Mengenal Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakan Flow Meter Solar

Diposting pada 30 April 2021

Flow meter merupakan sebuah alat yang Anda perlukan untuk menghitung kecepatan aliran cairan. Alat ini sangat Anda butuhkan dalam banyak bidang usaha termasuk bidang industri. Jenis flow meter yang paling banyak digunakan adalah flow meter solar untuk menghitung aliran solar pada mesin.

Flow meter solar ini mempunyai peran yang sangat penting dalam sebuah industri. Apa saja kegunaannya dan kenapa Anda harus menggunakan flow meter dalam usaha industri Anda? Simak penjelasannya hanya di sini.

Pengertian dan Cara Kerja Flow Meter Solar


Flow meter secara sederhana merupakan alat untuk mengukur debit aliran baik benda gas, padat, maupun cair. Tidak hanya menghitung debitnya saja tapi jumlah benda yang mengalir melalui alat ini.

Seperti namanya flow meter solar adalah  jenis flow meter yang khusus untuk menghitung debit solar. Alat ini sebenarnya biasa Anda lihat ketika mengisi bensin di SPBU.

Flowmeter yang ada di SPBU menghitung jumlah bahan bakar yang dikeluarkan dan harganya. Jenis flow meter yang ada di SPBU adalah flow meter digital yang termasuk salah satu jenis flow meter modern. Tidak hanya di SPBU flow meter untuk solar juga banyak digunakan dalam berbagai industri.

Bagaimana sebenarnya prinsip kerja dari flow meter ini? Secara sederhana cara kerja flow meter solar adalah mengukur kecepatan debit solar dan menghitungnya secara akurat.

Pada awalnya flow meter hanya menggunakan teknologi kincir yang sederhana. Namun seiring berkembangnya teknologi sekarang ini sudah banyak flow meter digital yang lebih canggih. 

Keuntungan Menggunakan Flow Meter Solar Untuk Industri

Flow meter solar sangat Anda butuhkan untuk Anda yang usahanya bergerak dalam bidang industri. Dengan menggunakan flow meter ada banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan, di antaranya yaitu :

  • Dapat Membantu Untuk Menentukan Biaya Produksi

Fungsi flow meter solar yang pertama adalah dapat membantu Anda dalam menentukan biaya produksi. Dengan flow meter Anda bisa mengetahui banyaknya solar yang Anda butuhkan dalam sebuah produksi. Tentu saja nantinya penentuan biaya produksi akan lebih akurat.

Biaya produksi yang lebih akurat tentu akan membantu Anda dalam mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tidak salah jika flow meter ini sangat recommended untuk Anda yang ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis Anda.

  • Membuat Pengisian Tangki Solar Menjadi Transparan

Menggunakan flow meter juga bisa membantu Anda untuk menghindari kecurangan pada saat pengisian tangki solar. Flow meter akan membaca seberapa banyak solar yang dimasukkan ke dalam tangki. Tidak hanya itu, flow meter juga bisa mencatat banyaknya pemakaian solar pada mesin tersebut.

Transparansi ini akan membuat Anda lebih mudah dalam hal pengecekan dan monitoring mesin Anda. Biaya produksi juga bisa Anda stabilkan dengan adanya transparansi ini.

  • Dapat Digunakan Untuk Mengecek Sisa Solar Dalam Tangki

Keuntungan terakhir yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan flow meter ini adalah bisa membantu cek sisa solar dalam tangki. Menggunakan flow meter solar Anda bisa langsung tahu sisa dari solar dalam tangki hanya dengan melihat indikatornya saja.

Karena pentingnya flow meter dalam kegiatan industri Anda maka Anda harus memilih flow meter yang terbaik. Untuk mendapatkan flow meter solar terbaik tentu Anda harus memilih toko yang tepat bukan?

Bagi Anda yang sedang mencari flow meter solar yang terbaik, anda bisa mendapatkannya lewat PT Ferindo Energi Instrumen.  Anda akan mendapatkan flow meter terbaik yang sesuai dengan kebutuhan pabrik atau perusahaan Anda.