Pengertian dan Fungsi Fuel Flow Meter

Diposting pada 16 November 2021


Fuel flow meter
atau flow meter solar adalah alat untuk mengukur kuantitas bahan bakar yang berpindah selama proses transfer. Hasilnya, bisa dengan mudah memantau penggunaan bahan bakar pada mesin, seperti diesel. Instrumen ini tersedia baik dalam bentuk mekanik maupun digital.

Pemanfaatan flow meter ini begitu beragam, seperti dalam kendaraan, alat berat, atau generator listrik untuk mengukur aliran bahan bakar. Oleh karena itu, begitu konsumsi bahan bakar akan dapat terkontrol secara akurat.

Pada skala industri, instrumen ini digunakan untuk mengukur laju aliran massa atau aliran volumetrik dari minyak dan gas. 

Komponen dan Fungsi Fuel Flow Meter

Pada dasarnya, flow meter solar terbagi menjadi dua komponen utama. Pertama, fuel flow meter sensor. Kedua, flow computer/ transmitter.

Ada beberapa fungsi dari flow meter jenis ini, yang patut Anda ketahui, yaitu:

Monitoring

Flow meter ini mampu memberikan data yang akurat mengenai penggunaan solar. Selain itu, juga berguna untuk memonitor banyaknya konsumsi bahan bakar, ketika mesin sedang dijalankan.

Pemasangan fuel meter bisa menguntungkan pengguna genset, untuk memonitor. Sehingga, mencegah terjadinya konsumsi bahan bakar berlebih, kebocoran tangki, atau bahkan tindakan pencurian solar. 

Multifungsi

Fuel flow meter bisa dimanfaatkan untuk berbagai bidang dan jenis kegiatan. Misalnya:

  • Industri (untuk proses produksi boiler, burner, dan painting)
  • Transportasi (ada di SPBU Pertamina, galangan repair kapal/ speed boat)

Akurasi flow meter ini di rentang antara 0,2% hingga 5% dan tergantung media, suhu, dan penempatanya. Seperti, untuk memantau dalam proses produksi, jenis flow meter harus memiliki keakuratan minimal 1%. 

Sedangkan untuk memantau penggunaan dalam rangka menjaga performa mesin, bisa menggunakan flow meter dengan rentang lebih panjang hingga 5%.

Nah, berikut ini beberapa karakteristik untuk bisa mendapatkan flow meter yang paling sesuai kebutuhan Anda, yaitu:

  • Jenis cairan, seperti solar, minyak, bahan kimia, air, atau yang lainnya
  • Ukuran pipa penampang
  • Target akurasi yang Anda inginkan
  • Temperatur maksimal dan minimal cairan
  • Lokasi pemasangan flow meter
  • Tujuan pemasangan flow meter, seperti untuk mengetahui volume, flow rate, atau sebagai sistem kontrol

Menentukan karakteristik dan jenis flow meter solar yang akan digunakan, sangat penting dilakukan. Oleh karena itu, kami hadir untuk membantu Anda dalam memilih flow meter yang sesuai kebutuhan.

Beli Fuel Flow Meter di Tempat yang Tepat

Ferindo Energi Instrumen, menyediakan produk-produk yang minim maintenance, sehingga cocok untuk investasi Anda hingga beberapa tahun ke depan. 

Ferindo hadir dengan menyediakan berbagai produk flow meter. Di mana sangat cocok untuk penggunaan internal perusahaan sehari-hari dengan kapasitas kecil, menengah, hingga skala besar. 

Berpengalaman selama 16 tahun, Ferindo merupakan supplier flow meter ternama di Indonesia dengan pengalaman selama lebih dari 15 tahun. Setiap flow meter kami, memiliki kualitas yang kompetitif dan harga yang terjangkau.

Keunggulan produk-produk kami adalah memiliki bobot yang ringan, sehingga mudah untuk diaplikasikan di lapangan. Meski memiliki ukuran dan bobot yang kecil, instrumen kami tetap mampu menahan sampai tekanan tinggi. 

Kesimpulan

Memilih fuel flow meter yang tepat bisa menjadi hal terbaik untuk menekan biaya produksi perusahaan Anda. Tapi, jika Anda masih kesulitan untuk memilih, hubungi kami sekarang juga! Kunjungi website Ferindo di sini.