Jenis-Jenis, Fungsi dan Kelebihan Flow Meter LC

Diposting pada 10 June 2021

Sekarang ini ada cukup banyak varian produk flow meter yang ada di pasaran. Sebut saja salah satunya flow meter LC yang sudah banyak digunakan di Indonesia. LC merupakan produk dari IDEX Corporation di Amerika.

Di sini kami akan mencoba mengulas informasi terkait produk flow meter buatan Amerika ini. Semua informasi mulai dari jenis, fungsi, hingga kelebihannya akan kami jelaskan di artikel ini.


Jenis-Jenis Alat Pengukur LC

IDEX menawarkan beragam varian produk flow meter untuk berbagai kebutuhan. Di samping itu, ukuran-ukurannya pun cukup lengkap. Berikut kami sudah merangkum jenis-jenisnya untuk Anda:

  1. Flow Meter Ukuran 1,5 Inch

Produk ini adalah jenis alat ukur paling kecil dari IDEX. Ukurannya hanya 1,5 inch saja. Meskipun ukurannya kecil, namun memiliki kemampuan untuk mengukur dalam jangka kekentalan yang luas.  

  1. Flow Meter Ukuran 2 Inch

IDEX menawarkan 2 jenis produk alat ukur berukuran 2 inch. Kedua jenis tersebut yaitu flow meter LC M10 dan LC M7. Meskipun memiliki ukuran yang sama, namun keduanya memiliki spesifikasi yang sedikit memiliki perbedaan.

Untuk tipe LC M7, alat ini memiliki kapasitas maksimum hingga 380 LPM. Sedangkan untuk LC M10, kapasitasnya hingga mencapai 570 LPM.

  1. Flow Meter Ukuran 3 Inch

Ada 2 tipe alat pengukur 3 inch dari IDEX, yaitu LC M25 dan LC M15. Harga flow meter LC M15 tidak jauh berbeda dengan LC M25.

Kedua tipe alat ukuran 3 inch ini memiliki perbedaan pada beberapa aspek. Salah satu perbedaannya terletak pada kapasitas maksimum yang dimilikinya.

LC M25 memiliki kapasitas maksimum hingga 1140 LPM. Sementara itu, untuk LC M15 kapasitas maksimumnya hanya sekitar 757 LPM.

  1. Flow Meter Ukuran 4 Inch

Sama seperti ukuran 2 inch dan 3 inch, untuk ukuran 4 inch juga memiliki dua tipe berbeda. Untuk tipe-tipenya sendiri yaitu LC M40 dan LC M30.

Flow meter LC M40 memiliki kapasitas maksimum sebesar 1.700 LPM, sedangkan LC M30 sebesar 1.320 LPM. Kapasitasnya bisa Anda sesuaikan sendiri dengan kebutuhan.

  1. Flow Meter Ukuran 6 Inch

Alat pengukur berukuran 6 inch ini adalah produk dengan ukuran tertinggi dari IDEX. Ada dua tipe yang ditawarkan, yaitu LC M80 dan LC M60.

Untuk LC M80, alat ini memiliki kapasitas maksimum hingga 3.000 LPM. Sedangkan tipe LC M60 memiliki kapasitas maksimum 2.271 LPM.

Fungsi Alat Pengukur LC

IDEX pertama kali memasarkan produk alat pengukur ini pada tahun 1956. Saat itu perusahaan tersebut hanya menjualnya untuk pengisian bahan bakar kendaraan tentara Amerika saja.

Kemudian produk dari IDEX ini semakin dikenal luas di Amerika. Selanjutnya mereka pun mulai mendistribusikannya ke pasar internasional.

Melihat dari sejarahnya, alat pengukur ini difungsikan untuk kebutuhan pengisian bahan bakar. Selain itu juga digunakan untuk mengukur cairan seperti bensin, oli, fuel, hingga minyak.

Kelebihan Alat Pengukur LC

Produk dari IDEX ini memiliki sejumlah kelebihan. Bahkan kelebihannya tidak hanya sekedar dari banyaknya varian yang mereka tawarkan saja.

Salah satu kelebihannya yaitu memiliki akurasi yang baik. Bahkan akurasinya bisa mencapai 0,2 hingga 0,3 %. Itu artinya, alat dari IDEX ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Dengan begitu, Anda tinggal menyesuaikan ukurannya saja.

Itulah penjelasan seputar jenis, fungsi, serta keunggulan produk flow meter LC. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?  Kini Anda bisa memesannya di tempat kami. Karena kami menawarkan harga terbaik dengan garansi sparepart hingga service yang panjang.