Panduan Cara Penggunaan Positive Displacement Flow Meter

Diposting pada 22 February 2023


Mungkin masih banyak di antara Anda yang masih belum memahami bagaimana
cara penggunaan positive displacement flow meter (PD Flow meter). Padahal, penggunaan alat ini cukup luas di bidang pengukuran aliran fluida.

Terutama dalam bidang minyak dan gas, petrokimia, pengolahan air, otomotif, dan masih banyak lainnya. Secara garis besar fungsi positive displacement flow meter sama seperti fungsi flow meter biasanya.

Yaitu, untuk mengukur volume atau flow rate fluida seperti cairan dan gas. Hanya saja, penggunaan PD flow meter dianggap jauh lebih efektif dari flow meter biasa.

Tidak heran jika banyak perusahaan yang lebih memilih jenis PD flow meter. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan panduang lengkap bagaimana cara menggunakan alat tersebut.

Apa Itu Positive Displacement Flow Meter?

Seperti sudah kami singgung sebelumya, positive displacement flow meter adalah alat untuk mengukur volume atau laju aliran fluida. Pada prosesnya, aliran fluida akan terbagi dengan volume tetap pada setiap rongga antara gigi.

Dengan begitu, alat ini menjadikan PD flow meter dapat mengukur cairan yang memiliki tingkat kekentalan (viskositas) tinggi, kotor, hingga korosif. Selain itu, pengukurannya juga tidak terpengaruh oleh turbulensi aliran pipa.

Sehingga, hasil dari pengukurannya jauh lebih akurat dari pada jenis flow meter biasa. Penggunaannya juga lebih luas karena bisa untuk berbagai karakteristik fluida.

Bagaimana Cara Kerja Positive Displacement Flow meter?

Perlu Anda ketahui bahwa alat ini terdiri dari beberapa komponen utama, di antaranya adalah lubang inlet dan outlet, measurement chamber, dan rotor atau roda gigi. Biasanya PD flow meter menggunakan dua rotor.

Keduanya dapat Anda sejajarkan secara vertikal atau horizontal, bahkan bentuknya bisa oval maupun lingkaran. Tujuan penggunaan dua rotor ini adalah agar semua fluida dapat terukur secara sempur.

Meski demikian, cara kerja dari alat ini sendiri cukup sederhana. Pertama-tama, fluida akan masuk melalui lubang inlet. Lalu, fluida akan memberikan energi pada rotor.

Kemudian, rotor akan berputar dengan kecepatan yang sama dengan energi aliran fluida. Setelah itu, transmitter akan mengumpulkan sinyal dan mengolahnya menjadi data.

Data tersebut yang nantinya akan muncul pada layar display. Setelah proses pengukuran selesai, maka fluida akan keluar melalui lubang outlet.

Cara Penggunaan Positive Displacement Flow Meter

Meski cara penggunaannya tidak jauh beda seperti flow meter biasa, tapi ada beberapa yang perlu Anda perhatikan. Di antaranya adalah:

  • Install pickup sensor terlebih dahulu untuk mengetahui apakah sensor tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak.
  • Bersihkan pipa terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran yang dapat mengkontaminasi fluida.
  • Lakukan proses instalasi dengan mengikuti panduan dari alat tersebut. Perhatikan jangan sampai Anda salah dalam proses pemasangan setiap komponen.
  • Jalankan PD flow meter untuk mengecek kinerjanya. Cara menjalankannya bisa Anda lihat dalam panduan alat tersebut. Pastikan Anda tidak menjalankan alat dalam kondisi kering atau hanya terisi udara.
  • Tingkatkan laju secara berkala atau beberapa detik setelah alat dijalankan. Jangan gunakan kecepatan optimal dari awal, terutama saat alat masih kosong dan belum melakukan pengukuran.
  • Bersihkan PD flow meter secara berkala, khususnya bagian dalam alat tersebut. Tujuannya adalah agar hasil pengukuran tetap optimal.
  • Matikan alat ketika sudah tidak digunakan lagi.

Setelah Anda mengetahui cara kerja dan penggunaan flow meter jenis ini. Anda mungkin sudah dapat kesimpulan jika penggunaan flow meter pada bidang industri sudah menjadi kebutuhan, terutama jenis positive displacement.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan alat ini, segera hubungi kami sekarang juga di sini. Anda akan mendapatkan penawaran harga spesial dan panduan lengkap cara penggunaan positive displacement, lho.

Sumber: 

https://inaparts.com/measurement/positive-displacement-flow-meter/

https://www.prosesindustri.com/2020/03/pengetahuan-tentang-positive.html

https://www.ferindo.id/blog/flow-meter-lc-panduan-instalasi-dan-cara-kerjanya_117.html