Kalibrasi Adalah – Mengenal Pentingnya Kalibrasi untuk Flow Meter

Diposting pada 20 September 2022


Melihat dari sisi teknologi dan metrologi,
kalibrasi adalah perbandingan dari nilai suatu benda menurut suatu alat dengan standar akurasi. Melakukan hal ini akan membantu Anda mengeliminasi faktor-faktor yang menyebabkan pengukuran yang tidak akurat. 

Tentu saja, memastikan bahwa alat ukur Anda bekerja secara optimal adalah hal yang cukup fundamental. Ada beberapa prosedur dan cara kalibrasi yang bisa Anda pilih, tergantung instrumen pengukur dan tujuan dari pengukuran itu sendiri. 

Namun apapun instrumen ukur yang Anda gunakan atau prosedur yang Anda pilih, segala metode kalibrasi pasti melibatkan suatu alat yang disebut dengan kalibrator. 

Artikel ini menyajikan informasi tentang kalibrasi, terkhusus untuk flow meter. Selain itu, Anda juga akan menemukan tips penting untuk memilih flow meter yang tepat untuk kebutuhan Anda

Apa Itu Kalibrasi?

Kalibrasi merupakan suatu proses yang harus Anda lakukan untuk menjaga akurasi dari suatu instrumen ukur. Melakukan kalibrasi memungkinkan Anda untuk mengetahui hasil ukur dari suatu alat ukur, sehingga Anda bisa menentukan apakah alat ukur tersebut masih akurat atau tidak. 

Tentu saja akurasi ini mengacu pada standar nasional maupun internasional. Apabila akurasi pada instrumen ukur menunjukkan penyimpangan maka kualitas produk pun akan terbengkalai. 

Kalibrasi pun tidak bisa dilakukan di sembarang tempat karena ada syarat dan prinsip yang harus Anda ikuti. Selain teknisi atau operator harus memiliki sertifikat, lingkungan untuk melakukan kalibrasi pun harus terkondisikan sedemikian rupa.

Apa Saja Manfaat dan Tujuan Kalibrasi?

Pada dasarnya, kalibrasi alat adalah suatu keharusan dan sebaiknya dilakukan setiap dua tahun sekali. Hal ini untuk memastikan bahwa produk yang perusahaan Anda jual tetap terjamin kualitasnya. Selain itu, hal ini juga membantu proses produksi di perusahaan berjalan optimal. 

Berikut ini adalah beberapa tujuan dan fungsi kalibrasi yang perlu Anda ketahui.

1. Menghindari Resiko Kecelakaan Kerja

Pada dasarnya, kalibrasi perlu diterapkan untuk berbagai lingkungan kerja. Ketika alat ukur tidak bekerja dengan optimal maka lingkungan kerja pun bisa berubah menjadi tidak nyaman. 

Misal, kualitas penerangan yang buruk dan polusi suara di pabrik. Apabila alat ukur kebisingan dan intensitas cahaya tidak dapat bekerja dengan optimal maka bukan tidak mungkin jika pekerja pun merasa tidak nyaman. Oleh karena itu kalibrasi sangat diperlukan.

2. Menjaga Alat Ukur dalam Kondisi Optimal

Alat ukur telah dirancang dan dibuat sedemikian rupa agar dapat bekerja optimal. Namun karena satu dan lain hal kemampuan alat tersebut menurun – biasanya disebabkan oleh masa pakai dan faktor eksternal lainnya. 

Apabila Anda melakukan kalibrasi secara berkala dan rutin maka alat ukur tidak perlu mengalami penurunan kualitas kerja. Pada dasarnya, mengkalibrasi adalah salah satu cara untuk menghindari kerusakan perangkat pada alat ukur yang Anda gunakan.

3. Kualitas Produk Tetap Terjaga

Bisakah Anda bayangkan apa yang terjadi jika alat ukur tidak bekerja dengan optimal? Tentu hal tersebut akan membawa kerugian terhadap perusahaan Anda. 

Apabila penyimpangan yang terjadi cukup besar maka kualitas produk pun akan terpengaruh. Oleh karena itu Anda sebaiknya melakukan kalibrasi secara rutin untuk meminimalisir penyimpangan pengukuran akibat alat yang tidak bekerja secara optimal.

4. Akurasi Hasil Ukur Bisa Dipertanggungjawabkan

Seperti yang berulang kali kami sebutkan di artikel ini, kalibrasi sebaiknya melibatkan pihak profesional. Hal ini memang tidak sebaiknya Anda lakukan sendiri – menunjuk laboratorium legit adalah keputusan yang tepat. 

Bekerjasama dengan laboratorium kalibrasi atau pihak kompeten lainnya akan memastikan bahwa alat ukur Anda berada di kondisi prima. Selain itu, proses kalibrasi pun harus mengacu pada standar internasional atau SSI.

Prosedur Kalibrasi

Setiap sistem tentu memiliki prosedur – hal ini juga berlaku untuk kalibrasi, baik untuk flow meter maupun alat lainnya. Agar kalibrasi berjalan lancar, maka ada prinsip dasar dan syarat yang harus Anda penuhi. 

Selain memastikan bahwa operator atau teknisi memiliki sertifikat, kalibrasi harus dilakukan di lingkungan tertentu. Simak penjelasan kami berikut ini.

Prinsip Dasar dan Syarat Kalibrasi

Setidaknya ada tidak prinsip yang perlu Anda penuhi sebelum melakukan kalibrasi, terlepas alat ukurnya. Prinsipnya adalah sebagai berikut.

  • Obyek ukur dan standar ukur harus mengacu pada standar satuan internasional atau SSI.
  • Kalibrasi harus melibatkan teknisi atau operator dengan sertifikat resmi.
  • Lingkungan terkondisikan dengan baik. Hal ini penting karena beberapa alat kalibrasi sangat sensitif dengan perubahan suhu, tekanan udara, dan lain sebagainya yang ada di lingkungan.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa alat kalibrasi dalam kondisi optimal dan baik – tidak rusak.

Berbagai Jenis Kalibrasi yang Perlu Anda Ketahui

Ada cukup banyak macam kalibrasi yang Anda temui saat ini. Namun setidaknya ada enam jenis kalibrasi yang populer di masyarakat. Simak penjelasan berikut ini.

1. Kalibrasi Aliran

Peralatan yang bertugas mengukur laju aliran akan memerlukan jenis kalibrasi yang satu ini. Cepat-lambatnya aliran tentu sangat bergantung pada cairan tertentu yang bergerak melewati lubang, kapal, atau pipa pada suatu waktu. 

Kalibrasi aliran ini cukup umum untuk peralatan pengukur turbin, rotameter, pengukur aliran laminar, dan lain sebagainya.

2. Kalibrasi Tekanan

Jenis yang satu ini seringkali dimanfaatkan di berbagai industri untuk mengukur tekanan hidrolik dan gas. Hal ini penting untuk pabrik dan industri lainnya karena untuk memantau keselamatan dan produktivitas kerja. 

Barometer dan transduser hanyalah sedikit dari contoh alat yang bisa menggunakan kalibrasi tekanan untuk memastikan kapabilitas dan akurasi alat tersebut.

3. Kalibrasi Listrik

Sesuai namanya, jenis yang satu ini berguna untuk mengkalibrasi alat ukur dengan parameter listrik – meliputi resistansi, arus, tegangan, frekuensi, dan lain sebagainya. 

Untuk menjalankan evaluasi ini, kalibrasi harus melibatkan kalibrator presisi yang disebut dengan UUT. Beberapa alat kelistrikan yang memerlukan kalibrasi di antaranya adalah meteran listrik, pencatat listrik, penghitung frekuensi, dan lain sebagainya.

4. Kalibrasi Suhu

Beberapa industri sangat bergantung dengan proses pembacaan suhu. Oleh karena itu, beberapa industri tersebut memerlukan kalibrasi suhu – yang mana harus mengkondisikan lingkungan sedemikian rupa. 

Kamera thermal, meteran infrared, dan termometer panggil adalah beberapa alat yang memerlukan kalibrasi suhu. Kalibrasi pun hanya dapat dilakukan dengan membandingkan suhu yang sesuai standar di lingkungan buatan dengan probe yang diuji.

5. Kalibrasi Mekanis

Kalibrasi juga perlu dan krusial untuk peralatan ukur yang menggunakan cara konvensional. Tujuannya pun sama, yaitu untuk menjaga performa alat dalam kondisi optimal. Cara kalibrasinya pun relatif lebih sederhana daripada tipe lainnya. 

Beberapa instrumen yang biasanya memanfaatkan cara ini adalah timbangan, mikrometer, kunci pas dan obeng torsi, pengukur tinggi, dan lain sebagainya.

6. Kalibrasi Pipet

Anda mungkin sering menjumpai piper di laboratorium. Nah, tipe kalibrasi yang satu ini memang khusus untuk pipet dan alat lain yang ada di laboratorium. 

Mulai dari pipet manual hingga elektronik, semuanya harus mengalami kalibrasi secara berkala – dan sesuai prosedur. Hal ini penting untuk memastikan bahwa pipet memiliki tingkat akurasi yang sesuai dengan spesifikasi awal.

Apa Itu Flow Meter?


Istilah flow meter tentu sudah tidak asing untuk Anda yang bekerja di industri. Bahkan Anda bisa menemui alat ini di peralatan rumah tangga. Seringkali alat ini digunakan untuk mengukur aliran air, tekanan gas, dan lain sebagainya. Namun di dunia industri, flow meter tidak hanya untuk mengukur laju aliran air.

Untuk penggunaan rumah tangga sendiri, water meter menjadi salah satu alat yang setiap hari bekerja. Apabila terjadi penurunan performa maka tagihan bulanan yang Anda bayarkan pun akan melonjak. Maka dari itu, Anda perlu segera melakukan kalibrasi meter air dengan jasa profesional.

Tips Memilih Flow Meter

Membeli flow meter tentu tidak bisa Anda lakukan dengan sembarangan karena tidak semua flow meter memiliki kualitas yang sama. Oleh karena itu, pastikan Anda telah menimbang-nimbang beberapa faktor sebelum akhirnya menentukan pilihan pada satu merek. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli flow meter.

  • Pertama, pastikan jenis fluida yang akan Anda ukur. Ingat, tidak semua flow meter memiliki kualitas yang sama. Suhu fluida juga menjadi salah satu faktor yang menentukan jenis alat yang akan Anda beli.
  • Fluida yang mengalir juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis yang mengandung lumpur – tentu hal ini mempengaruhi jenis alat ukur yang Anda beli.
  • Selalu update pengetahuan Anda tentang model terbaru flow meter. Saat ini beberapa alat tidak hanya mengukur volume fluida namun Anda juga bisa menyambungkannya ke smartphone maupun PC. Tentu hal ini akan mempermudah proses pencatatan data dan perhitungan.
  • Akan lebih baik jika flow meter mendukung mobilitas sehingga Anda bisa menggunakannya di berbagai environment.
  • Cek kembali material yang membuat flow meter. Jenis fluida juga menentukan material body yang cocok untuk alat ukur yang Anda pilih.
  • Beberapa model memiliki desain konverter dan indikator yang kedap air. Perlukah fitur ini untuk pekerjaan Anda?

Setelah Anda mempertimbangkan berbagai hal di atas, jangan lupa untuk membandingkan harganya. Harga akan selalu menjadi salah satu faktor pertimbangan, meskipun bukan yang utama.

Lalu bagaimana cara kerja flow meter? Namun terlepas dari jenisnya, Anda bisa melihat angka yang tertera pada meteran. Seperti penjelasan di atas, jenis fluida akan sangat menentukan tipe flow meter yang harus Anda beli. Apabila Anda belum yakin, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan kami di sini.

Pilih Jasa Kalibrasi Flow Meter Terbaik dan Terpercaya

Seperti penjelasan sebelumnya, kalibrasi tidak bisa Anda lakukan sendirian – ada prinsip dan syarat yang harus Anda penuhi. Kabar baiknya, saat ini jasa kalibrasi profesional mudah Anda temukan. 

Ferindo, misalnya, tidak hanya menjual flow meter dan water meter namun juga menyediakan layanan kalibrasi untuk setiap mesin yang Anda beli.

Bicara soal biaya kalibrasi, pada dasarnya tarifnya cukup variatif. Beberapa faktor yang mempengaruhi besaran tarif kalibrasi meliputi instrumen ukur, metode, dan juga tipe kalibrasi yang Anda pilih.

Namun jika Anda membeli flow meter di Ferindo, layanan kalibrasi bisa Anda nikmati secara gratis. Untuk menjaga performa alat ukur bisnis Anda, setidaknya Anda perlu mengkalibrasinya dua tahun sekali.

Kalibrasi adalah salah satu cara untuk menjaga kualitas produksi usaha Anda. Maka dari itu, selalu gunakan jasa profesional dari Ferindo.