Pahami Perbedaan Water Flow Meter dan Flow Switch

Diposting pada 23 September 2022


Water flow
itu apa?

Ini adalah istilah untuk menggambarkan jumlah air yang mengalir melalui pipa dalam waktu tertentu. Aliran air yang mengalir dalam sistem plumbing Anda ditentukan dari lebar pipa dan jumlah tekanan yang melewatinya. Pipa yang memiliki lebar kecil akan mengalirkan air dengan laju lebih rendah.

Sementara itu, tekanan air yang lebih tinggi akan menyebarkan air pada laju aliran yang lebih besar. Semakin banyak keran dan peralatan yang digunakan dalam waktu bersamaan akan mempersulit sistem menyebarkan tekanan dengan rata. Artinya, air yang akan dikeluarkan memiliki laju lebih rendah.

Dalam ulasan ini Anda akan memperoleh informasi terkait dengan peralatan yang digunakan untuk mengukur aliran air. Flow meter dan flow switch.

Water Flow Switch: Jenis, Cara Kerja dan Fungsi

Berbeda dengan flow meter, flow switch adalah nama lain dari saklar aliran. Ini adalah suatu perangkat mekanis yang berfungsi untuk mengendalikan aliran udara, cairan, dan juga uap.

Alat ini bekerja dengan cara membuka dan menutup aliran sesuai keinginan NO atau NC. Tidak sedikit orang yang menganggap flow switch sebagai flow control. Sementara itu, flow switch sebenarnya adalah jenis water flow sensor. Jadi banyak yang menganggapnya sebagai bagian dari sensor flow meter. 

Jenis


Untuk water flow switch, setidaknya ada 3 jenis yang perlu Anda ketahui yakni:

1. Magnetic Water Flow Switches

Alat ini sering ditemukan di sistem air limbah. Fungsinya seperti Hukum Faraday. Kecepatan gerakan dan volume cairan diukur dengan menghasilkan medan magnet agar air bisa lewat. Nantinya informasi ini akan terbaca oleh sensor listrik sehingga bisa diambil tindakan.

2. Inline Water Flow Switches

Saklar satu ini menjadi bagian integral dari keseluruhan sistem. Harganya cenderung lebih mahal dan pemasangan serta perawatan lebih rumit. Saklar ini butuh pipa lurus yang jauh lebih pendek agar fungsinya lebih baik.

3. Paddle Water Flow Switches

Alat ini mengandalkan dayung sebagai media untuk menggantung di dalam pipa. Nantinya dayung in diputar dan dipicu pada speed dan pressure yang bervariasi sesuai dengan laju aliran cairan. Sayangnya, alat ini cukup sensitif terhadap benda asing dan penumpukan residu.

Cara Kerja Dan Fungsi Flow Switch

Pada kenyataannya, flow switch bisa diaplikasikan pada beberapa hal seperti pompa, fire sprinkler, dan juga water tank. Berikut kami jelaskan masing-masing cara kerja dan fungsi water flow switch:

1. Pompa

Water flow switch pada pompa adalah sensor yang ada di pompa pendorong. Pompa sendiri merupakan alat yang difungsikan untuk memindahkan cairan dari satu tempat ke tempat lainnya. Paling umum, Anda bisa mengaplikasikan pompa untuk mengambil air dari sumur.

Nah, pompa air ini seringkali menggunakan pressure switch yakni sensor dengan prinsip kerja yang mendayakan tekanan. Ketikan tekanan air (water pressure) tercapai maka arus pompa akan terputus. 

Di sinilah Anda bisa mengganti pressure switch ke water flow switch. Cara kerjanya, flow switch akan memanfaatkan dorongan air. Jadi, saat keran air terbuka atau menyala maka air di tangki bisa mendorong lidah sensor milik flow switch sehingga bisa menyambungkan pompa dengan sumber daya.

2. Pemadam Kebakaran (Fire Sprinkler)

Flow switch juga bisa Anda aplikasikan pada sistem pemadam kebakaran. Pencegahan kebakaran menggunakan sistem sprinkle dianggap lebih efektif daripada indikator sistem alarm.

Ini bisa terjadi, karena detektor alarm bisa salah bunyi karena sistem error atau kesalahan SDMnya. Ini jelas berbeda dengan sprinkler yang akan langsung menyemprotkan air ke lokasi kebakaran.

Mengingat flow switch pada fire sprinkler ini bukanlah valve maka alat ini tidak bisa membuka dan menutup.

Cara kerjanya, flow switch akan menghentikan nyala alarm dan mengaktifkan panel elektrik. Alat ini mendeteksi aliran air melalui paddle yang ada di pipa. Saat air mengalir melewati pipa, maka paddle akan bergerak ke samping. Komponen inilah yang nantinya mengaktifkan flow switch dalam beberapa waktu.

Setidaknya ada 2 switch yang biasa digunakan pada alat ini yakni sistem alarm kebakaran lokal dan sistem alarm kebakaran luar.

3. Water Tank

Tangki air menjadi benda yang banyak dipakai di perumahan maupun industri. Ukurannya juga bervariasi tergantung berapa banyak cadangan air yang ditampung.

Untuk pemakaian di skala industri, cara kerja water flow switch adalah untuk mengontrol volume cairan dalam tangki. Setidaknya, ada 3 komponen utama dari flow switch untuk tangki air. Bola pelampung, saklar listrik, dan juga shaft.

Sensor dari flow switch pada tangki air ini ada 2. Fungsinya untuk mendeteksi kondisi saat low dan juga high level. Gambarannya adalah saat water tank kosong atau level airnya rendah, maka sensor pertama akan menyala karena tertarik oleh bola pelampung yang turun mengikuti level air.

Outputnya, sensor flow switch yang terhubung dengan pompa akan bekerja dan mengalirkan air. Sebaliknya, saat level air tinggi atau penuh maka switch kedua akan menyala karena bola pelampung naik. Ketika ini terjadi maka pompa otomatis akan mati.

Water Flow Meter: Fungsi, Jenis dan Cara Kerja

Flow meter atau flow sensor adalah instrumen yang berguna untuk mengukur aliran air. Penggunaannya bisa untuk sistem terbuka dan tertutup. Tak hanya untuk industri dan bisnis skala besar, penggunaan flow meter juga untuk perumahan.

Untuk sistem terbuka biasa pengaplikasiannya pada aliran sungai, parit, dan juga irigasi. Sementara itu, sistem tertutup bisa Anda lihat pada aliran air dalam pipa milik PDAM.

Fungsi Water Flow Meter

Setiap alat tentunya memiliki fungsi berbeda, tergantung pada tujuan pembuatan. Pada dasarnya, flow meter memiliki fungsi utama untuk bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi suatu sistem.

Namun, lebih jauh manfaat dan fungsi dari flow meter bisa Anda lihat di bawah ini:

  • Mengetahui velocity atau kecepatan aliran dengan satuan jarak atau waktu. Dalam hal ini flow meter air akan menggunakan satuan unit pengukuran berupa meter/detik, meter/menit, dan lain-lain.
  • Untuk mendapat data tentang kapasitas aliran (flow rate) dalam pipa. Satuan unit pengukuran untuk water flow rate adalah GPH, GPM, LPS, LPM, LPH, dan lain-lain.
  • Mengetahui jumlah totalizer, yakni jumlah total volume cairan yang telah mengalir. Untuk mengukur ini biasanya menggunakan satuan unit pengukuran galon, liter, meter kubik, dan lain sebagainya.
  • Penggunaan flow meter air juga berfungsi untuk memberikan input pada monitor dan output pada analog output. Contohnya adalah pulsa, relay contact, 4-20mA, dan lain-lain.

Jika pada awalnya flow meter air berfungsi sebagai alat ukur debit air, maka kini alat ini bisa berperan sebagai alat kontrol. Pengguna juga bisa memonitor dan mengontrolnya dari jarak jauh atau biasa dikenal dengan nama smart flow meter.

Lebih jauh lagi, penggunaan digital water flow meter untuk industri juga berfungsi untuk pengisian dan pencampuran fluida. Harapannya proses produksi bisa berjalan lebih cepat, akurat, dan lancar.

Jenis dan Cara Kerja Water Flow Meter

Sementara itu, jenis flow meter yang umum digunakan untuk monitoring air adalah sebagai berikut:

1. Ultrasonik Flow Meter

Alat ini berfungsi untuk mengukur cairan yang sifatnya homogen. Penggunaannya lebih sering pada aliran yang lambat. Flow meter portable ini termasuk yang paling praktis dan mudah pemasangannya. Anda tak perlu memotong atau melubangi pipa.

Meteran ini menggunakan kecepatan suara untuk menghitung velocity dari aliran fluida. 

2. Open Channel Flow Meter

Meteran ini diperuntukkan bagi sistem saluran terbuka di sungai, kanal, waduk, dan parit. Berbeda dengan sistem tertutup, alat ini menghasilkan pengukuran dari kecepatan aliran air dan tinggi permukaan. Penerapan perhitungannya menggunakan delay atau transit time.

3. Coriolis Mass Flow Meter

Coriolis adalah salah satu gaya yang dihasilkan oleh sesuatu yang mengalir. Gaya ini muncul karena aliran dalam suatu tabung atau pipa berosilasi sehingga menghasilkan getaran. Jenis flow meter yang satu ini sangat akurat karena tidak terpengaruh perubahan suhu, tekanan, kepadatan, dan lain-lain.

Dalam industri, flow meter jenis ini banyak dipakai untuk crude palm oil.

4. Turbine Flow Meter

Flow meter air yang satu ini menggunakan vane, turbin atau impeller di dalamnya. Komponen ini nantinya akan berputar ketika ada aliran yang lewat. Alat ini sangat cocok untuk mengukur cairan dengan aliran rendah dengan tekanan tinggi.

5. Electromagnetic Flow Meter

Meteran ini menggunakan prinsip induksi elektromagnetik. Biasanya penggunaannya untuk mengukur cairan bersih, kotor, hingga korosif. 

Untuk itulah, jenis water flow meter digital ini sangat populer penggunaannya di berbagai sektor industri. Mulai dari makanan, farmasi, pengolahan limbah, hingga rumah sakit, dan perhotelan.

Di Mana Anda Bisa Mendapat Flow Meter Terbaik?

Kebutuhan flow meter sebagai alat kontrol dan ukur di bidang industri dan perumahan semakin meningkat. Banyaknya supplier dan produk flow meter di luar sana tentu membuat Anda kesulitan menentukan pilihan.

Namun, jika Anda membutuhkan water flow meter terbaik dari segi kualitas, layanan, dan harga, maka PT. Ferindo Energi Instrumen bisa jadi solusi. 

Kenapa harus Ferindo?

1. Pengalaman Lebih dari 17 Tahun

Kami adalah supplier flow meter dan meteran air berpengalaman di Indonesia. Total sudah lebih dari 17 tahun kami berkomitmen untuk mengadakan kebutuhan flow meter dan meteran air di seluruh wilayah nusantara. 

2. Jasa Lengkap

Tak hanya menyediakan produk saja, kamu juga membantu semua kebutuhan Anda dari awal. Mulai dari konsultasi spesifikasi, instalasi, kalibrasi, hingga troubleshooting

Jadi, Anda yang belum tahu spesifikasi produk yang ingin dibeli pun bisa menghubungi kami untuk mengawali konsultasi. Dari sesi konsultasi ini, staf berpengalaman kami akan mengarahkan Anda untuk mendapat produk paling sesuai dengan kebutuhan.

3. Produk Beragam

Tipe flow meter dan meteran air yang kami supply beragam dari segi merek dan ukuran. Harapannya Anda bisa membeli berbagai flow meter dan meteran air di satu tempat meski tujuan penggunaan berbeda. 

Ukuran mulai dari ½ inch hingga 10 inch dan mereknya juga beragam. Sebut saja Tokico, Amico, Flow Controls dan lain sebagainya.

4. Garansi Resmi dan Gratis Ongkir untuk Jabodetabek

Semua produk yang kami jual memiliki garansi resmi. Khusus pelanggan yang ada di area Jabodetabek akan mendapat layanan gratis ongkir untuk pengantaran. 

Anda tertarik menggunakan produk water flow meter dan jasa kami untuk kebutuhan personal atau bisnis Anda? Hubungi kami dan dapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk dan prosedur lainnya.