Salah Satu Cara Kita Berhemat Bahan Bakar adalah Flow Meter

Diposting pada 19 September 2022


Pengelolaan bahan bakar yang efisien merupakan hal krusial dalam operasional perusahaan. Jika tidak begitu, bisa-bisa Anda malah mengalami kerugian karena konsumsi BBM yang boros. Nah,
salah satu cara kita berhemat bahan bakar adalah dengan menggunakan flow meter. Bagaimana bisa begitu?

Di artikel ini, Anda akan memahami lebih dalam tentang flow meter, cara kerjanya, serta manfaat apa yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan alat ini.

Peran Bahan Bakar Minyak Bagi Perusahaan

Tidak perlu dikatakan lagi betapa vitalnya peran BBM bagi perusahaan. Banyak proses operasional yang tidak bisa berjalan tanpa adanya BBM, terutama bagi perusahaan yang bekerja di bidang transportasi dan logistik.

Penggunaan BBM bisa terasa makin dilematis kala kenaikan harga sudah tepat di depan mata. Peristiwa tahunan ini tentunya bisa meningkatkan pengeluaran perusahaan. Bahkan, sebuah riset mengatakan bahwa budget BBM bisa sampai 60% setiap tahunnya. 

Bayangkan jika jumlah sebesar itu bisa Anda rampingkan. Jika berhasil, Anda bisa memutar kembali budget tersebut untuk meningkatkan produktivitas, atau bahkan memulai ekspansi bisnis.

Untuk itu, upaya hemat bahan bakar minyak bisa Anda lakukan. Tidak hanya perlu melakukan strategi jangka pendek, tapi juga jangka panjang. Caranya adalah dengan memaksimalkan peran flow meter.

Solusi Menghemat Bahan Bakar Minyak dengan Flow Meter


Benarkan salah satu cara kita berhemat bahan bakar adalah menggunakan flow meter? Bagaimana cara flow meter bisa membantu Anda menekan pengeluaran BBM? Untuk mengetahuinya, Anda perlu memahami alat ini secara mendalam.

Apa Itu Flow Meter serta Apa Fungsi Flow Meter

Flow artinya arus atau aliran. Pada prinsipnya, flow meter adalah alat yang bisa Anda gunakan untuk mengukur jumlah material yang mengalir dari satu wadah ke wadah lainnya. Misalnya saja dari tangki penampungan ke mesin kendaraan.

Flow meter memiliki banyak nama alias, misalnya saja flow indicator, flow gauge, hingga liquid indicator. Biasanya, penyebutan alat ini berbeda-beda di tiap industri. Namun, pada prinsipnya sama saja.

Material yang bisa Anda ukur menggunakan flow meter adalah cairan dan gas. Hampir seluruh jenis cairan bisa Anda ukur menggunakan alat ini, mulai dari air biasa hingga madu. Meski begitu, jenis flow meter yang perlu Anda pilih sangat bergantung pada jenis cairan serta tingkat viskositas alias tingkat kekentalannya.

Sementara itu, flow meter yang Anda gunakan untuk mengukur jumlah bensin, avtur, atau bahan bakar minyak lain disebut juga fuel flow meter. Di pasar Indonesia, alat ini lebih terkenal dengan nama flow meter solar. Jika ingin melakukan penghematan BBM, dengan alat ini lah Anda akan berkutat.

Cara kerja Flow Meter Solar

Bagi orang yang tidak memahami istilah teknis, cara kerja flow meter solar bisa terdengar sangat rumit. Berikut kami sederhanakan untuk Anda.

Pada dasarnya, flow meter solar akan dipasang di pipa atau tangki yang memungkinkan kontak langsung dengan BBM. Selain itu, ada juga flow meter solar yang dipasang di sistem bahan bakar di mesin kendaraan.

Kontak langsung antara cairan dan flow meter solar akan mengaktifkan mekanisme sensor yang ada pada alat tersebut. Sensor di flow meter solar bisa berupa lempengan serupa disk, gear, atau turbin.

Kemudian, data akan dikirimkan ke pemancar dan tampil dalam jumlah yang mudah Anda baca. Pada umumnya, satuan yang ada dalam flow meter solar adalah Litre per Minute, alias liter per menit.

Fitur-fitur Lain dalam Flow Meter Solar

Kemajuan teknologi memang membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, tidak luput pula dalam metode pengukuran dengan flow meter solar.

Pada awalnya, data pada alat ini hanya bisa Anda baca dalam tampilan analog. Namun, saat ini, sudah banyak juga flow meter solar digital yang memberikan kemudahan dan kesan lebih modern.

Selain itu, banyak juga merk flow meter solar yang sudah bisa memberikan jenis-jenis data lain. Misalnya saja temperatur cairan hingga tingkat kecepatan cairan yang mengalir (rate flow).

Begitu pula soal metode pengecekan data, saat ini Anda tidak perlu lagi mengecek data flow meter secara manual. Flow meter model terbaru sudah bisa menyajikan data melalui sinyal GPRS, transfer USB, dan teknologi transfer data lainnya.

Cara Menghemat Energi dan BBM dengan Flow Meter Solar

Lantas, apa yang kesimpulan yang bisa Anda tarik dari informasi seputar flow meter solar di atas? Bagaimana flow meter solar bisa membantu Anda menghemat BBM?

Flow meter solar mungkin tidak meminimalisir penggunaan BBM secara langsung. Namun, manfaat alat ini bisa terasa pada aspek-aspek lain untuk jangka panjang, misalnya:

  • Flow meter solar dapat membantu Anda menghitung harga produksi. Dengan penghitungan BBM yang lebih akurat, Anda bisa mendapatkan angka yang lebih tepat terkait harga produksi secara real time. Dengan ini, Anda bisa menentukan harga produk dengan lebih tepat.
  • Lebih mudah memantau potensi kecurangan. Dengan melakukan pengamatan terhadap jumlah BBM yang masuk dan keluar sistem, Anda bisa mendeteksi potensi kecurangan dengan lebih cepat. Misalnya saja, mencegah driver "kencing di jalan", alias mengambil bensin dari tangki secara manual.
  • Memudahkan Anda untuk mengecek sisa BBM di tangki. Beberapa flow meter solar juga bisa membantu Anda mengecek BBM yang tersisa. Hal ini bisa menjadi acuan keputusan untuk kegiatan operasional berikutnya.

Pada akhirnya, semua poin di atas merujuk pada penghematan dan perampingan budget perusahaan. Meski biaya pemasangan flow meter solar cukup tinggi, hal ini tentu sebanding dengan pengeluaran yang bisa Anda tekan nantinya. Jadi, memang tepat jika salah satu cara kita berhemat bahan bakar adalah dengan Flow Meter.

Jenis Industri yang Menggunakan Flow Meter Solar


Masih ragu untuk menggunakan alat berguna satu ini? Mungkin informasi ini bisa membantu meyakinkan Anda. Industri-industri berikut menggunakan flow meter solar dalam proses produksi dan operasionalnya, dan bisa melakukan cost saving pada akhirnya.

1. SPBU

Dari sekian industri, mungkin SPBU merupakan pengguna flow meter solar terbanyak. Pasalnya, alat ini sangat vital dalam operasionalnya.

Flow meter solar terpasang pada mesin pompa bensin yang terhubung langsung dengan kendaraan Anda. Data yang muncul dari alat ini kemudian terkonversi agar sesuai dengan kebutuhan BBM Anda. Kemudian, data tersebut terkonversi lagi menjadi jumlah yang harus Anda bayarkan.

Flow meter solar juga terpasang pada truk pengantar BBM. Dengan alat ini, pihak produsen BBM dan pemilik SPBU tahu berapa jumlah yang harus dibayarkan dalam satu transaksi.

2. Otomotif

Dalam industri otomotif, penggunaan flow meter solar berguna untuk banyak hal. Salah satu penggunaan yang paling krusial adalah memastikan bahwa sistem penyuntik memiliki jumlah BBM yang cukup untuk mendukung sistem pembakaran pada mesin.

3. Penerbangan

Industri penerbangan yang kompleks tentu membutuhkan alat satu ini. Penggunaan flow meter solar sangat vital untuk memantau penggunaan dan pengelolaan BBM. Dengan ini, pengecekan BBM yang masuk dan keluar dari sistem bisa termonitor dengan efektif.

4. Transportasi Darat dan Logistik

Perusahaan transportasi darat dan logistik juga merasakan manfaat flow meter solar. Dengan alat ini, perusahaan bisa memantau tingkat kemurnian dan kepadatan BBM yang akan terpakai oleh kendaraan, serta melakukan pengelolaan dengan lebih efektif.

5. Food and Beverage

Industri F&B pun tidak luput dari penggunaan fuel flow meter. Namun, tentu saja yang terpilih adalah yang sudah tersertifikasi food grade. Alat ini bekerja untuk mengukur jumlah serta bobot makanan berupa minyak yang mengalir melalui pipa ke tempat pengemasan.

6. Minyak dan Gas

Tingkat keakuratan flow meter solar tentu sangat vital di industri minyak dan gas. Alat ini berguna untuk mengevaluasi beragam jenis bahan bakar. Alat ini efektif untuk mengukur laju produksi dalam tingkat yang masif sehingga perusahaan bisa hemat waktu dan tenaga.

7. Pelayaran

Industri pelayaran menggunakan flow meter solar untuk mengukur jumlah bahan bakar yang masuk dalam mesin kapal, serta jumlah yang digunakan selama perjalanan. Hal ini tentu membantu karena tidak ada ’SPBU’ yang siap sedia dalam dunia pelayaran.

8. Rumah Tangga

Tidak hanya industri besar, bahkan level rumah tangga pun bisa menggunakan flow meter solar. Misalnya saja sebagai cara menghemat bensin motor atau cara menghemat bensin mobil matic. Selain itu, alat ini juga bisa Anda gunakan untuk mekanisme di rumah, misalnya pemanas air atau ruangan.

Dimana Bisa Pasang Flow Meter Solar Terbaik dan Terpercaya?

Pemasangan flow meter solar bisa terasa membingungkan, terutama bagi orang awam yang tidak familiar dengan proses yang bersifat teknikal. Maka dari itu, Anda bisa percayakan soal pemasangan alat tersebut di perusahaan Anda kepada kami di PT. Ferindo.

Kami merupakan distributor flow meter solar terpercaya. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, kami mengedepankan kualitas produk serta servis yang prima. Berikut benefit lain yang bisa Anda dapatkan:

  • Saat membeli flow meter solar dari kami, Anda tidak hanya menerima barang, namun juga nama baik. Kami menyediakan produk dengan harga bersaing, garansi original serta jaminan mutu tinggi.
  • Anda akan menerima saran dan konsultasi dari tim yang ahli di bidangnya. Pengalaman tidak bisa bohong. Dengan jam terbang lebih dari satu dekade, kami sudah memahami seluk beluk industri serta bisa menyajikan saran yang paling baik bagi perusahaan Anda.
  • Layanan delivery nol rupiah, alias gratis, untuk Anda yang berada di Jabodetabek. Tim kami akan senantiasa siap untuk Anda.
  • Membutuhkan jasa kalibrasi? Tidak perlu repot, kami menyediakan jasa kalibrasi gratis dan cuma-cuma sebagai bagian dari servis prima.
  • Tim troubleshooting kami sangat kompeten dan siap membantu Anda sewaktu-waktu jikalau perusahaan Anda membutuhkan. 
  • Anda akan menerima garansi servis serta jasa servis yang terpercaya dan sigap.

Kami menyediakan layanan dari hulu ke hilir terkait kebutuhan flow meter solar Anda. Maka dari itu, jangan sungkan untuk menghubungi kami melalui WhatsApp atau email.

Penutup

Sebetulnya, banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan penghematan bahan bakar di level perusahaan. Beberapa tips lengkap bisa Anda cek di artikel kami: 11 Tips Hemat Bahan Bakar Minyak untuk Perusahaan.

Meski begitu, salah satu cara kita berhemat bahan bakar adalah dengan melakukan manajemen yang baik dari awal hingga akhir. Flow meter solar membantu proses tersebut. Dengan investasi ini, Anda bisa melakukan penghematan di berbagai aspek hingga jangka waktu yang panjang.