Jenis-jenis Oil Flow Meter dan Fungsinya

Diposting pada 12 November 2021


Oil Flow meter
atau flow meter minyak adalah alat yang penggunaannya untuk bisa mengukur laju kecepatan, kapasitas aliran, volume, dan mengukur massa/ berat minyak. Penggunaan instrumen ini wajib untuk perusahaan pada skala industri, baik dalam pengolahan limbah atau proses pengolahan minyak. 

Pengukuran aliran minyak harus menggunakan flow meter berbahan tertentu, karena produk ini mendeteksi kekentalan yang berbeda, yaitu dari ringan, sedang, hingga berat.

Nah, ingin mengenal lebih dekat dengan alat penting ini? Simak penjelasan tentang jenis, fungsi, dan tips memilih flow meter minyak berikut.

Jenis-Jenis Oil Flow Meter

Pada dasarnya, mengukur aliran minyak harus dilakukan di setiap fasenya. Seperti yang terjadi pada industri-industri transportasi, manufaktur, dan lainnya. Sehingga diperlukan flow meter ini, agar proses mengukur aliran minyak bisa dilakukan.

Hal yang utama adalah untuk mengukur diperlukan jenis minyak yang tidak mesti sama. Misalnya, menggunakan minyak mentah, minyak nabati, minyak panas, bensin, diesel, dan lain-lain.

Ada beragam jenis flow meter yang tersedia di pasaran. Berikut beberapa jenis oil flow meter yang biasa digunakan untuk mengukur tentang aliran minyak:

1. Flow Meter dengan Gigi Oval

Merupakan jenis flow meter minyak dengan perpindahan positif, untuk mengukur aliran dari volume minyak. Selain itu, digunakan pula untuk mengukur dengan viskositas yang tinggi (maksimal 2000 cp), dengan suhu maksimal 200 ° C.

Flow meter dengan gigi oval bisa menjadi alat yang mekanis, atau bisa dilengkapi pemancar yang memiliki aliran ber-output pulsa (4-20mA). Oleh karena itu, jenis ini menjadi pilihan yang terbaik. Terutama untuk mengukur aliran minyak mentah, bensin, dan aliran diesel. 

2. Flow Meter Turbine

Merupakan jenis flow meter dengan harga yang murah, volumetrik, dan flow meter digital. Selanjutnya, jenis ini juga memiliki volume yang mudah untuk digunakan pada industri transportasi.

Sensor di flow meter model ini dengan tipe in-line, digunakan untuk mengukur minyak yang tidak kental (minyak nabati, bensin, diesel, dan lain-lain). Tentu saja, bisa menjadi solusi yang ideal untuk mengukur aliran minyak sawit dan minyak sayur. 

3. Coriolis Mass Flow Meter

Merupakan jenis flow meter yang digunakan untuk mengukur minyak yang membutuhkan akurasi tingkat tinggi. Jenis ini biasanya untuk mengukur aliran massa minyak dengan jenis yang sangat kental.

Oleh karena hal itu, harga flow meter ini di pasaran menjadi sangat mahal. Apalagi jika dibandingkan dengan tipe flow meter minyak yang lebih umum.

Fungsi dan Kegunaan Flow Meter Minyak

  • Dapat digunakan sebagai alat untuk membantu pemasukan serta pengeluaran cairan. Misalnya, pada truk, tanki, dan perkapalan. Selanjutnya, juga bisa digunakan untuk menghitung bahan bakar genset yang ada di mall, apartemen, dan universitas.
  • Memiliki tingkat error yang sangat rendah, yaitu ±0.5%. Hal ini disebabkan karena ketika masuk ke dalam flow meter, gear atau root akan langsung mengukur cairan. Sehingga meminimalisir proses error.

Tips Memilih Oil Flow Meter

Memilih flow meter minyak yang tepat, bisa dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  • Memilih yang bisa menyesuaikan dengan budget kantong Anda
  • Sesuaikan dengan manfaat yang Anda inginkan
  • Sesuaikan dengan tujuan penggunaan, fungsi pemasangan, lokasi instalasi, dan sistem pemasangan (vertikal atau horizontal). 
  • Sesuaikan dengan jenis aliran bahan (bertekanan rendah, tinggi, aliran horizontal atau vertikal), kepekatan fluida.
  • Sesuaikan dengan akurasi laju cairan yang Anda butuhkan (kecil, sedang atau besar), jenisnya digital atau analog, serta tingkat akurasi alat yang Anda butuhkan.

Yang perlu dicatat, seperti pada alat pengukuran lainnya, flow meter akan mengalami pergeseran hasil pengukuran. Hal ini disebabkan oleh waktu pakai dan kondisi lingkungan. Oleh karena itu, kalibrasi flow meter secara berkala sangat penting untuk menjaga pengukuran secara akurat. 

Tentu saja, pada praktiknya tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan perhatian khusus dari orang-orang yang ahli untuk melakukannya. Jangan khawatir! Ferindo siap membantu Anda.

Alasan Memilih Ferindo

  1. Ferindo Energi Instrumen merupakan supplier oil flow meter dan fuel flow meter ternama di Indonesia dengan pengalaman selama lebih dari 15 tahun. Flow Meter minyak kami juga memiliki standar kualitas dari Eropa (European Certified) dengan kualitas yang kompetitif.

Tingkat akurasi pada produk kami tidak terpengaruh suhu cairan karena bisa mengukur fluida bervariasi mulai dari suhu -20 hingga 120 derajat celcius tergantung dari jenis merek.

Kesimpulan

Memilih flow meter minyak yang tepat bisa dilakukan dengan beberapa cara. Hal yang terpenting, Anda harus menyesuaikan alat ini dengan jenis dan fungsinya. Nah, percayakan kebutuhan produk oil flow meter Anda pada Ferindo.

Tidak hanya menyediakan produk flow meter, Ferindo juga menyediakan layanan after-sales service bagi konsumen, serta jasa kalibrasi flow meter. Butuh sekarang juga? Kunjungi website kami di sini.