Positive Displacement Flow Meter: Cara Kerja dan Kelebihannya

Diposting pada 11 January 2024

Positive Displacement Flow Meter adalah instrumen untuk mengukur volume dari aliran. Nama lain dari alat ini adalah PD Flow Meter. Positive Displacement Flow Meter merupakan salah satu dari beberapa jenis flow meter yang sering digunakan dalam berbagai industri.

Proses pengukuran PD Flow Meter memanfaatkan aliran yang menggerakkan roda gigi. Aliran tersebut akan masuk dalam rongga yang berada antara badan pengukur dan roda gigi. Lalu, bagaimana sistem kerja alat ini sehingga bisa mengukur volume dengan tepat? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Kerja PD Flow Meter

Cara kerja Positive Displacement Flow Meter cukup sederhana. Penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut. Anda bisa mengisi gelas ukur dengan cairan dalam volume tertentu. Lalu, Anda menuangkan cairan tersebut ke gelas lain yang memiliki kapasitas yang sama.

Sambil menuang cairan, Anda juga harus menghitung berapa kali proses penuangan. Itulah gambaran sederhana sistem kerja alat ini. Cara ini efektif dan akurat karena sifat cairan yang akan selalu menempati rongga dengan kapasitas yang sama. Sehingga Anda tidak perlu meragukan hasil pengukuran yang tertera pada alat ini.

Komponen dalam PD Flow Meter

Setiap jenis PD Flow meter mungkin memiliki desain yang berbeda. Namun, alat tersebut mempunyai komponen yang sama. Berikut adalah beberapa elemen dari alat ukur ini.

  • Roda gigi - PD flow meter mempunyai dua roda gigi. Roda gigi ini berfungsi untuk menggerakkan cairan dalam meteran. Selain itu, fungsi lain dari roda gigi adalah menyegel ruang pengukuran agar cairan terukur dengan tepat.
  • Piston - Alat ini menggunakan reciprocating piston untuk mengisi ruang dengan cairan.
  • Baling-baling - Perputaran baling-baling ini berguna untuk membagi ruang.
  • Lubang inlet dan outlet - Lubang inlet adalah tempat cairan masuk. Sedangkan outlet adalah lubang tempat cairan keluar setelah pengukuran volume.

Dengan komponen tersebut, fungsi Positive Displacement Flow Meter dapat berjalan dengan optimal.

Keunggulan PD Flow Meter


Sebelum memutuskan untuk membelinya, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan flow meter ini. Inilah beberapa keunggulan PD Flow Meter jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

1. Tingkat Akurasi Tinggi

PD Flow Meter sangat populer di berbagai industri karena tingkat akurasinya yang tinggi. Instrumen ini dapat berfungsi dengan baik dalam mengukur berbagai jenis fluida. Tingkat akurasi PD Flow meter adalah sebesar 0.1% hingga 0.5%.

2. Memiliki Tingkat Resistansi Tinggi

Semua produk PD flow kami terbuat dari material logam berkualitas seperti aluminium, steel, dan juga Iron Cast Ni-Resist. Material tersebut tahan terhadap oksidasi, friksi, hingga korosi alkali.

Selain itu, bahan tersebut juga mampu bekerja dengan baik pada suhu tinggi. Bahkan PD Flow Meter yang terbuat dari steel-aluminium mempunyai ketahanan hingga 120o Celcius. Hal ini karena logam tersebut mempunyai titik lebur pada suhu tinggi.

3. Instalasi Mudah

Proses instalasi PD Flow Meter sangatlah mudah. Hal ini karena produk kami memiliki kompatibilitas dengan alat tambahan lain. Misalnya, Anda bisa dengan mudah memasang aksesori seperti valve atau printer.

Tidak hanya itu, produk andalan kami seperti Tokico dan FC memiliki kesesuaian instalasi di berbagai industry. Dengan demikian, Anda dapat memasangnya di berbagai ukuran pipa.

4. Perawatan Mudah

Keunggulan lain dari PD Flow Meter adalah perawatan yang mudah. Hal ini karena alat ukur ini telah mempunyai sistem pelumas yang cukup baik. Sehingga, Anda hanya perlu melakukan perawatan secara berkala.

Itulah keunggulan dari Positive Displacement Flow Meter. Meskipun produk ini memiliki kualitas dan performa tinggi, Anda harus tetap mematuhi sistem operasional alat ini. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan alat ini untuk mengukur cairan yang memiliki partikel besar.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan PD Flow Meter, Anda bisa mengunjungi halaman produk untuk melihat katalog produk kami. Anda bisa mendapatkan informasi tentang berbagai tipe dan merek Flow Meter sesuai kebutuhan Anda.

Referensi:

https://www.ferindo.id/product/1/positive-displacement-flow-meter_15/

https://inaparts.com/measurement/positive-displacement-flow-meter/

https://www.prosesindustri.com/2020/03/pengetahuan-tentang-positive.html

https://flowmeterliquid.com/product-flow-meter-liquid/positive-displacement-meter/

https://rakusilmu.home.blog/2018/12/03/pengertian-flow-meter-beserta-jenis-dan-kegunaan/