Kegunaan dan Cara Kerja Fill Rite Flow Meter

Diposting pada 22 April 2021

Pada setiap industri, akan selalu dibutuhkan sebuah alat yang bernama fill rite flow meter. Secara sederhana, alat ini berfungsi untuk mengukur fluida yang mengalir pada alat-alat industri baik berupa gas, cairan, maupun endapan.

Berikut ini kegunaan lainnya dari flow meter dan cara kerjanya secara lengkap. 

Kegunaan Fill Rite Flow Meter


Pada industri-industri besar seperti kilang minyak, makanan dan minuman, bahan-bahan kimia, dan lainnya dibutuhkan flow meter. Alat ini dapat mengukur intensitas baik volume, massa maupun aliran dari fluida secara akurat. 

Fluid yang dapat diukur oleh alat ini dapat berupa gas, powder, hingga cair. Data yang diberikan dari alat berupa angka-angka sesuai dengan kebutuhan. Misalnya massa atau volume fluid. 

Data yang didapatkan oleh flow meter dapat dikirimkan pada komputer maupun handphone, sehingga dapat dikontrol secara berkala. 

Kelebihan dari flow meter ini adalah terbuat dari berbagai jenis material disesuaikan dengan fluida yang akan diukur. Flow meter yang digunakan pada industri kilang minyak tidak dapat digunakan untuk industri makanan. 

Sebab, pada industri makanan dibutuhkan flow meter yang terbuat dari material yang aman untuk makanan. Jadi, pemilihan flow meter bukan sekedar melihat dari harga fill rite saja tapi juga tempat alat tersebut akan disimpan. 

Cara Kerja Flow Meter

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa pemilihan flow meter tidak bisa sembarangan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tempat alat tersebut disimpan dan memilih material yang tepat. 

Tidak hanya aman, tapi juga untuk akurasi data yang lebih tepat. Jika salah dalam pemilihan flow meter, maka akurasinya akan berkurang. 

Fill rite juga dibedakan berdasarkan beberapa parameter yang berbeda, yaitu sebagai berikut. 

  • Laju Aliran Volume

Pengukuran fluida dengan data berupa aliran volume dibutuhkan jenis Positive Displacement Flow Meter. Dengan flow meter jenis ini, Anda bisa mengukur volume fluida yang berpindah secara cepat dan tepat. 

Flow meter yang berfungsi untuk mengukur aliran volume di antaranya fill rite flow series meter 900. Anda dapat memilih flow meter jenis ini jika membutuhkan alat untuk mengukur laju volume fluida. 

  • Laju Aliran Massa

Untuk mengukur laju aliran massa, dibutuhkan flow meter yang memanfaatkan panas. Jadi, ketika fluida melewati flow meter dengan suhu tertentu, maka flow meter dapat menghitung laju alirannya. 

Flow meter ini memiliki thermocouple sebagai sensor untuk fluida yang melewatinya agar bisa mendapatkan data yang akurat. 

Flow meter yang digunakan untuk mencari data laju aliran massa dinamakan Thermal Mass Flow Meter. Flow meter yang memiliki fungsi ini di antaranya adalah fill rite flow series 800

  • Kecepatan Aliran

Parameter lainnya dalam menentukan fungsi flow meter adalah kecepatan aliran fluida. Untuk mengukur kecepatan aliran suatu zat dibutuhkan Axial Flow Meter. Biasanya, flow meter jenis ini digunakan untuk mengukur kecepatan aliran zat berupa cairan atau gas alam. 

Pembaca data pada flow meter ini biasanya berbentuk baling-baling sehingga ketika fluida melewati baling-baling tersebut, datanya akan terbaca. 

Hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam pemilihan flow meter adalah kondisi lapangannya. Sebelum membeli pastikan Anda membaca spesifikasi dari produk terlebih dahulu agar tidak salah memilih. 

Jika Anda membutuhkan fill rite flow meter yang berkualitas dengan harga terjangkau, maka bisa membelinya di PT Ferindo Energi Instrumen. Tidak hanya memberikan produk berkualitas, kami juga memberikan garansi untuk setiap produk yang Anda beli.