Meteran Air Putar Tidak Bisa Berhenti, Coba Lakukan Hal Ini!

Diposting pada 9 September 2020


Bagi kamu yang merasa tagihan air membengkak, mungkin dikarenakan
meteran air putar tidak bisa berhenti. Padahal, jumlah pemakaian volume air di rumahmu tidak melebihi batas wajar.

Sebenarnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut. Umumnya, hal tersebut dikarenakan adanya kebocoran pada pipa atau saluran air. Meteran air sendiri merupakan alat pengukur jumlah volume air yang mengalir di saluran pipa.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti sensor, indikator pendorong sistem kerja alat, dan penghitung. Seluruh rumah atau bangunan pastinya memiliki saluran air PDAM yang terdapat meter air.

Jika ingin mengajukan komplain, maka sebaiknya periksa terlebih dahulu saluran air di rumah. Mengingat hal itu, bisa saja ditemukan adanya kebocoran pada saluran pipa setelah meteran air. Maka dari itu, air akan terbuang secara percuma dan tagihan tetap ditujukan kepada kamu.

Jadi, kamu bisa mengecek dan mengetahui penyebab meteran air jalan terus. Selain itu, kamu dapat mendeteksi adanya air yang merembes di dalam bangunan.

Mengapa Putaran Meter Air Tidak Bisa Berhenti?

Cara mudah untuk mengetahui penyebab putaran meteran air tidak bisa berhenti adalah memastikan seluruh keran di rumah dalam keadaan tertutup, lalu perhatikan juga meteran air yang berada di depan rumah. Berikut ini adalah cara mengecek kebocoran yang ada:

  • Matikan semua keran di rumah, seperti mesin cuci, wastafel, dan kamar mandi.
  • Perhatikan meter air dan catat angka pemakaian terakhir dengan lengkap.
  • Biarkan semua keran tertutup sekitar satu jam.
  • Selanjutnya, perhatikan meteran air dan catat angka pemakaiannya. Jika angkanya lebih besar, maka bisa dipastikan bahwa sambungan meteran air mengalami kebocoran.

Kebocoran pipa memang sering terjadi, karena pelampung yang ada di dalam tandon tidak berfungsi, sehingga pemakaian volume air menjadi cukup tinggi. Jika terjadi kerusakan, maka perbaikan untuk kebocoran sambungan air merupakan tanggung jawab kamu.

Hal itu dikarenakan PDAM hanya bertanggung jawab hingga batas meter air saja. Jika titik kebocorannya ditemukan sebelum meter air, maka hal itu masih tanggung jawab pihak PDAM dan kamu tidak akan dikenakan biaya. Jika kebocorannya ditemukan setelah meteran air, maka sudah tanggung jawab kamu.

Selain kebocoran saluran pipa, penyebab dari tagihan air yang membengkak adalah konsumsi air yang kamu gunakan. Biasanya, masih banyak orang yang tidak sadar saat menggunakan air setiap bulan, kemudian melebihi batas pemakaian per kubiknya.

Penyebab dari kebocoran saluran pipa adalah kondisi pipa yang tergerus usia, kualitas pemasangan pipa kurang bagus, dan tekanan air yang cukup besar. Namun, ada saja orang yang baru mengetahuinya setelah membayar tagihan air yang membengkak dari biasanya. 

Tips Mencegah Tagihan Air yang Tinggi

Penyebab meteran air berputar cepat adalah kebocoran pada saluran pipa atau pemakaian volume air yang berlebihan. Berikut ini adalah tips mencegah tagihan air yang membengkak:

  • Menjaga Meter Air Agar Tidak Tertimbun

Usahakan untuk menjaga meter air agar bisa terbaca dengan jelas, kemudian mengurangi kesalahan saat petugas PDAM mencatatnya.

  • Jangan Biarkan Meter Air Terhalang Benda Berat

Jika meter air terhalang oleh benda berat, maka akan menghalangi petugas untuk mencatatnya. Hasilnya pun jadi kurang akurat.

  • Selalu Cek Stand Meter Setiap Bulan

Jangan lupa selalu mengecek stand meter yang tertera di meteran air milikmu. Sebaiknya, kamu langsung memeriksanya saat menerima tagihan air. Jika kamu memeriksa keesokan harinya, nantinya angka meter air sudah bergerak sedikit dari angka yang tertera sebelumnya.

Jika sudah mengetahui penyebab meteran air berputar terus, maka kamu akan jadi lebih mudah dalam memahami fungsinya. Hal itu tentunya bisa membantu kamu untuk menggunakan alat meter air sesuai fungsinya.

Jenis-jenis Meteran Air

Terdapat berbagai jenis meter air yang saat ini beredar di pasaran, yaitu:

  • Positive Displacement

Jenis meter air yang satu ini termasuk ke dalam kategori C dan digunakan untuk pelanggan di industri kecil. Angka meternya didasarkan pada volume ruangan yang sudah ditentukan oleh pabrik dan disebut dengan meter volumetric.

Keunggulan dari jenis meter air ini adalah tingkat akurasinya tinggi, mudah dibaca, dapat dibaca dalam aliran dengan tekanan lemah serta bisa dipasangkan di semua posisi.

Namun, meter air ini cukup sensitif terhadap kotoran dan pasir. Selain itu, positive displacement tidak bisa digunakan pada aliran bertekanan besar. Meteran ini terdiri dari jenis, yakni Nutating Disc Meter dan Oscillating Piston.

  • Non Displacement

Sesuai dengan namanya, meter air ini adalah kebalikan dari positive displacement. Ada beberapa jenis meter air yang termasuk dalam non displacement, yaitu:

  • Velocity Meter

Meter air ini menggunakan laju air untuk menggerakkan mekanik agar terhubung dengan angka register. Volume yang terbaca pada register tersebut adalah hasil perubahan (konversi) dari kecepatan air. Velocity Meter juga terbagi dalam dua jenis, yakni Single Jet dan Multi-jet.

  • Meter Air Turbin

Meter air ini diciptakan oleh Reinhard Woltman dengan beberapa keping kipas. Cara kerjanya sendiri mengandalkan kecepatan air untuk memutar baling yang diteruskan ke register dan dikonversikan dalam bentuk volume.

Meter air Turbin memiliki dua jenis berdasarkan baling-balingnya, seperti meteran vertikal (Woltmag) dan meteran horizontal (Woltex).

Keuntungan Menggunakan Meteran Air

Saat ini, meteran air menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan oleh sebagian besar orang. Hal itu dikarenakan kamu bisa saja kekurangan air, lalu membutuhkan meter air. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang kamu dapatkan jika mengetahui meteran air:

  • Pemeliharaan Air

Meteran air bisa membuat kamu menghemat pemakaian volume air di rumah. Umumnya, meteran air mekanik hanya merekam pemakaian volume air selama tagihan kamu belum keluar pada bulan itu. Sementara itu, meteran air digital bisa mengontrol pemakaian air di rumah tanpa batas.

Nantinya, kamu bisa melihat kenaikan jumlah pemakaian air secara langsung. Selain itu, kamu juga sama saja mengurangi pemborosan air. Kenaikan tersebut bisa saja terjadi karena adanya kebocoran pipa. Dengan begitu, kamu hanya perlu menggunakan jasa tukang ledeng untuk mengatasi hal tersebut.

  • Menghemat Pengeluaran

Meter air juga bisa menghemat pengeluaran kamu. Jika memasang meter air versi digital, maka nantinya kamu tidak mendapatkan tagihan berat per bulannya. Kamu juga sama saja meminimalisir pemborosan air di rumah.

  • Pembacaan Meter Lebih Akurat

Jika kamu memasang meteran air digital, maka hanya akan ditagih untuk jumlah pemakaian air setiap bulannya.

  • Menghindari Produk yang Tidak Berkualitas

Ternyata, masih banyak orang yang menggunakan meteran air yang kurang berkualitas. Kamu bisa mencegah hal tersebut dengan memilih perusahaan meteran air yang terpercaya.

Setelah mengetahui penyebab meteran air putar tidak bisa berhenti, kamu tidak perlu lagi bingung dan khawatir saat tagihan air membengkak. Sebab, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk mencegahnya.

Kami, PT Ferindo Energi Instrumen, siap menyediakan Flow Meter Solar dan Meteran Air dengan kualitas terbaik dan harga kompetitif. Tidak hanya menjual, kami juga menyediakan jasa kalibrasi dan service setiap meter yang anda butuhkan.