Cara Kalibrasi Flow Meter Solar yang Akurat dan Tepat

Diposting pada 26 February 2020

Keakuratan hasil pengukuran flow meter solar sangat penting untuk diperhatikan agar hasilnya sesuai dan tidak ada penyimpangan. Sangat perlu untuk mengikuti cara kalibrasi flow meter solar yang benar dan tepat.

===

Dalam kehidupan sehari-hari, alat pengukur aliran (flow meter) solar banyak ditemukan di berbagai bidang seperti transportasi, industri, maupun rumah tangga. Keakuratan hasil pengukuran flow meter ini sangat penting untuk diperhatikan agar hasilnya sesuai dan tidak ada penyimpangan. Sangat perlu untuk mengikuti cara kalibrasi flow meter solar yang benar dan tepat. 

Flow meter solar ini bisa Anda temukan pada speedometer, pressure gauge pada pompa manual, regulator gas, dan lainnya. Semua jenis, model, merek, dan ukuran flow meter memiliki kemungkinan untuk mengalami penyimpangan pada hasil pengukuran yang disebabkan oleh banyak faktor. Untuk itu, proses kalibrasi flow meter solar bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. 

Pengertian Flow Meter Solar dan Fungsinya

Alat pengukur flow meter solar sering disebut juga sebagai fuel meter dan digunakan untuk transportasi, industri manufaktur, dan utility dalam kehidupan sehari-hari. Flow meter solar digunakan untuk mengukur cairan yang berbahan bakar solar atau fuel yang terdiri dari heavy fuel oil, medium fuel oil, fuel oil, dan kerosine. 

Penggunaan flow meter solar banyak diaplikasikan pada thermal oil, galangan yang digunakan untuk mereparasi speed boat dan kapal, pool SPBU, steam pada boiler, dan lain sebagainya. Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur besaran penggunaan solar sehingga bisa memperhitungkan kapasitas solar yang diperlukan pada suatu mesin maupun alat lainnya. 

Faktor Penyebab Terjadinya Penyimpangan Hasil Pengukuran

Pada penggunaan flow meter solar, seringkali terdapat kecenderungan kesalahan pembacaan ketika kondisi solar akan habis. Kondisi tersebut menunjukkan posisi permukaan solar yang berada di bawah lubang pengeluaran dari pipa. Hal ini mengakibatkan bercampurnya udara dengan solar sehingga mengakibatkan hasil pembacaan menjadi tidak sesuai atau menyimpang. 

Hasil pembacaan yang mengalami pergeseran tersebut menyebabkan terjadinya selisih yang lebih besar antara hasil pembacaan dengan jumlah sesungguhnya solar yang ada di tangki. Penyimpangan alat ukur dari sumber internal alat itu sendiri bisa juga disebabkan karena keausan pada bidang kontak (sensor mekanis). 

Alat yang sering digunakan tanpa pernah dikalibrasi bisa memungkinkan timbulnya sifat-sifat jelek dari alat ukur seperti kepasifan, histerisis, dan pergeseran dari kestabilan nol. Selain faktor internal dari alat tersebut, penyimpangan juga bisa bersumber dari faktor eksternal lainnya seperti objek ukur, posisi pengukuran, dan kondisi lingkungan. 

Suatu pengukuran akan mengalami pergeseran jika aliran zat yang diukur tercampur dengan kotoran, debu, maupun zat lainnya. Kotoran tersebut dapat menghambat kecepatan aliran, volume, dan faktor-faktor pengukuran lainnya. Penerangan yang kurang dan temperatur yang berubah juga dapat mengakibatkan hasil pembacaan menjadi kurang akurat. 

Tips Mengatasi Penyimpangan Hasil Pengukuran


Sebelum melakukan kalibrasi flow meter solar, pastikan faktor-faktor penyebab penyimpangan dicek terlebih dahulu untuk dicari solusinya. Tujuannya agar faktor tersebut dapat diminimalisir dan tidak terulang lagi. Tips-tips berikut ini bisa Anda lakukan untuk meminimalisir bahkan mengatasi terjadinya penyimpangan terhadap hasil pengukuran flow meter solar. 

1. Mengatur posisi pengaturan pipa

Posisi pipa akan sangat berpengaruh pada hasil pengukuran terutama saat flow meter solar digunakan untuk mengukur flow rate atau laju aliran. Agar hasilnya tetap statis dan tidak mengalami penyimpangan hasil pembacaan maka pastikan posisi dan bentuk pipa tidak berubah. 

Secara logika, bentuk pipa yang lurus akan membuat laju air lebih cepat flow rate-nya dibandingkan bentuk dan posisi pipa yang melengkung. Hal ini dikarenakan aliran akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama saat melewati pipa yang melengkung atau bentuk yang tidak rata. 

2. Pencahayaan harus diatur sedemikian rupa

Cahaya atau penerangan merupakan faktor eksternal yang juga dapat mempengaruhi hasil pengukuran. Pencahayaan yang kurang akan membuat pembacaan menjadi kurang jelas sehingga menyebabkan hasil pembacaannya tidak sesuai meskipun hanya beberapa milimeter. 

Perlu diingat bahwa pembacaan pada flow meter solar membutuhkan kecermatan dan ketelitian yang tinggi. Sehingga pencahayaan yang baik akan sangat membantu dalam proses pembacaan untuk mengantisipasi terjadinya pergeseran atau penyimpangan. 

3. Pastikan objek ukur dan alat ukur dalam kondisi bersih

Kotoran dan debu akan sangat mempengaruhi objek dan alat ukur sehingga mengakibatkan hasilnya tidak akurat. Kesalahan sistematis bisa saja terjadi jika lingkungan kotor dan berdebu. Kotoran tersebut bisa saja menempel pada permukaan sensor mekanis alat ukur maupun permukaan objek yang diukur. 

Sebagai contoh, jika jarum atau layar digital terkena kotoran maka sensor mekanis pada alat tersebut akan sedikit terganggu dan terhalang. Akibatnya hasil pembacaan pengukuran bisa salah. Kotoran yang tercampur pada zat yang diukur pun juga akan mempengaruhi kecepatan laju dan volume suatu aliran. 

4. Pengukuran harus dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya

Jangan sampai pembacaan dan pengukuran flow meter solar dilakukan oleh orang yang sama sekali tidak paham cara menggunakan alat ini. Orang yang melakukan pengukuran terhadap alat ini harus memiliki pengalaman praktik dan dasar penguasaan pengetahuan tentang flow meter solar. 

Keahlian dan dasar-dasar pengetahuan akan cara kerja alat ukur, alat ukur, cara pengukuran, dan objek yang diukur menjadi skill dasar yang harus dimiliki. Sehingga orang yang melakukan pengukuran bisa melakukan analisa persoalan pengukuran dan mencari solusi terbaiknya. 

Proses Kalibrasi Flow Meter Solar

Proses kalibrasi flow meter solar harus melalui tahapan-tahapan yang benar dan tepat. Agar hasil kalibrasi flow meter solar lebih maksimal, lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Siapkan alat flow meter solar yang akan dikalibrasi dan alat untuk mengukurnya seperti pembanding flow meter dengan keakuratan yang sesuai dan stopwatch.
  2. Lakukan pengecekan terhadap kondisi lingkungan mulai dari suhu, kelembaban, getaran, cahaya penerangan, hingga kebersihan lingkungan. Perhatikan ada tidaknya debu dan kotoran yang menempel pada alat ukur dan objek ukur. 
  3. Tentukan standar metode kalibrasi yang akan digunakan sebagai pembanding.
  4. Lakukan pengamatan awal pada objek ukur apakah bentuknya masih normal dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
  5. Setel ulang flow meter solar yang akan dikalibrasi mulai dari nol. Setelah itu, mulai hidupkan stopwatch dan matikan setiap satu menit.
  6. Lakukan hal tersebut secara berulang sesuai kebutuhan dan catat hasilnya sebagai bahan analisa.
  7. Jika terjadi penyimpangan yang terjadi di antara pengukuran berulang tersebut dan hasil pengukuran berbeda dengan alat pembanding standar yang normal, buatlah kesimpulan. Hasil dari kesimpulan ini menjadi penentu apakah alat tersebut layak digunakan atau tidak.
  8. Buat laporan dan lakukan resetting atau service jika alat flow meter solar yang diukur perlu segera diperbaiki. 

Pentingnya Kalibrasi Flow Meter

Flow meter solar hanyalah benda buatan manusia yang memiliki keterbatasan. Sehingga terjadinya pergeseran dan penyimpangan hasil pengukuran sangatlah mungkin terjadi apalagi jika alat tersebut sudah sering digunakan untuk jangka waktu yang lama. Proses kalibrasi flow meter solar akan sangat membantu mengatasi masalah penyimpangan hasil pengukuran tersebut. 

Proses kalibrasi yang dilakukan secara rutin pada jangka waktu tertentu dan dengan cara yang benar akan sangat membantu dalam mengatasi permasalahan error pada alat ukur. Proses kalibrasi ini akan melakukan konfirmasi dan mengembalikan penyimpangan hasil pembacaan ke performa flow meter solar yang akurat. 

Proses kalibrasi flow meter solar sangat penting untuk dilakukan dan tidak boleh dilewatkan agar flow meter tersebut tetap dapat berfungsi dengan baik. Selain mengikuti cara kalibrasi flow meter solar tersebut, sangat disarankan untuk menggunakan jasa kalibrasi flow meter. Ferindo bisa menjadi pilihan terbaik untuk Anda dan jangan lupa sebarkan informasi ini melalui media sosial. Jika anda ingin mempelajari lebih tentang produk-produk yang kami jual silahkan di cek di link ini FLOW METER SOLAR, METERAN AIR