Amico Rotary Piston: Cara Kerja dan Kelebihannya

Diposting pada 27 February 2023


Amico rotary piston
adalah salah satu jenis alat untuk mengukur volume air yang mengalir melewati pipa. Meteran air tipe ini sering ditemui di perumahan maupun gedung bertingkat. Karena alat ini dapat mengukur debit air secara langsung, rotary piston juga populer dengan nama meteran air volumetrik.

Sebagai produsen meteran air ternama Amico memiliki berbagai tipe meteran air unggulan. Salah satunya adalah Amico water meter rotary piston. Lantas apa saja keunggulan dan bagaimana cara kerja dari meteran air ini? Inilah penjelasan lengkapnya.

Cara Kerja Meteran Air Rotary Piston

Penggunaan meteran air berhubungan erat dengan jumlah tagihan air di rumah Anda setiap bulannya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan meteran air yang akurat seperti Amico water meter. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol penggunaan air dan mendeteksi adanya kebocoran pada pipa.

Meteran air dengan sistem rotary piston adalah pilihan yang tepat untuk rumah Anda. Ini karena alat pengukur aliran ini memiliki tingkat kesalahan pengukuran yang rendah, yakni hanya 0,5%. Jadi, alat ini mampu menunjukkan total volume air yang Anda gunakan di rumah secara presisi.

Cara kerja water meter Amico rotary piston ini sederhana. Mekanisme alat ini bekerja ketika air mengalir melewati meteran, air tersebut akan menggerakkan struktur piston. Lalu, alat tersebut mampu mengukur volume air yang mengalir tersebut secara langsung.

Aliran air pada pipa akan membuat piston berputar dan mendorong air ke ruang pengukuran. Setiap perputaran piston volume air dalam ruang akan didorong keluar. Pada saat tersebut, alat akan menghitung volume air.

Anda dapat memasang meteran air jenis ini pada posisi vertikal maupun horizontal. Posisi pemasangan tidak akan berpengaruh terhadap tingkat akurasi meteran air. Dengan mekanisme yang sederhana, alat ini mempunyai ketahanan dan performa yang baik.

Keunggulan Meteran Air Rotary Piston


Sebagai Amico water meter distributor, kami sangat merekomendasikan meteran air ini. Hal ini karena alat tersebut memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan tipe lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari meteran air volumetrik.

1. Tingkat Akurasi Tinggi

Salah satu keunggulan meteran air rotary piston adalah pengukurannya yang akurat. Tingkat kesalahan alat ini kurang lebih hanya 0.5%. Sedangkan tingkat kesalahan meteran air yang menggunakan mekanisme kecepatan atau rotary vane bisa mencapai 2%.

2. Instalasi Mudah

Anda dapat memasang meteran air ini dengan mudah. Selain itu, alat pengukur aliran air ini cocok untuk semua kondisi pipa. Anda dapat memasangnya secara vertikal maupun horizontal sesuai kebutuhan. Tipe pemasangan ini tidak akan mempengaruhi hasil pengukuran.

3. Performa Baik dan Tahan Lama

Meteran air Amico memiliki performa yang cukup baik. Tidak hanya itu, alat ini juga awet karena menggunakan sistem dry-dial dan multi-jet

Sistem dry dial adalah memisahkan counter dan water chamber. Dengan begitu air tidak akan bisa masuk ke counter. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membaca hasil penghitungan.

Sementara itu, sistem multi-jet artinya air mengalir melewati beberapa titik. Hal tersebut bisa membuat alat menjadi awet karena baling-baling tidak mudah keropos.

Itulah beberapa keunggulan dari meteran air yang mengadopsi sistem rotary piston. Akan tetapi sistem ini juga memiliki satu kelemahan. Sebaiknya Anda menggunakan alat ini untuk mengukur volume aliran air dengan kualitas yang baik.

Hal ini karena pasir atau elemen lain dalam air dapat menyumbat piston utama. Sehingga alat ini dapat mudah aus dan rusak.

Setelah mengetahui cara kerja dan kelebihan Amico rotary piston, pasti Anda tertarik untuk menggunakan meteran air ini. Untuk itu, Anda bisa mengunjungi katalog water meter amico untuk memilih produk sesuai kebutuhan Anda.

Referensi:

https://www.ferindo.id/blog/water-meter-amico-review-fitur-katalog-dan-tips-beli_116.html

https://id.emiwatermeter.com/volumetric-rotary-piston-water-meter_p64.html

https://id.jbwatermeter.com/info/how-to-compare-and-select-rotary-vane-wheel-wa-56395966.html

https://id.emiwatermeter.com/volumetric-piston-water-flow-meter_p68.html

https://blog.indonetwork.co.id/cara-kerja-water-meter/