Teknologi Meteran Air Terbaik dan Manfaatnya

Diposting pada 27 May 2020

Meteran air merupakan alat yang dipakai untuk mengukur tingkat konsumsi dan volume air  Anda dapat menemui banyak water meter di hampir semua jaringan dan instalasi pipa, baik di perumahan, hotel, apartemen, serta fasilitas publik lainnya.

Tidak semua produk meteran dapat memberikan hasil pengukuran yang sama akuratnya. Hal ini dipengaruhi oleh teknologi masing-masing produk. Berikut beberapa jenis water meter terbaik untuk kebutuhan Anda:

Positive Displacement Water Meter

Positive displacement merupakan meteran air yang menerapkan sistem sensor untuk mengukur output elektronik, controller, serta sistem akuisisi data. Alat ini cukup unik, sebab akurasi pengukuran sangat dipengaruhi oleh viskositas material yang dimuat.

Untuk akurasi pengukuran, PD meter dapat bekerja sangat baik dengan hasil 0.1% - 0.5% accuracy. Khusus jenis screw meter, bahkan memiliki linearity 0.001% dengan repeatability 0.006%. PD meter juga telah banyak digunakan oleh berbagai lembaga dan industri di seluruh dunia seperti Jepang, Inggris, Belanda, dan Denmark.

Electromagnetic Water Meter

Electromagnetic merupakan jenis meteran air dengan prinsip induksi elektromagnetik, yang mana aliran fluida diukur melalui tegangan medan magnet. Produk flow meter ini sempurna digunakan untuk zat berupa liquid.

Flow meter jenis ini juga dapat mengukur aliran berupa micro flow yang sulit diukur dengan meteran lain. Selain itu, electromagnetic juga memiliki akurasi pengukuran yang sangat baik di level 0.5% - 1% serta low maintenance.

Velocity Water Meter

Meteran air berjenis velocity menggunakan sistem kecepatan aliran yang diubah menjadi volume aliran. Velocity memiliki beberapa tipe yang sering dipakai, yakni multi-jet, turbin, dan baling-baling. Salah satu keunggulan alat ini adalah, data hasil pengukuran dapat langsung dihubungkan ke komputer untuk tipe digital flow meter.

Pada umumnya, produk velocity water meter memiliki working pressure 10 Bar dan mampu bekerja pada aliran air dengan suhu hingga 40 derajat celcius, dan 90 derajat pada kondisi tertentu. Velocity dapat beroperasi dan mengukur data aliran mulai dari 0.08 m/s dengan 1.5% accuracy.

Ultrasonic Water Meter

Meteran air ultrasonik menerapkan prinsip sinyal gelombang untuk mengukur material dalam pipa. Alat ini memiliki akurasi pengukuran rata-rata hingga 1% dan repeatability 0.2%. Salah satu keuntungan memakai tipe ultrasonic adalah adanya sistem anti-intervensi yang sangat baik.

Ultrasonic water meter menerapkan teknologi yang cukup mutakhir. Alat ini memiliki sistem memori otomatis data pengukuran hingga 10 tahun. Pada beberapa produk bahkan dapat melakukan transfer data dari digital ke analog.

Keuntungan Memakai Meteran Air

Fungsi meteran air bukan hanya untuk mengukur aliran dan volumetrik fluida, tetapi juga sebagai perangkat efisiensi biaya produksi. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh industri maupun rumah tangga:

  1. Hemat Anggaran

Alat ini bisa memberikan laporan konsumsi air harian secara real time. Oleh karena itu, Anda dapat memproyeksikan tingkat dan kebiasan pemakaian air. Dengan adanya data yang tepat, Anda juga bisa membuat rencana anggaran yang lebih efisien.

       2.  Manajemen Risiko

Risiko kebocoran pipa atau keran air merupakan penyumbang terbesar kasus over consumption serta sangat membebani keuangan perusahaan maupun rumah tangga. Namun bila Anda memasang water meter, hal ini bisa diantisipasi dengan cepat dengan melacak jaringan dan tingkat konsumsi yang tidak biasa

       3. Konservasi Air

Ini merupakan faktor penting dan telah menjadi isu utama di seluruh dunia. Dengan adanya data yang tepat, Anda akan mengetahui berapa banyak konsumsi air yang harus ditekan demi menjaga keberlangsungan sumber daya alam.