰c hingga 70⁰c
  • Kuat untuk aliran yang besar, seperti stasiun pengisian bahan bakar atau kapal tongkang
  • Sudah sesuai dengan standar NIST (National Institute of Standards and Technology, organisasi yang membuat berbagai standar dan teknologi di bidang Fisika) dari Amerika.

3. Flow Meter Digital 1/2 Inch (DN15)

Anda dapat mengaplikasikan pengukur ini sebagai flow meter BBM, oli, dan lainnya. Kelebihan dari produk ini, antara lain:

  • Cocok pada flow yang kecil
  • Dilengkapi tampilan LCD yang akan memudahkan pembacaan laju aliran
  • Akurasi sangat baik, yaitu hanya 0,5%
  • Sering dipakai untuk genset kapasitas kecil

 

4. Water Meter Amico DN15 1/2 Inch

Terakhir ada flow meter air dari Amico. Alat ini cocok untuk penggunaan pada wtaer treatment plant, perumahan, pabrik, dan lainnya. Kelebihan produk ini yaitu: 

  • Sudah memiliki lapisan cat anti karat
  • Harga relatif lebih murah
  • Kuat terhadap temperatur mulai dari -30⁰c hingga 90⁰c

Penjelasan tentang flow meter di atas dapat Anda pertimbangkan saat hendak memilih flow meter. Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait flow meter, segera hubungi PT Ferindo Energi Instrumen. Baik melalui kontak Whatsapp atau kunjungi toko kami di daerah Jakarta Barat.

PT Ferindo, solusi terbaik untuk pemilihan flow meter water sesuai kebutuhan Anda.