Cara Kerja dan Keunggulan Flow Meter LC MA Series

Diposting pada 22 February 2023


Saat ini banyak perusahaan yang mengakui keunggulan
flow meter LC MA series daripada jenis lainnya. Seperti yang kita tahu bahwa flow meter adalah alat yang berguna untuk mengukur laju aliran cairan. 

Flow meter sendiri terdiri dari beberapa jenis, salah satunya adalah LC atau liquid control. Bagi Anda yang penasaran dengan jenis flow meter satu ini, simak selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Flow Meter LC MA Series?

Flow meter LC MA Series adalah salah satu merek flow meter ternama dari USA yang menggunakan prinsip positive displacement meter. Cara kerja flow meter LC sendiri sama dengan positive displacement meter lainnya. 

Di mana alat tersebut akan mengukur laju gerakan cairan dengan membaginya dalam jumlah yang seragam. Kemudian, cairan tersebut masuk ke dalam rongga antar gigi untuk proses pengukuran. 

Dalam proses pengukuran tersebut, salah satu rotor akan berpindah untuk menjadi seger kapiler. Segel tersebut akan bergerak terus menerus hingga proses pengukuran flow rate cairan dapat selesai. 

cairan yang sudah selesai diukur, akan keluar melalui lubang pengeluaran atau outlet. Proses tersebut berjalan secara terus menerus sampai waktu yang Anda inginkan.

Apa Saja Keunggulan Flow Meter LC MA Series?

Jika membandingkannya dengan merek lain, LC MA series memiliki berbagai keunggulan. Hal ini yang membuatnya sangat populer dan banyak digunakan oleh perusahaan dan lembaga tertentu.

Di antara keunggulan tersebut adalah:

1. Memiliki Banyak Fitur

Keunggulan pertama dari jenis flow meter satu ini adalah fiturnya sangat beragam. Dengan adanya fitur-fitur tersebut, tentunya akan memudahkan Anda dalam menggunakan dan mengaturnya sesuai keinginan.

Beberapa fitur unggulan dari LC MA series ini adalah:

  • Mampu beroperasi sendiri ketika tidak ada daya listrik atau pengkondisian sinyal. Terutama pada unit yang memiliki register mekanis, printer, hingga preset.
  • Aksesoris elektronik yang sesuai dengan standar dan pastinya aman.
  • Konstruksi dari flow meter ini terbuat dari material aluminium.
  • Memiliki persyaratan perpipaan khusus.

2. Desainnya Sederhana

Keunggulan merek Flow meter LC MA series berikutnya adalah memiliki desain yang sederhana. Sehingga, proses pemasangan dan instalasinya sangat mudah dan minim resiko kegagalan.

Selain itu, proses maintenance atau perawatannya cukup sederhana dan mudah beradaptasi dengan sistem. Meski desainnya sederhana, tapi body dari alat ini sangat kokoh dan tahan lama.

3. Rentang Suhu Pengukuran Luas

 Flow meter LC memiliki rentang suhu yang sangat luas, yaitu -40 derajat Celcius hingga 71 derajat Celcius. Artinya, Anda bingan mengukur flow rate cairan yang berada pada rentang suhu tersebut.

4. Tekanan Maksimalnya Tinggi

Tekanan maksimal yang dapat diukur oleh flow meter satu ini cukup luas. Di mana Anda bisa mengukur tekanan cairan mencapai 24 BAR atau setara dengan 350 PSI.

5. Tingkat Akurasinya Tinggi

Tentu saja, flow meter merk LC MA Series memiliki akurasi yang tinggi. Bahkan, tingkat akurasinya jauh lebih baik dari merek lainnya.

Tidak hanya akurasi, tingkat keterulangangannya juga tinggi. Sehingga, hasil pengukuran lebih kredibel dan terpercaya.

6. Rentang Viskositasnya Luas

Viskositas adalah tingkat kekentalan suatu cairan. Semakin tinggi viskositas, maka cairan akan semakin kental dan sulit untuk mengukur volume atau laju alirnya.

Tapi, dengan menggunakan flow meter LC MA series, Anda bisa dengan mudah mengukur cairan dengan tingkat viskositas rendah hingga tinggi. Sebab, alat ini memiliki rentang viskositas 30 SSU hingga 1.500.000 SSU.

Dengan semua Keunggulan Flow meter LC MA Series di atas, tidak heran jika banyak perusahaan yang menggunakannya. Bagi Anda yang juga ingin menggunakan alat ini, segera hubungi kami di sini.

Sumber

https://liquidcontrolsflowmeterindonesia.com/article/liquid-control-flow-meter/simak-keunggulan-liquid-controls-flow-meter-ma-series

https://www.nusantaraberkatteknik.com/product/jual-flow-meter-lc-liquid-controls-model-ma-15-size-3-inch/

https://distributorflowmeters.com/product/flow-meter-liquid-controls-ma-4-flow-meter-lc-ma-4-liquid-control-digital-ma-series-flow-meter-lc-digital-ma-series/