5 Jenis Water Meter Amico beserta Spesifikasinya

Diposting pada 23 February 2023



Water meter Amico
merupakan sebuah merek meteran air terkenal dari China. Kualitas, ketahanan, dan akurasi alat pengukur aliran air ini memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Lantas, apa saja jenis water meter Amico yang beredar di pasaran? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Jenis Water Meter Amico beserta Spesifikasinya

Berikut jenis water meter amico beserta spesifikasinya yang bisa anda ketahui:

1. Amico Rotary Piston

Berdasarkan sistem kerjanya, water meter Amico terdiri dua jenis yakni rotary piston dan rotary vane. Prinsip kerja rotary piston adalah menggunakan piston yang bergerak naik turun. Sistem ini membuat alat tersebut dapat mengukur volume air yang mengalir melewatinya.

Alat ini juga sering disebut sebagai volumetric water meter. Hal ini karena perangkat tersebut bekerja dengan menghitung kapasitas air yang lewat. Meskipun mempunyai tingkat akurasi tinggi, alat ini memiliki kelemahan yaitu meteran ini membutuhkan air yang berkualitas baik dan aliran yang lancar.

2. Amico Rotary Vane

Amico water meter rotary vane mempunyai turbin yang akan memutar sesuai dengan aliran air. Tidak seperti rotary piston yang dapat mengukur volume air secara langsung, alat ini harus mengukur kecepatan air terlebih dahulu. Setelah itu, alat tersebut akan menghitung volume aliran air.

Karena prinsip kerjanya adalah menghitung kecepatan air, alat ini memiliki nama lain speed water meter. Meteran ini juga dapat menampilkan hasil yang cukup akurat. sehingga banyak orang yang memasangnya untuk perumahan, toko, hingga proyek komersil yang besar.

3. Amico Woltman


Prinsip kerja meteran air Woltman adalah dengan menggunakan turbin. Poros dari turbin ini terletak pada jalur air. Anda bisa menggunakan meteran air Woltman pada instalasi yang membutuhkan volume dan akurasi tinggi.

Oleh karena itu, meteran air ini sering Anda temui di lahan pertanian, jaringan irigasi, dan juga kolam renang. Meteran ini dapat menahan tekanan hingga 16 bar. Selain itu, meteran ini juga dapat mendeteksi adanya kebocoran pada sistem perpipaan Anda. 

Tipe ini tersedia dalam berbagai ukuran, anda bisa menggunakan water meter Amico 2 inch, 6 inch, 8 inch, maupun 10 inch.

4. Horizontal dan Vertikal Water Meter

Berdasarkan letak pemasangan, meteran air Amico terdiri dari dua tipe yaitu horizontal dan vertikal. Jenis meteran air horizontal penggunaannya untuk pipa air yang membujur pada tanah. 

Anda dapat menemukan meteran jenis ini pada perumahan. Jadi, jika Anda ingin memasang meteran air pada rumah Anda, sebaiknya Anda memilih tipe horizontal ini.

Sedangkan penggunaan meteran air Amico vertikal adalah untuk pipa yang membujur ke atas dan kebawah. Jenis meteran air ini sangat sesuai untuk bangunan bertingkat seperti apartemen atau rumah susun.

Baik tipe horizontal maupun vertikal, Amico menyediakan meteran air dalam berbagai ukuran, anda bisa memilih water meter Amico ½ inch hingga 10 inch.

5. Wet dan Dry Water Meter


Dasar penggolongan tipe wet dan dry adalah pada alat penghitung alirannya. Wet water meter mempunyai komponen penghitung aliran yang terkena air. Hal ini membuat meteran ini dapat mengukur aliran air yang rendah. Akan tetapi, hal tersebut juga dapat membuat meteran ini kehilangan akurasi dengan mudah.

Untungnya, produk Amico kami merupakan tipe Dry Water Meter. Artinya, alat penghitung alirannya tidak terpapar langsung oleh air. Sehingga perangkat ini menjadi lebih awet. Selain itu, Anda juga dapat membaca hasil penghitungan dengan mudah meskipun airnya keruh.

Itulah beberapa jenis water meter Amico yang bisa Anda gunakan untuk rumah Anda. Untuk melihat katalog produk meteran air Amico, Anda bisa kunjungi situs resminya di sini.

Referensi:

https://www.ferindo.id/blog/water-meter-amico-review-fitur-katalog-dan-tips-beli_116.html

https://www.wishindopratamaabadi.com/water-meter-amico/

https://ptsriayumultikreasi.com/water-meter-amico-2-5-inch-lxsg-65e/

https://hidroconta.com/en/productos/hidrowoltmann/

https://meterflowmeters.com/product/amico-water-meter-type-lxslg-15e-25e-vertical/