­­Water Meter Amico: Review Fitur, Katalog dan Tips Beli

Diposting pada 25 March 2022
Water meter AMICO sudah jadi merek yang kualitasnya terjamin dan harganya terjangkau. Apa saja fitur dan kelebihannya? 

Water meter AMICO adalah produk meteran air unggulan dan berkualitas dari AMICO asal China. Merek ini telah diterima secara luas di seluruh dunia sebagai water meter yang akurat dan reliable untuk berbagai keperluan.

Mengenal Merek AMICO

AMICO group merupakan perusahaan yang berkantor di Zhejiang, China, dan merupakan pemimpin dari China National Plumbing-valve Association. Perusahaan ini telah bergerak di bidang Hardware & Plumbing selama lebih dari 30 tahun.

Produk-produk AMICO termasuk dalam China Famous Brand, China Top Brand, dan China Most Competitive Product. Penjualannya mencapai 18 juta unit per tahun di seluruh dunia.

Jika Anda membutuhkan meteran air yang berkualitas, awet, dan akurat dengan harga terjangkau, AMICO merupakan merek yang perlu Anda pertimbangkan.

Untuk lebih mengenal tentang produk flow meter AMICO ini, Anda dapat membaca ulasannya di sini. Termasuk jenis, keunggulan atau kelebihannya, katalog produk dan harga, serta tips beli water meter AMICO.

Jenis Water Meter AMICO

AMICO mengeluarkan banyak tipe meteran air yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pasar. Jenis atau tipe water meter AMICO dapat dibedakan berdasarkan beberapa kategori.

Rotary Piston vs Rotary Vane

Penggolongan ini berdasarkan cara kerjanya.

Cara kerja rotary piston water meter menggunakan struktur piston yang naik-turun atau keluar-masuk rongga. Metode ini membuat perangkat tersebut mengukur secara langsung volume air yang lewat sehingga memiliki nama lain volumetric water meter.

Tipe meteran air ini memiliki tingkat akurasi dan presisi yang sangat tinggi, tapi butuh kualitas air yang bagus agar awet dan alirannya lancar.

Di sisi lain, cara kerja rotary vane water meter menggunakan struktur turbin yang berputar mengikuti aliran air.

Metode tersebut membuat perangkat ini mengukur volume air secara tidak langsung dengan cara mengukur kecepatan aliran lalu mengkonversinya ke volume. Itu sebabnya meteran air ini juga sering mendapat sebutan speed water meter.

Tipe ini juga akurat dan memiliki ruang penerapan yang sangat luas sehingga banyak dicari. Penggunaannya antara lain pada perumahan, kios, pabrik, hingga proyek besar.

Single Stream vs Multiple Stream

Sebenarnya ini merupakan penggolongan di bawah tipe speed water meter atau turbine meter. Pembagian ini berdasarkan jumlah aliran air yang masuk melalui inlet meteran.

Single stream berarti aliran yang masuk hanya melalui 1 jalur di dalam perangkat. Akurasinya sangat tinggi, tapi untuk mengukur aliran yang kencang, maka tekanannya dapat membebani komponen dan membuatnya cepat rusak.

Tipe multiple stream memiliki struktur yang berbeda. Alirannya terbagi dalam beberapa jalur terlebih dahulu sebelum masuk ke baling-baling. Ini membuat komponennya lebih awet dan tahan lama, meski akurasinya sedikit di bawah tipe sebelumnya.

Wet Water Meter vs Dry Water Meter

Penggolongan ini berdasarkan tipe counter atau penghitung alirannya.

Wet Water Meter memiliki counter yang terpapar air secara langsung. Ini membuatnya memiliki range flow yang luas dengan aliran minimal mulai dari sangat rendah. Namun, hal ini juga membuat perangkat lebih mudah kehilangan akurasi atau sulit dibaca, terlebih ketika penggunaannya untuk air keruh.

Di sisi lain, Dry Water Meter memiliki counter yang terisolasi dari air. Selain memiliki starting flow yang rendah, pembacaan juga jadi lebih mudah dan perangkat lebih awet. Selain itu, perangkat ini juga tetap efektif meski penggunaanya untuk air keruh sehingga ruang penerapannya bisa lebih luas.

Teknologi terbaru Dry Water Meter menggunakan vacuum sealed atau special liquid. Tujuannya adalah untuk mencegah pengembunan dalam rongga pointer atau pembekuan saat musim dingin yang dapat mempengaruhi pembacaan dan merusak komponen.

Reading Indication Mode

Penggolongan berdasarkan cara membaca meteran air AMICO terbagi atas tipe pointer, word wheel, dan kombinasi keduanya.

Tipe pointer menggunakan jarum yang menunjukkan seberapa cepat aliran atau volume air yang lewat. Adapun word wheel type menggunakan roda angka seperti layaknya pengukur jarak pada speedometer motor.

Selain itu, ada juga kombinasi dari keduanya yang menggunakan baik jarum maupun roda angka.

Horizontal vs Vertical

Mungkin Anda sudah menduga bahwa penggolongan ini berdasarkan letak pemasangannya pada saluran pipa.

Tipe horizontal berarti pemasangannya pada pipa yang membujur secara horizontal. Sedangkan vertical type berarti perlu terpasang pada pipa yang membujur ke atas-bawah atau vertikal.

Residential Water Meter


Istilah ini merujuk kepada meteran air yang sering dipasang pada perumahan atau pemukiman. Biasanya, residential water meter menggunakan meteran air dengan ukuran DN40 ke bawah.

DN40 berarti diameter nominal dari meteran tersebut adalah 40 mm. Ini setara dengan ukuran pipa 1 ½ inchi. Jadi, ini merupakan penggolongan berdasarkan ukuran lebar penampang pipa.

Konversi ukuran untuk pipa perumahan dapat Anda lihat di tabel berikut.


Residential water meter tak hanya perlu akurat, tapi juga awet, mudah dipasang, dan tahan lama tanpa perlu perawatan yang sering.”

Katalog Water Meter AMICO

Berikut adalah daftar katalog meteran air AMICO untuk berbagai jenis dan tipe water meter.

Volumetric Rotary Piston Water Meter

 

Menggunakan metode pengukuran berbasis piston, meteran air ini memiliki akurasi dan presisi yang tinggi.

Body terbuat dari stainless steel yang cantik dengan kualitas material yang tinggi serta sudah vacuum sealed.

Tersedia pula pilihan untuk pengukuran air panas dan remote reading transmission.

Rotary Vane Water Meter

 

Menggunakan struktur baling-baling, meteran ini akurat, awet, dan pemasangannya mudah sehingga sangat cocok untuk perumahan.

Bahannya kuat dengan tampilan yang cantik.

Tersedia pula opsi untuk pengukuran air panas/dingin, pointer/numeric, liquid/dry dial, berbahan baja atau kuningan, serta horizontal dan vertikal.

Woltman Water Meter

 

Water meter dengan liquid sealed yang cocok untuk pembacaan di negara-negara dengan musim dingin.

Bahan kuat dan berkualitas dengan tampilan yang cantik.

Tersedia versi detachable yang bisa dicopot sementara untuk perawatan tanpa mencopot sambungan pipanya.

Remote Reading Water Meter

 

Water meter dengan sensor dan sinyal fotoelektrik untuk pembacaan jarak jauh sehingga sangat cocok untuk yang menggunakan stasiun terpusat.

Bahan kuat dan berkualitas dengan tampilan cantik serta sudah antimagnet.

Tersedia pilihan untuk pengukuran air panas/dingin, liquid/ dry dial, horizontal/vertikal serta tambahan fitur remote + direct reading.

Penggolongan katalog water meter AMICO bukanlah pembagian yang terpisah, tapi bisa merupakan kombinasi. Contohnya tipe LXSZ yang menggunakan struktur rotary vane dengan pembacaan liquid type dan  kombinasi direct + remote reading.

Tips Memilih Water Meter untuk Kebutuhan Anda

Dengan adanya berbagai jenis dan tipe water meter, tentunya Anda perlu mempertimbangkan meteran air seperti apa yang Anda butuhkan. Terutama untuk pemakaian di kompleks perumahan, pabrik, atau perkantoran dengan kondisi dan karakteristik seperti di Indonesia.

Pertimbangan ini akan membantu Anda untuk memilih water meter yang akurat dan stabil serta awet meski setelah pemakaian belasan atau puluhan tahun.

Berbahan Anti Korosif dan Anti Karat

Ini merupakan syarat wajib bagi semua komponen dalam sistem perpipaan, terutama yang berhubungan dengan air bersih. Meski jarang terjadi korosi karena sistem air bersih biasa sudah tersaring, tapi hal ini tetap dibutuhkan untuk kesehatan.

Jangan ragu untuk menanyakan dan meminta bukti kualitas dari penjual, terutama kemampuan anti korosi dan anti karatnya.

Biasanya, walau bagian luar berupa plastik berdensitas tinggi atau logam, bagian dalamnya menggunakan lapisan epoxy. Ini untuk mendapatkan efek anti korosi dan anti karat.

Gunakan Rotary Vane atau Turbin untuk Aliran yang Cepat

Arus air di pipa Indonesia tergolong cepat atau kencang. Untuk itu, penggunaan rotary vane water meter akan lebih efektif. Selain tingkat obstruksinya lebih kecil dari tipe piston, jenis ini juga tak butuh kualitas air yang harus terbaik.

Selain itu, harganya juga lebih murah. Untuk pengukuran aliran air perumahan atau industri, ini akan lebih ekonomis dan efisien.

Pilih Multiple Stream Agar Awet

Dengan arus air yang terbilang kencang di sistem perpipaan Indonesia, water meter dengan multiple stream adalah pilihan terbaik. Ini akan memperkecil tekanan yang masuk ke perangkat sehingga membuat alat ukur aliran air Anda lebih awet.

Selain itu, akurasinya pun tetap tinggi, meski beda hanya no koma sekian persen. Dengan demikian, hitungannya akan lebih hemat untuk penggunaan jangka panjang.

Dry Water Meter Lebih Baik

Sebagai negara yang berada di iklim tropis, hujan dan panas yang saling bergantian dapat mempersulit pembacaan jika menggunakan wet type water meter. Maka dari itu, dry type water meter adalah pilihan yang lebih baik.

Tak harus yang menggunakan special liquid seperti di negara-negara Eropa yang memiliki musim salju. Selain harganya cukup lumayan, Indonesia juga tidak pernah mengalami musim salju yang membekukan.

Untuk itu, dry type water meter standar dengan vacuum sealed sudah cukup dan lebih ekonomis.

Utamakan yang Sudah Anti Magnetik

Sebagian komponen water meter seperti counter atau pointer terbuat dari logam anti karat yang dapat terpengaruh oleh magnet. Tak jarang, ini memunculkan niat buruk untuk memanipulasi penghitungan dan pembacaan water meter.

Oleh karena itu, usahakan untuk memilih water meter yang sudah memiliki fitur anti magnet. Fitur ini akan memblok gaya magnet sehingga penghitungan meteran air tidak dapat terpengaruh oleh gaya magnet dari luar.

Memilih water meter sesuai kebutuhan akan membuat proyek Anda lebih efektif, efisien, dan ekonomis.


Keunggulan Water Meter AMICO

Dengan dasar pertimbangan di atas, menggunakan water meter AMICO adalah pilihan yang sangat bijak.

Ada alasan kenapa permintaan terhadap meteran air dari AMICO begitu tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain karena harganya yang kompetitif, water meter buatan AMICO juga memiliki kualitas tinggi dan spesifikasi yang mumpuni.

Sertifikasi ISO 4064

ISO 4064 adalah sertifikasi internasional yang mengukur standarisasi kualitas atas produk water meter air panas maupun dingin. Ada 1-6 standar yang tersusun atas berbagai parameter penting tentang standar water meter.

Semua produk AMICO Water Meter telah teruji dan tersertifikasi ISO 4064 sehingga kualitasnya terjamin dari segi akurasi dan reliabilitasnya.

Berlapis Epoxy Kuat

Bagian dalam meteran air AMICO telah menggunakan lapisan epoxy kuat yang kokoh dan tahan terhadap abrasi dan oksidasi. Tak hanya membuat perangkat awet, ini juga menjamin kualitas air tetap terjaga karena terhindar dari risiko perkaratan.

Teknologi Anti-Magnetik

Terkadang ada pihak tidak bertanggung jawab yang mencoba memanipulasi counter untuk keuntungan pribadi. Kabar baiknya, AMICO water meter telah tersemat teknologi anti magnetik.

Ini membuat counter tidak bisa mendapatkan pengaruh dari luar sehingga lebih aman dan stabil. Jadi, tak perlu khawatir timbul kecurangan terhadap pembacaan.

Awet dengan Multiple Stream

Dikonfigurasi khusus untuk mengukur aliran air di perumahan, water meter AMICO menggunakan struktur multiple stream yang membagi arus masuk lewat inlet.

Ini membuat perangkat tersebut mampu mengakomodasi aliran air yang kencang sekalipun dengan tetap mempertahankan keawetan komponen. Meteran air Anda pun bisa bertahan belasan atau puluhan tahun tanpa perlu penggantian.

Lebih Mudah Dibaca dengan Dry Type

Sebagian besar produk meteran AMICO menggunakan tipe Dry Water Meter untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pembacaan.

Lebih lagi, sebagian sudah menggunakan teknologi vacuum sealed maupun special liquid yang mencegah pengembunan atau freezing saat musim dingin.

Meski demikian, untuk penggunaan di Indonesia, Dry type water meter standar juga sudah mumpuni karena tidak ada musim dingin yang membekukan di Indonesia.

Dengan semua keunggulan tersebut, water meter AMICO sangat cocok untuk penggunaan di Indonesia. Terlebih, produk meteran air AMICO memiliki range ukuran yang sangat luas, dari DN15 (1/2 inchi) sampai 10 inchi sehingga serbaguna untuk berbagai kebutuhan.

Hati-Hati dengan Water Meter AMICO Palsu

Kualitas meteran air dari AMICO yang tinggi membuat merek ini menjadi TOP BRAND di negaranya maupun pasar internasional. Konsekuensinya, tentu ada saja pihak tak bertanggung jawab yang memasarkan produk water meter menggunakan brand AMICO palsu.

Untuk itu, pastikan Anda mendapatkan produk-produk ini melalui distributor water meter AMICO resmi atau asli. 

Jangan ragu untuk menanyakan keaslian barang kepada penjual jika Anda merasa ragu-ragu. 

Pastikan Anda membeli dari supplier water meter AMICO seperti FERINDO. PT Ferindo Energi Instrumen ditunjuk langsung oleh AMICO China sebagai authorized genuine water meter AMICO supplier di Indonesia sejak 2019.

Kami tak hanya sekadar menjual, tapi juga menyediakan dukungan konsultasi spesifikasi, instalasi, kalibrasi, hingga troubleshooting. Dapatkan water meter AMICO asli beserta dukungan lengkap dari FERINDO untuk bisnis dan kebutuhan Anda.