Pakai Meteran Air? Ketahui Dulu Fungsi dan Keuntungannya

Diposting pada 19 April 2021

Meteran air merupakan alat pengukur aliran air dari PDAM. Melalui alat ini, kamu bisa mengetahui volume air yang digunakan dan berapa biayanya. Jadi, tagihan PDAM kamu per bulannya berasal dari alat tersebut.

Umumnya, meteran air PDAM digunakan di apartemen dan rumah. Namun, kamu tidak bisa mengotak-atik mekanisme dari alat pengukur air yang satu ini. Sebab, ada fungsi tersendiri yang dimilikinya.

Bagi kamu yang masih belum memahami alat ini, ketahui fungsi dan keuntungannya di bawah ini:


Apa Saja Fungsi Meteran Air?

Meteran air PAM memiliki fungsi yang berbeda, tergantung dari jenisnya. Masing-masing jenis punya beberapa kapasitas, seperti kecil (apartemen dan perumahan), sedang (restoran atau rumah makan), dan besar (pabrik).

  • Menghitung Biaya Produksi

Alat pengukur air ini berfungsi untuk mengetahui penggunaan volume air. Dengan begitu, besar atau kecilnya jumlah air bisa dihitung secara valid. Jadi, PDAM bisa mengontrol penggunaan air.

  • Mengukur Cairan di Industri Makanan

Khusus industri makanan, flow meter dipakai untuk menambah hasil produksinya. Caranya, perusahaan akan menggunakan batching system untuk mengukur jumlah air dalam produksi makanan yang akan dibuat.

  • Mengolah Limbah

Selain itu, alat tersebut juga berfungsi dalam pengolahan limbah. Nantinya, meteran air plastik akan mengukur bahan kimia yang digunakan, seperti flokulan dan koagulan. Setelah itu, biaya pengolahan limbah bisa dijadikan sebagai acuan.

  • Mengecek Kinerja Mesin

Beberapa perusahaan manufaktur juga menggunakan meteran air digital. Alat tersebut digunakan untuk mengetahui mekanisme dan kapasitas pompa, kompresor, dan cooling system. Perusahaan dapat mengetahui adanya kerusakan mesin sejak awal dan menyelesaikannya.

  • Mengontrol Volume Cairan

Flow meter juga berfungsi sebagai pengawas aliran air. Hasil pengukurannya pun bisa berbentuk rekaman, penyimpanan data, dan PLC. 

Keuntungan Menggunakan Flow Meter

Selain memiliki fungsi yang beragam, ada keuntungan yang bisa dirasakan dari penggunaan meteran air PDAM Onda.

  • Menghemat Air

Melalui alat ini, kamu sama saja menghemat penggunaan air. Salah satunya adalah smart flow meter. Nantinya, kamu bisa mencegah pemborosan air yang bisa saja terjadi karena kebocoran pipa. Artinya, kamu sudah menghemat penggunaan air di rumah dengan smart flow meter.

  • Pengeluaran Lebih Hemat

Pengeluaran kamu tiap bulannya jadi lebih hemat. Sebab, kamu tidak akan mendapatkan tagihan yang bengkak setiap bulan. Selain itu, flow meter dapat mengatasi pemborosan air di rumah.

  • Hasil Pengukuran Lebih Akurat

Flow meter menawarkan hasil pengukuran yang cukup akurat. Artinya, kamu hanya ditagih pembayaran sesuai volume air yang digunakan per bulannya. Cara ini cukup ampuh untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi.

  • Terhindar dari Flow Meter Palsu

Masih banyak orang yang menggunakan flow meter palsu atau tidak berkualitas. Kamu bisa mencegah hal ini dengan membeli flow meter di tempat terpercaya dan berpengalaman di bidangnya.

Membeli Flow Meter di Tempat Terpercaya

Jika kalian mencari flow meter berkualitas dengan harga terjangkau, maka Ferindo.id adalah jawabannya. Kami menyediakan berbagai tipe flow meter, mulai dari digital, PDAM hingga solar digital. Lalu, ada berbagai merek flow meter yang bisa kamu pilih.

Kami siap membantu kamu untuk melakukan instalasi flow meter. Harga flow meter yang kamu tawarkan juga cukup terjangkau. Selain itu, kami sering berpartisipasi dalam proyek apartemen hingga pabrik di Indonesia untuk menyuplai flow meter berkualitas.

Penggunaan meteran air menawarkan berbagai keuntungan tersendiri. Untuk mengetahui produk flow meter yang kami jual, kamu bisa cek langsung di sini.