Mau Tahu Cara Kerja Meteran Air Digital? Cek di Sini!

Diposting pada 10 September 2020


Meteran air digital merupakan alat yang digunakan untuk mengukur volume air. Tentunya, rumahmu menggunakan saluran air milik PDAM. Maka dari itu, kamu harus mengetahui
cara kerja meteran air.

Cara kerja meter air ini menggantikan fungsi meter air jenis mekanik yang lama. Hal itu bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari meter air mekanik. Selain itu, jenis meteran ini bisa dipasang dan dihubungkan dengan kabel pulse.

Sudah banyak pabrik yang membuat meter air ini dalam berbagai versi untuk perusahaan pengguna meter air. Namun, kebanyakan pabrik masih mengembangkan elektromekanik, yakni meter air dengan penggunaan mekanik dan register elektronik atau digital.

Cara membaca meter air digital pun cukup mudah, karena hanya ada dua angka yang tertera di layar display-nya. Angka besar di bagian atas menunjukkan jumlah volume air dalam satuan liter/kubik. Sementara untuk angka kecil di bagian bawah, menunjukkan flow rate (kecepatan aliran air).

Jenis-jenis Meter Air Digital

Bagi kamu yang ingin menggunakan meter air digital, berikut ini adalah jenis-jenisnya:

  • Elektromagnetik Meter

Jenis yang satu ini merupakan meter air non-mekanik. Saat pertama kali diciptakan, elektromagnetik meter membutuhkan tenaga yang besar untuk bekerja, sehingga harus menggunakan tenaga pembangkit listrik.

Setelah itu, elektromagnetik meter menggunakan baterai khusus jenis yang kecil. Tingkat akurasi dari jenis meter air digital ini adalah sekitar 0,25 persen.

  • Fluidic Osilasi Meter (Smart Meter)

Fluidic Osilasi Meter (Smart Meter) menunjukkan hasil pengukuran yang lebih valid hingga batas usia meter airnya. Jika tidak ada komponen yang bergerak, meter air jenis ini tidak akan terkena dampak dari beberapa partikel, salah satunya adalah pasir.

Hal itulah yang membuat Smart Meter lebih direkomendasikan dibanding meter air mekanik. Selain itu, Smart Meter juga dilengkapi dengan teknologi canggih dengan tingkat akurasi tinggi, lalu bisa menambah usia meter air hanya dengan mengganti baterainya.

Meteran air digital ini bisa dibaca secara langsung, kemudian bisa juga dalam format Automatic Meter Reading (AMR) dengan teknologi radio frekuensi dan pembacaan otomatis. Teknologi tersebut juga terhubung dengan aplikasi meter air sesuai sistem kode ataupun pulsa.

Uniknya, Smart Meter memungkinkan meternya untuk mendeteksi adanya kerusakan, penggunaan selama 24 jam, waktu pemakaian hingga mengecek status baterai. Sistem di dalam Smart Meter akan memberikan notifikasi usia baterai satu tahun sebelum masanya habis. 

Jika kamu mengganti baterainya secara tepat waktu, maka usia meter air bisa diperpanjang. Jadi, kamu tidak perlu mengganti meter dan nomor serinya.

  • Ultrasonic Meter

Ultrasonic Meter atau Velocity Flow Meter mengukur kecepatan aliran air di saluran terbuka (pipa) untuk menghitung jumlah volume air yang lewat. Keunggulan dari meteran air digital jenis ini adalah sensor ultrasonic yang terdapat di bagian bawah pipa/saluran.

Nantinya, sensor tersebut akan mengeluarkan ultrasonic yang berjalan melalui aliran air, kemudian muncul di permukaan cairan. Kecepatan aliran airnya pun diukur dengan sinyal Doppler Ultrasonic yang memiliki tingkat akurasi sekitar 0,25 persen.

Masih ada beberapa jenis meter air digital lainnya yang harus kamu ketahui. Masing-masing jenis tersebut memiliki cara kerja air flow meter yang berbeda sesuai kebutuhan, yakni:

  • Flowmeter Turbine.
  • Paddle Flow Meter.
  • Woltman Flow Meter.
  • Coriolis Mass Flow Meter.
  • Flowmeter Venturi.
  • Differential Flow Meter.

Khusus air limbah atau lumpur, jenis meter air digital yang cocok digunakan adalah adanya flow sensor dan tidak memiliki komponen yang bergerak. Ada juga water flow sensor yang tidak memiliki kontak langsung dengan liquid.

Jika sudah mengetahui sistem kerja meteran air digital, maka kamu tinggal memilih atau menentukan merek produk yang berkualitas dan sesuai kebutuhan.

Manfaat Menggunakan Meteran Air Digital

Saat ini, meteran air menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Hal itu dikarenakan kamu bisa saja kekurangan air, lalu membutuhkan meter air. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika mengetahui prinsip kerja meteran air:

  • Pemeliharaan Air

Meteran air digital bisa membuat kamu menghemat pemakaian air di rumah. Umumnya, meteran air mekanik hanya merekam pemakaian volume air selama tagihan kamu belum keluar pada bulan itu. Sementara itu, meteran air digital bisa mengontrol pemakaian air di rumah tanpa batas.

Nantinya, kamu bisa melihat kenaikan jumlah pemakaian air secara langsung. Selain itu, kamu juga sama saja mengurangi pemborosan air. Kenaikan tersebut bisa saja terjadi karena adanya kebocoran pipa. Dengan begitu, kamu hanya perlu menggunakan jasa tukang ledeng untuk mengatasi hal tersebut.

  • Menghemat Pengeluaran

Meter air digital juga bisa menghemat pengeluaran kamu. Jika memasang alat tersebut, maka nantinya kamu bakal mendapatkan tagihan berat per bulannya. Kamu juga sama saja meminimalisir pemborosan air di rumah.

  • Pembacaan Meter Lebih Akurat

Alat ini menawarkan pembacaan yang akurat dibanding meteran air mekanik. Jika kamu memasang meteran air digital, maka hanya akan ditagih untuk jumlah pemakaian air setiap bulannya.

  • Menghindari Produk yang Tidak Berkualitas

Ternyata, masih banyak orang yang menggunakan meteran air digital yang kurang berkualitas. Kamu bisa mencegah hal tersebut dengan memilih perusahaan meteran air yang terpercaya.

Pada industri manufaktur, minyak dan gas (migas), perhotelan, pertambangan hingga rumah sakit, meteran air dikelompokkan berdasarkan jenis cairan dan proses kerjanya, yaitu:

  • Meter air PDAM.
  • Flow meter air hasil limbah.
  • Flow meter air lumpur.
  • Flowmeter air panas.
  • Flowmeter raw meter.
  • Flowmeter air bersih.
  • Flow meter food and beverages (F&B).

Jenis cairan di atas memiliki cara kerja dan jenis meteran air yang berbeda. Sebab, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri. Elektromagnetik meter cukup banyak digunakan, karena tingkat akurasinya lumayan tinggi dan harganya tidak terlalu mahal.

Secara garis besar, hampir seluruh jenis meteran air bisa digunakan dalam aplikasi flow meter dengan penggunaan dasar air. Namun, jenis flow meternya sendiri tetap harus dipertimbangkan agar sesuai dengan aplikasi yang kamu butuhkan, mulai dari tingkat akurasi, biaya perawatan, dan harga flow meter.

Tips Memilih Meteran Air Digital

Pastikan kamu tidak asal memilih produk meter air digital. Saat memilih meter air digital, sebaiknya kamu memperhatikan kualitasnya, yaitu:

  • Terbuat dari material yang bagus, anti karat, tahan lama, tidak beracun, awet, dan tidak terpengaruh temperatur air.
  • Memiliki pelindung alat penunjuk meteran tembus pandang yang terbuat dari kaca, kemudian dilengkapi pengaman.
  • Dilengkapi dengan anti magnet pada bagian kedap air.
  • Konstruksi atau susunan mesti dirancang sedemikian rupa, karena supaya lebih mudah saat bongkar pasang.
  • Memenuhi standar layanan simulasi, Q3, dan Q4.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara kerja meteran air digital yang harus kamu ketahui. Pastikan produk meter air yang kamu pilih sangat berkualitas dan tidak cepat rusak. 

Kami, PT Ferindo Energi Instrumen, menjual berbagai macam meteran air dan flow meter solar sesuai kebutuhan anda. Kami juga siap bantu kalibrasi meter anda maupun servicing flow meter anda.